Diperbaharui pada Selasa, 26 Oktober 2021 | 14:00

Cara Menghubungkan iPhone ke TV

cara menyambungkan iPhone ke tvFoto: Pexels

iPhone ternyata bisa dijadikan sebagai perangkat hiburan untuk seluruh keluarga. Tapi bukan dengan membelikan setiap anggota keluarga sebuah iPhone ataupun meminjamkan iPhone ke anggota keluarga yang lain ya, namun dengan cara menghubungkan iPhone ke TV.

Hiburan ini ditawarkan oleh hampir semua seri iOS, dan ada beberapa cara untuk menghubungkan iPhone ke TV. Berikut cara untuk menghubungkan iPhone ke TV yang dapat Anda lakukan sendiri dengan mudah.

1. Gunakan Kabel dan Port HDMI pada TV Digital

cara hubungkan iphone ke tv

Untuk menghubungkan iPhone dengan TV, yang pertama harus dilakukan adalah mempergunakan port HDMI dan kabel HDMI. Untuk itu ada beberapa hal yang diperlukan.

Belilah terlebih dahulu kabel HDMI dan sebuah Apple Digital AV Adapter. Kedua perangkat ini bisa dibeli dari beberapa toko online dan juga toko resmi Apple atau toko elektronik yang cukup besar.

Fungsi adapter Apple adalah untuk menghubungkan kabel HDMI ke iPhone, karena produk ini tidak memiliki port HDMI sehingga perlu adapter.

Tips ini hanya bekerja untuk iPhone 4 dan sesudahnya. Jika kebetulan memiliki iPhone 6, iPhone 6 Plus, dan semua versi iPhone terbaru hingga iPhone 12 atau iPhone 13, maka yang diperlukan adalah Lightning Digital AV Adapter. 

Cara menghubungkannya:

Jika semua perangkat sudah siap maka hubungkan adapter dengan iPhone, caranya dengan memasang AV adapter (versi 30 pin atau lightning konektor) ke iPhone dan sambungkan kabel HDMI ke port yang ada pada adapter.

Hubungkan ujung kable HDMI yang lain ke port HDMI TV yang biasanya terdapat pada bagian belakang. Setiap TV digital keluaran terbaru pasti memiliki port HDMI ini, bahkan bisa lebih dari satu.

Lalu pasangkan kabel pada port HDMI yang pas dan pastikan terpasang kuat.

Hidupkan TV dan carilah setting input yang benar sesuai dengan tipe dan seri iPhone yang digunakan.

  • iPhone 4 akan menampilkan tampilan layar ponsel ke TV, hanya aplikasi musik, gambar dan video yang muncul. Bahkan tidak ada menu game yang ditampilkan.
  • iPhone 4S dan semua model mulai dari iPhone 5 hingga iPhone 12, akan menampilkan apapun yang ditampilkan oleh layar iPhone.

2. Adapter Analog untuk TV Analog

cara menyambungkan iphone ke tv

Bila Anda tidak memiliki TV digital, maka TV Analog juga bisa dipergunakan untuk mendapatkan hiburan yang berasal dari iPhone. Namun perlu diingat bahwa TV analog tidak memiliki port HDMI sehingga diperlukan adapter analog.

Jika Anda memiliki iPhone 3G, iPhone 4, atau iPhone 4s, maka yang dibutuhkan adalah Apple Composite AV Cable. Kabel yang memiliki port komposit 30 pin pada satu ujungnya dan tiga buah konektor RCA Merah, Putih dan Kuning pada ujung yang lain.

Selain itu, Anda juga bisa menggunakan Apple Component AV Cable yang memiliki port komposit 30 pin pada satu ujungnya dan lima buah konektor RCA Merah, Putih, Biru, Hijau dan Kuning pada ujung yang lain. Kabel ini menghadirkan tampilan yang lebih bagu namun tidak semua TV analog memiliki 5 port RCA.

Jika memiliki model iPhone 5 hingga iPhone 12, maka yang dibutuhkan adalah Apple Lightning to VGA Adapter. Adapter ini menancap pada lightning port di iPhone dan ujung lainnya menancap kabel VGA yang bisa terhubung ke TV Analog.

Cara menghubungkannya:

Tancapkan adapter ke lightning port / konektor 30 pin pada iPhone dan ujung lain ke kabel VGA, kencangkan dengan sekrup yang tersedia. Lalu hubungkan kabel VGA/Composite ke TV. Pastikan warna kabel sesuai dengan warna port pada TV Analog agar gambar bisa muncul di layar.

Jika ada kabel audio (pada Lightning to VGA adapter), tancapkan pada port audio yang biasanya bertuliskan Audio In.

Hidupkan TV dan sesuaikan setting yang muncul.

  • iPhone 4 akan menampilkan tampilan layar ponsel ke TV, hanya aplikasi musik, gambar dan video yang muncul. Bahkan tidak ada menu game yang ditampilkan.
  • iPhone 4S dan semua model mulai dari iPhone 5 hingga iPhone 13, akan menampilkan apapun yang ditampilkan oleh layar iPhone.

3. Apple TV dan AirPlay

cara menyambungkan iphone ke tv

Jika Anda memiliki iPhone dan Apple TV, maka semuanya jauh lebih mudah karena perangkat tersebut sangat kompatibel satu sama lain. Namun perlu diperhatikan bahwa iPhone yang Anda memilikii harus versi iPhone yang lebih baru, mulai dari iPhone 4 hingga iPhone 12.

  • Pastikan Apple TV Anda adalah generasi kedua dan sesudahnya, karena sudah mendukung AirPlay.
  • Pastikan kedua perangkat sudah diupdate iOS terkini dan sama versinya.
  • Sambungkan TV dan Apple TV.
  • Nyalakan TV dan Apple TV dan pastikan AirPlay aktif.
  • Sambungkan iPhone ke jaringan untuk streaming tampilan ke TV.
  • iPhone dan Apple TV harus berada pada jaringan atau frekuensi yang sama.
  • Sesuaikan setting dengan kebutuhan.

Bagaimana, gampang banget kan menyambungkan iPhone ke TV? Selamat mencoba!

Like us!
Restu Aji Siswanto

Content Writer

1483 Posts

Gemar mengikuti perkembangan teknologi gawai, baik yang rilis di Indonesia maupun yang tidak masuk pasar lokal. Ketertarikan pada teknologi dan gawai menjadi motivasi untuk terus memberikan informasi, rekomendasi, dan tips berbelanja seakurat mungkin, melalui artikel dan ulasan produk.