Diperbaharui pada Kamis, 9 September 2021 | 14:04

3 Penyakit Utama PS5 dan Cara Memperbaikinya

Masalah pada PS5 dan cara mengatasinyaFoto: Pexels

Sebagai produsen game konsol konvensional, Sony selalu berusaha memberikan teknologi dan inovasi yang terbaik untuk PlayStation. Seperti halnya pada PlayStation 5 yang dengan membawa fitur yang jauh lebih canggih dari generasi pendahulunya.

Meski kabarnya sudah ada update terbaru PS5 dengan karakter mesin yang lebih ringan dan juga cepat tapi tetap powerfull.

Namun, hal ini tidak menutup kemungkinan PS5 akan terbebas dari permasalahan atau gangguan-gangguan tertentu. Seperti halnya gangguan koneksi, data yang rusak, dan masih banyak lagi. Bagaimana cara mengatasinya?

Berikut ini berbagai masalah yang mungkin terjadi pada PS5 dan cara mengatasinya.

Cara Memperbaiki Data Corrupt

Masalah pada PS5 dan cara mengatasinyaFoto: Android Central

Permasalahan paling umum pada PS5 adalah kerusakan data. Melihat data corrupt atau rusak di PS5 tentunya sangat menjengkelkan. Solusi paling mudah adalah menghapus data yang rusak, menghapus disk, dan coba install kembali. Untuk melakukannya, ikuti langkah-langkah berikut ini

  1. Pilih “Penyimpanan”.
  2. Pilih “Penyimpanan konsol”.
  3. Pilih “Game dan Aplikasi”.
  4. Pilih game yang ingin dihapus.
  5. Pilih “Hapus”.

Setelah selesai, kamu bisa menginstal ulang data yang rusak tersebut. Namun, sebelum menginstalnya kembali, pastikan disk tersebut bersih dan bebas noda.

Cara Memperbaiki 'Queued for Download'

Masalah pada PS5 dan cara mengatasinyaFoto: Android Central

Permasalahan selanjutnya yang sering ditemukan pada PS5 adalah gangguan saat mendownload. Gangguan ini biasanya terjadi karena pengguna mengunduh game PS4 pada PS5. Saat melakukan ini, biasanya gangguan akan muncul dengan notifikasi 'Queued for Download'.

Satu-satunya cara untuk memperbaiki masalah ini adalah dengan mengatur ulang konsol ke pengaturan pabrik, seperti berikut ini.

  1. Buka pengaturan.
  2. Pilih “Sistem”.
  3. Pilih “Reset Options”.
  4. Pilih “Atur Ulang Konsol”.
  5. Pilih “Reset”.

Sayangnya, dengan melakukan reset konsol, maka juga akan menghapus seluruh data yang ada pada PS5 kamu. Maka dari itu, sebaiknya kamu melakukan backup data sebelum mereset konsol PS5.

Cara Mengatasi Masalah Koneksi PS5

Masalah pada PS5 dan cara mengatasinyaFoto: Android Central

PS5 telah dirancang dengan berbagai teknologi yang canggih. Tak heran jika dalam menggunakannya kita memerlukan koneksi yang sangat kuat untuk mengakses permainan di dalamnya. Kalau mengalami isu soal ini, berikut ini cara mengatasi masalah koneksi pada PS5.

1. Periksa Jaringan Internet

Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah memeriksa koneksi PS5. Caranya, buka pengaturan, pilih “Network”, kemudian pilih “Connection Status”, dan pilih “Test Internet Connection”.

2. Hubungkan kembali ke Wi-Fi

Setelah memeriksa jaringan internet, cobalah hubungkan ulang konsol PS5 ke Wi-Fi. Caranya, buka pengaturan, pilih “Network”, dan pilih “Atur Koneksi Internet”, setelah itu pilih Wi-Fi dan coba hubungkan ulang.

3. Mulai ulang PS5 dari Safe Mode

Sama seperti halnya pada konsol PS4, PS5 juga memiliki Safe Mode. Coba mulai ulang PS5 dari safe mode. Ini tidak akan merusak konsol maupun menghapus data dalam konsol kamu.

Caranya, matikan konsol PS5, tekan dan tahan tombol daya hingga terdengar dua bunyi bip, satu saat ditekan dan lainnya beberapa detik kemudian tekan tombol PlayStation pada pengontrol untuk menyalakan konsol dan mengakses Safe Mode, pilih Restart PS5.

Tunggu beberapa saat hingga PS5 menyala kembali. Jika berhasil, kamu bisa langsung menikmati permainan tanpa gangguan koneksi lagi.

Nah itu dia berbagai masalah umum pada konsol game PS5 dan cara mengatasinya. Semoga membantu, ya!

Like us!
Imam Ali

Content Writer

1173 Posts

Berbekal photography dan multimedia desain membuka jalan ke perusahaan konsultan cekindo.com. Awali karir jurnalistik di Majalah Chip Foto Video. Ketertarikan pada teknologi dan gadget berkembang ke Majalah Chip dan Chip.co.id, mulai dari review gadget dan peripheral PC, berlanjut ke Tabloid Sinyal dan SinyalMagz. Hobi otomotif memberi kesempatan bekerja di Agency mengawal konten otomotif. Di Pricebook, membuat beragam artikel terkait news, ulasan dan review serta info pasar yang berbasis SEO.