Diperbaharui pada Selasa, 5 Desember 2023 | 14:33

Cara Menggunakan Universal Gestures di Samsung Galaxy Watch

Cara Menggunakan Universal Gestures di Samsung Galaxy Watch-0
Salah satu fitur menarik di Samsung Galaxy Watch adalah Universal Gestures yang menawarkan alternatif berharga bagi pengguna dalam melakukan interaksi yang diperlukan untuk mengoperasikan perangkat tanpa perlu menekan tombol.

Universal Gestures dirilis sebagai bagian dari pembaruan One UI 5 Watch, telah dirancang untuk memberdayakan pengguna lewat pengalaman penggunaan perangkat yang intuitif dan bebas sentuhan cukup dengan gerakan sederhana.

Dengan empat gerakan yang distingtif– Make Fist, Make Fist Twice, Pinch, serta Double Pinch –pengguna bisa menavigasikan Galaxy Watch dengan cara terbaik yang paling sesuai dengan preferensinya.

Cara Mengaktifkan Universal Gestures

Untuk mengaktifkan Universal Gestures di Galaxy Watch, ikuti langkah mudah berikut ini :

Begitu fitur Universal Gestures aktif, Galaxy Watch akan memberi sinyal lewat munculnya visual warna di tepi layar, yang bisa kamu customize sesuai selera. Dari situ, pengguna bisa pakai fitur yang intuitif ini dengan pengalaman yang terpersonalisasi dan mudah diakses.

Fitur Universal Gestures dan Cara Menggunakannya

Cara Menggunakan Universal Gestures di Samsung Galaxy Watch-1
Make Fist untuk Membuka Action Menu dan Memilih Elemen

Pada fitur Universal Gestures, gerakan Make Fist atau mengepalkan tangan mampu menyederhanakan proses memilih dan membuka elemen-elemen di dalam Galaxy Watch.

Gerakan Make Fist Twice akan membuka menu Action yang menawarkan rangkaian pilihan navigasi perangkat yang praktis. Menu tersebut tak ubahnya kolase dari semua kebutuhan utama akan pemakaian perangkat yang tersedia kapan pun dibutuhkan, jadi pengguna bisa buka menu aplikasi, buka layar sebelumnya, hingga buka aplikasi dengan lebih mudah. 

Menu Action ini juga dinamis karena bisa menyesuaikan pilihan navigasi yang ditawarkan sesuai tampilan layar yang sedang dibuka saat pengguna mengaktifkan menu Action. Lalu, untuk memilih elemen yang diinginkan, cukup kepalkan tangan dua kali.

Gerakan Pinch untuk Menavigasikan Perangkat

Cara Menggunakan Universal Gestures di Samsung Galaxy Watch-2Gerakan Pinch atau mencubit dan Double Pinch atau mencubit dua kali pada Galaxy Watch menawarkan cara baru bagi pengguna untuk berinteraksi dengan smartwatch tersebut tanpa menyentuhnya, yang tentunya sangat berguna bagi yang memiliki keterbatasan mobilitas.

Dengan kedua gerakan tersebut, pengguna bisa menavigasi perangkat dari satu elemen ke elemen lainnya atau kembali ke tampilan layar sebelumnya.

Mulai dari melihat pesan, menelusuri kalender, hingga menjelajahi galeri, semua bisa dilakukan cukup dengan gerakan mencubit dan mencubit dua kali

Samsung memahami bahwa aksesibilitas hadir untuk menghilangkan hambatan bagi tiap orang dalam melakukan berbagai hal dengan pengalaman yang seamless.

Karenanya, Universal Gestures menawarkan kontrol yang intuitif bagi pengguna terhadap Galaxy Watch miliknya. Misal, pengguna Samsung Galaxy dapat mengubah fungsi dari keempat gerakan yang dijelaskan sebelumnya dengan mudah, jadi mereka bisa melakukan personalisasi perangkat lebih jauh untuk memenuhi kebutuhannya dengan lebih baik.

Fitur Kontrol Penting Lainnya di Galaxy Watch

Fitur Gestures di Galaxy Watch, yang ada di bagian advanced features di menu pengaturan, merupakan fitur unggulan lainnya yang menawarkan kenyamanan dan kepraktisan lebih untuk melakukan berbagai pengoperasian perangkat.

Sebut saja mulai dari menjawab panggilan, mengabaikan peringatan, hingga membuka aplikasi, yang semuanya dapat dilakukan dengan gerakan tangan dan lengan yang sederhana.

Like us!
Nur Abdillah

Content Writer

2444 Posts

Punya pengalaman di beberapa media yang mengulas gadget, seperti Tabloid SMS, Tabloid Roaming, Majalah Digicom hingga Majalah Techlife. Selalu berusaha berbagi informasi yang akurat dan terupdate seputar teknologi dan gadget.