Diperbaharui pada Kamis, 25 Januari 2024 | 17:04

Tips Meningkatkan Kebugaran Tubuh dengan Fitur Fitness Age dari Garmin

smartwatch garmin terbaruFoto: Garmin

Meningkatkan kebugaran tubuh telah menjadi hal yang cukup penting saat ini, terutama bagi orang-orang yang menghabiskan sebagian besar waktunya untuk beraktifitas di luar ruangan, entah bekerja, atau melakukan kegiatan lainnya.

Salah satu produsen perangkat wearable ternama, Garmin, memahami kondisi tersebut dan menyematkan beragam fitur dan sensor yang bermanfaat untuk mendukung kesehatan dan kebugaran pengguna smartwatch-nya, salah satunya adalah Fitness Age.

Fitur Fitness Age atau Usia kebugaran ini diklaim dapat membantu pengguna smartwatch Garmin meningkatkan kebugaran tubuh melalui saran olahraga yang dipersonalisasi. Berbeda dengan usia tubuh, Fitness Age adalah sebuah perkiraan mengenai seberapa fit atau bugar tubuh pengguna dibandingkan usia sebenarnya.

Menurut Garmin, Fitness Age dapat lebih muda dari usia pengguna sebenarnya, dan ini akan berdampak pada tubuh yang terasa lebih fit dan segar. Sebaliknya, Fitness Age juga bisa lebih tua dari usia pengguna sebenarnya. 

Fitur Fitness Age ini telah tersedia di beragam model smartwatch Garmin, di antaranya seperti Venu 3 dan vivoactive 5 yang kini sudah tersedia di Indonesia. Berikut ini adalah cara untuk memaksimalkan penggunaan fitur Fitness Age.

Cara Mengetahui dan Mengukur Fitness Age

Untuk mulai menggunakan fitur Fitness Age, buka aplikasi Garmin Connect lalu pilih More (tanda titik tiga) dan pilih Health Stats dan temukan Fitness Age. Usia pengguna akan terlihat pada layar, yang dilengkapi dengan kisaran Usia Kebugaran (Fitness Age), serta usia yang dapat dicapai.

Pada bagian bawah, terdapat rekomendasi untuk mengurangi usia kebugaran, misalnya dengan menambah aktivitas berat, mengurangi persentase lemak tubuh (body fat), dan melihat catatan resting heart rate (detak jantung ketika beristirahat). 

Selain itu, statistik mengenai Fitness Age adalah interpretasi yang berhubungan dengan perkiraan VO2 Max. Sebagai informasi, VO2 Max adalah angka tunggal yang mendeskripsikan kebugaran kardiorespirasi. 

Angka tersebut dihitung dengan membandingkan tingkat kebugaran VO2 Max pengguna saat ini dengan angka normal dari orang-orang berusia berbeda dengan gender yang sama dengan pengguna.

VO2 Max diperoleh dari melacak jumlah maksimal oksigen yang dapat digunakan oleh tubuh dalam olahraga intens selama satu menit. Informasi ini penting untuk memahami kemampuan pengguna dalam memberikan daya untuk aktivitas dengan menggunakan jalan energi aerobik. 

Dengan kata lain, lebih tinggi VO2 Max, maka lebih banyak oksigen yang dapat diimpor, antar, dan gunakan untuk mengubah secara aerobik energi yang disimpan dalam gizi menjadi performa.

Seiring kita menua, kebugaran kardiorespirasi biasanya menurun. Namun, berkurangnya kemampuan performa ini dapat dilambatkan dan bahkan dibalikkan, sampai batas tertentu, dengan aktivitas fisik reguler.

Saran Aktivitas dan Olahraga yang Dipersonalisasi

Selain yang telah dijelaskan sebelumnya, fitur ini juga dapat memberikan tips dan prioritas yang harus dilakukan untuk mengurangi Fitness Age pengguna, dan semuanya dapat dipantau melalui aplikasi Garmin Connect yang terpasang di smartphone.

Pengguna juga akan memperoleh rekomendasi berapa banyak harus bergerak lebih aktif, termasuk Training Plan yang dipersonalisasi dan didukung Coach berpengalaman melalui fitur Garmin Coach.

Dengan mengikuti saran latihan yang diberikan, diharapkan tidak hanya dapat membantu mengurangi Fitness Age, tetapi tercapainya target utama yang ingin dicapai berupa tubuh yang menjadi lebih sehat dan bugar.

Like us!
Restu Aji Siswanto

Content Writer

1496 Posts

Gemar mengikuti perkembangan teknologi gawai, baik yang rilis di Indonesia maupun yang tidak masuk pasar lokal. Ketertarikan pada teknologi dan gawai menjadi motivasi untuk terus memberikan informasi, rekomendasi, dan tips berbelanja seakurat mungkin, melalui artikel dan ulasan produk.