Diperbaharui pada Rabu, 3 Januari 2024 | 15:05

Cara Root Hp Android via Aplikasi Tanpa Kabel Data

Cara Root Hp Android Termudahimage via techooid.com

Root hp (terutama hp Android) sering dianggap cuma bisa dilakukan oleh para tukang servis atau orang-orang yang jago mengoprek. Karena cara root hp harus melalui proses yang ribet.

Namun aktivitas me-rooting hp sebenarnya dapat dipelajari sendiri dan sudah banyak panduan cara root hp Android di internet. Apalagi kini sudah bisa rooting hp langsung di hp tanpa pakai PC atau laptop.

Namun sebelum membahas lebih lanjut, sebaknya pahami dulu soal root hp ini. Root adalah proses yang memberikan ijin akses pemakaian dan pengendalian sepenuhnya bagi pengguna Android.

Nah, setiap perusahaan pembuat hp Android menerapkan standar khusus yang membatasi pemakaian dan pengendalian sistem dengan alasan tertentu. Pemberlakuan standar ini berlaku untuk setiap jenis perangkat android mulai dari smartphone, tab, hingga smart tv. 

Dan seiring berkembangnya varian tipe dan kecanggihan teknik menguliknya, hampir semua jenis hp Android dapat di-root. Beberapa diantaranya bahkan dari merk-merk hp populer seperti XiaomiOPPO, hingga Samsung.

Cara root hp Xiaomi, OPPO, atau Samsung bisa Anda lakukan dengan mendatangi jasa profesional atau dengan melakukannya sendiri. Tidak perlu khawatir karena kami akan membahas beberapa dasar teknik root untuk jenis-jenis hp Android seperti Xiaomi, OPPO, dan Samsung. 

  

Cara Root Hp Android

cara root hpimage via androidcentral.com

Awalnya, proses root hp Android cuma bisa dilakukan melalui PC atau komputer. Sekarang pun masih banyak orang yang menggunakan PC untuk melakukan root dengan PC karena dianggap lebih stabil dan cepat.

Namun sebenarnya sudah banyak aplikasi root yang dapat kita gunakan untuk melakukan proses rooting di masing-masing hp Android. Sejumlah pilihan aplikasi untuk root hp Android adalah FrameRoot, Root Genius, dan KingRoot.

Berikut cara-cara dasar melakukan root dengan aplikasi:

1. Cara Root Hp Android dengan FrameRoot

Aplikasi ini tersedia di Playstore. Silakan unduh dan pasang di perangkat android Anda. Setelah proses instalasi selesai, klik aplikasi ini lalu pilih Instal SuperSU yang disusul munculnya dua menu yaitu Aragorn dan Gandalf.

Keduanya sama-sama berfungsi untuk tujuan root, namun yang paling sering digunakan adalah menu Gandalf. Klik menu itu dan tunggu prosesnya hingga selesai.

Setelah itu, restart perangkat Android dan Anda tinggal menjalankan proses root. 

2. Cara Root Hp Android dengan FramaRoot

Dengan FramaRoot, kamu bisa melakukan root hp cukup lewat sekali klik saja. Cara root hp dengan FramaRoot bisa dilakukan dengan melalui proses ini.

  • Download aplikasi FramaRoot di Google Play Store.
  • Buka aplikasi FramaRoot, lalu pilih Install SuperSU atau Superuser sesuai dengan keinginan kamu.
  • Lalu muncul pilihan Aragorn dan Gandalf (dua nama karakter film Lord of The Rings). Sebenarnya kedua pilihan tersebut tidak ada bedanya, silakan pilih sesuai keinginan walau banyak yang menyarankan lebih baik memilih Gandalf saja.
  • Proses root akan langsung berjalan, lalu tunggu hingga semua proses selesai. Akan muncul notifikasi ini sudah muncul, tandanya kamu sudah berhasil melakukan root.
  • Kemudian restart hp Android kamu, lalu pastikan aplikasi SuperSU atau Superuser sudah muncul di list aplikasi kamu.

3. Cara Root Hp Android dengan RootGenius

Secara keseluruhan, cara root hp dengan RootGenius tidak jauh berbeda dengan Framaroot. Untuk menggunakan aplikasi root dari RootGenius, ada beberapa tahapan yang mesti dilakukan:

  • Download aplikasi RootGenius pada hp kamu.
  • Buka aplikasi android root ini lalu kamu klik gambar yang berbentuk lingkaran.
  • Setelah itu akan tampil, sebuah kotak yang menyatakan untuk install aplikasi ini, lakukan install sesuai yang diminta.
  • Kemudian akan muncul icon jempol, lalu ubah king user setelah kamu selesai melakukan root. Kemudian proses root sudah selesai.

4. Cara Root Hp Android dengan KingRoot

Cara root hp dengan aplikasi root dari KingRoot adalah pilihan selanjutnya. Banyak yang menyebutkan kalau KingRoot merupakan aplikasi root Android saat ini. Alasannya karena KingRoot sudah mendukung lebih dari 100.000 smartphone untuk bisa di-root. Berikut adalah cara root Android dengan KingRoot:

  • Download aplikasi root terbaik KingRoot.
  • Setelah itu, kamu bisa langsung install aplikasi root KingRoot di smartphone Android.
  • Setelah itu, kamu cukup klik tombol check yang ada di aplikasi KingRoot lalu aplikasi ini akan memulai proses pengecekan. Tunggu notifikasi apakah metode eksekusi root-nya bisa dijalankan atau tidak.
  • Jika bisa, maka smartphone Android kamu bisa langsung di-root oleh KingRoot. Mudah bukan?

Empat metode di atas merupakan yang paling sering dilakukan dan direkomendasikan bagi yang hendak belajar melakukan root hp. Nah, bagaimana dengan tipe-tipe hp tertentu, apakah butuh teknik dan aplikasi khusus? Mari kita lanjutkan di bawah ini untuk metode root Android hp merek Xiaomi, OPPO, dan Samsung. 

Cara Root Hp Berdasarkan Merk

cara root hp
1. Cara Root Hp Xiaomi

Proses root untuk hp Xiaomi tidak dapat dilakukan dengan aplikasi-aplikasi yang telah disebutkan sebelumnya. Anda harus menggunakan aplikasi khusus yaitu Root Xiaomi yang bisa didapatkan gratis. Urutan langkahnya sebagai berikut:

  1. Pilih menu setting > about > di Miui Version silahkan ketuk tujuh kali > balik lagi ke additional setting > developer option > enable USB debugging.
  2. Balik lagi ke additional setting, kemudian cari privacy > aktifkan unknown source.
  3. Unduh aplikasi Root Xiaomi, instal, kemudian jalankan proses root. 

2. Cara Root Hp OPPO

Cara root hp merek ini agak kompleks karena masing-masing seri harus melakukan teknik yang sedikit berbeda-beda. Sebagian besar tipe bootloader OPPO juga masih dalam keadaan lock sehingga kita mesti melakukan unlock bootloader. Berikut ini kita menggunakan contoh root hp OPPO seri F5:

  1. Pastikan sudah melakukan proses unlock bootloader. Jika belum, Anda bisa melakukan caranya dari tutorial berdasarkan seri OPPO.
  2. Cari aplikasi KingRoot versi paling baru di Playstore lalu instal.
  3. Setelah proses instalasi selesai, pilih menu Try It yang muncul di layar kemudian pilih Get Now.
  4. Tunggu sekitar 2 hingga 5 menit. Hape OPPO Anda sudah selesai di-root. 

3. Cara Root Hp Samsung

hp Samsung juga bisa di-root dengan melakukan beberapa langkah berikut:

  1. Bukalah menu setting > security > device administration > aktifkan unknown source.
  2. Instal aplikasi Kingroot yang diperoleh dari Playstore dan pastikan versi terbaru.
  3. Langsung lakukan proses root dengan memilih menu Start Root, tunggu beberapa menit hingga prosesnya selesai.
  4. Restart hp.

Cara Root Hp Android dengan PC

1. Cara Root Hp Android dengan RootGenius

RootGenius adalah aplikasi root hp Android yang bisa digunakan di PC maupun mobile. Cara menggunakannya hampir sama dengan versi mobilenya seperti yang sudah dijelaskan di atas.

Namun, sebelum menggunakannya, kamu disarankan untuk mematikan antivirus yang ada di PC kamu. Alasannya karena bisa saja antivirus tersebut menganggap aplikasi ini sebagai software berbahaya.

Setelah itu, lakukan hal ini:

  • Download aplikasi RootGenius di http://rootgenius.com/download/#.WrIFlehubDc.
  • Setelah itu, install RootGenius dan buka aplikasi ini.
  • Koneksikan hp Android dan PC menggunakan kabel data. Tunggu hingga muncul notifikasi konektifitas dari RootGenius.
  • Centang “I accept User agreement”, lalu klik di kotak bertuliskan “Root it”.
  • Proses Root akan langsung berjalan dan tunggu sampai selesai.
  • Bila sudah, cabut kabel data dan buka menu di smartphone Android, pastikan di sana terdapat aplikasi bernama Kinguser.

2. Cara Root Hp Android dengan KingoRoot

Dengan KingoRoot, kamu bisa melakukan root hp Android lewat PC hanya dengan sekali klik saja. Mau tahu cara root hp Android dengan menggunakan aplikasi ini? Berikut ini adalah penjelasannya.

  • Download aplikasi KingoRoot melalui tautan https://www.kingoapp.com/android-root.htm
  • Setelah itu, install KingoRoot dan buka aplikasi ini.
  • Koneksikan hp Android dan PC menggunakan kabel data. Tunggu hingga muncul notifikasi konektifitas dari KingoRoot.
  • Setelah muncul notifikasi, langsung klik “Root” dan tunggu hingga proses selesai. Ditandai dengan munculnya tulisan “Root Finished”.
  • Bila sudah, cabut kabel data dan buka menu di smartphone Android, pastikan di sana terdapat aplikasi bernama Kingo Superuser.

Fungsi Root Hp

fungsi root
Dari namanya yang diambil dari Bahasa Inggris dan bermakna akar, fungsi root hp adalah menelusuri sistem operasi hingga yang paling dasar/akar/inti, sehingga pengguna akhirnya dapat membuka akses yang sebelumnya terbatas. Jadi, proses root dimaksudkan supaya pengguna hp dapat mengubah, mengedit, dan memodifikasi semua hal yang terpasang di dalam sistem. 

Dengan melakukan proses root, ada sejumlah keuntungan yang didapatkan pengguna hp, yaitu:

  • Memungkinkan instalasi dan penggunaan aplikasi perangkat dari layanan hingga games.
  • Memaksimalkan fitur-fitur hp yang sebelumnya terbatasi akibat penerapan sistem standar perusahaan.
  • Meringankan kapasitas memori internal karena memungkinkan transfer/pemindahan data termasuk aplikasi-aplikasi bawaan/standar perusahaan.
  • Mengoptimasi RAM sehingga proses kinerja android jadi lebih cepat dan ringan.
  • Menghemat pemakaian daya baterai.
  • Overclock prosesor Android sehingga performa meningkat hingga 30 persen.
  • Backup data jadi lebih mudah dan aman.
  • Memodifikasi tampilan/tema Android.

Resiko Root Hp

Sebelum melakukan proses root pastikan kondisi daya baterai mencukupi atau penuh dan koneksi internet yang stabil. Selama proses root berlangsung, tunggu sampai prosesnya selesai dan jangan diinterupsi dengan memencet tombol apa pun. 

Yang harus menjadi perhatian, tidak semua perangkat sudah kompatibel dengan cara root hp di atas. Serta harus siap menerima resiko rooting Android seperti hp eror atau tidak mau menyala dan beberapa lainnya. Jadi pastikan Anda sudah siap dengan resiko tersebut. Berani mencoba?

Like us!
Imam Ali

Content Writer

1658 Posts

Berbekal photography dan multimedia desain membuka jalan ke perusahaan konsultan cekindo.com. Awali karir jurnalistik di Majalah Chip Foto Video. Ketertarikan pada teknologi dan gadget berkembang ke Majalah Chip dan Chip.co.id, mulai dari review gadget dan peripheral PC, berlanjut ke Tabloid Sinyal dan SinyalMagz. Hobi otomotif memberi kesempatan bekerja di Agency mengawal konten otomotif. Di Pricebook, membuat beragam artikel terkait news, ulasan dan review serta info pasar yang berbasis SEO.