Diperbaharui pada Rabu, 1 Maret 2017 | 10:42

Review: Samsung Gear Fit 2, Lebih Dari Sebuah Pelacak Kebugaran

Samsung Gear Fit 2 hadir dengan beberapa peningkatan fitur dari generasi sebelumnya. Memiliki layar Super AMOLED, dilengkapi GPS dan prosesor lebih cepat, Gear Fit 2 lebih dari sebuah perangkat pelacak kebugaran.

Selama ini Samsung memang telah menghadirkan banyak perangkat wearable dengan kemampuan yang cukup menarik perhatian konsumen. Salah satunya adalah Samsung Gear Fit yang kini sudah memasuki generasi kedua. Mengusung layar melengkung dan desain ramping membuat perangkat ini makin nyaman digunakan. Untuk lebih jelas, berikut ulasan lengkapnya.

Desain dan Layar

Untuk sebuah perangkat yang lebih condong sebagai pelacak kebugaran, Samsung Gear Fit 2 ini memiliki ukuran dan bentuk yang ideal, tidak besar dan tidak pula terlalu kecil. Sehingga masih nyaman untuk melihat notifikasi ataupun menelusuri semua menu yang disediakan. Terdapat dua tombol navigasi di sisi sebelah kanan yang memiliki fungsi berbeda. Di bagian atas memiliki fungsi sebagai tombol ‘back’, sedangkan dibawahnya merupakan tombol power dan juga digunakan untuk masuk ke aplikasi menu.

Di bagian muka, Samsung Gear Fit 2 didominasi layar lengkung Super AMOLED berukuran 1.5 inci dengan resolusi 216 x 432 piksel. Bisa dikatakan ini merupakan layar terbaik yang ditemui pada perangkat pelacak kebugaran. Tampilannya begitu berwarna, terang dan tajam. Tidak hanya itu, panel sentuhnya juga terasa sangat responsif saat melakukan tapping dan menggeser home screen. Tidak hanya itu, bahkan Samsung telah memproteksi layar di perangkat ini dengan lapisan Gorilla Glass 3 untuk mengurangi resiko tergores.

Fitur

Salah satu fitur penting dari Samsung Gear Fit 2 adalah memiliki rating IP68, itu artinya perangkat ini sudah tahan debu dan air. Menurut informasi, rating IP68 di Samsung Gear Fit 2 ini memungkinkan perangkat berada di air hingga kedalaman 1,5 meter selama 30 menit. Fitur ini sangat berguna, terutama saat melakukan traveling maupun berolahraga. Bahkan Anda tidak perlu repot melepas Samsung Gear Fit 2 ketika ingin mandi.

Samsung Gear Fit 2 berjalan dengan OS Tizen, sistem operasi yang sama juga digunakan pada smartwatch Samsung Gear S3. OS Tizen di perangkat ini cukup intuitif dan menyediakan berbagai aplikasi yang dapat diinstal. Tdak hanya itu, Anda juga dapat membalas pesan dengan cepat. Dengan Samsung Gear Fit2 Anda dapat membalas pesan di aplikasi messaging seperti WhatsApp. Tidak hanya teks default, tapi Anda bisa menambahkan kata-kata sendiri yang disesuaikan dengan kondisi

Agar tidak bosan, pengguna dapat mengubah tampilan jam yang disesuaikan dengan selera. Setidaknya Samsung telah menyediakan 9 tampilan jam secara default yang bisa ditambah dengan mengunduhnya di Samsung Galaxy App melalui hape.

Perangkat ini juga dilengkapi dengan fasilitas GPS untuk pelacakan jarak yang lebih akurat, sensor optik denyut jantung di bagian belakang, dan barometer dalam yang dapat melacak gerakan menaiki anak tangga. Semua fitur tersebut berjalan dengan baik dan akurat. Setiap langkah yang Anda lakukan langkah terekam dan ditampilkan dalam home screen utama.

Performa

Untuk terkoneksi dengan Samsung Gear Fit 2 Anda tidak harus menggunakan hape Samsung. Karena perangkat ini sudah kompatibel dengan semua hape Android yang memiliki memori RAM lebih dari 1,5 GB dan berjalan pada OS Android 4.4 Kitkat atau diatasnya. Melakukan pairing ke Samsung Gear Fit 2 juga tidak rumit, namun harus terhubung ke jaringan internet, karena Anda harus menginstal aplikasi Samsung Gear di Samsung App atau Google Play. Setelah itu koneksi internet juga masih dibutuhkan untuk menginstal beberapa plugin kemudian ikuti langkah-langkah berikutnya.  

Untuk beberapa kasus, pengguna hape non Samsung akan menemui kesulitan untuk terhubung ke Gear Fit 2. Solusinya adalah dengan mengunduh aplikasi Samsung Gear versi sebelumnya dari pihak ketiga atau bukan dari Google Play Store, kemudian instal plugin Gear Fit 2 dan Samsung Accessories.

Untuk mendapatkan kelebihan optimal dari Samsung gear Fit 2 ini sebaiknya Anda turut menginstal aplikasi S Health dari Samsung. Karena aplikasi ini menjadi fitur wajib untuk mengelola pelacak kebugaran Anda. Di dalam apllikasi S Health, Anda dapat memantau semua aktivitas harian, mulai dari berjalan, menaiki anak tangga, denyut jantung, bersepeda dan lainnya. Selain terhubung melalui jaringan Bluetooth, Samsung Gear Fit 2 juga menyediakan koneksi nirkabel melalui Wi-Fi. 

Samsung Gear Fit 2 juga dapat mendeteksi ketika Anda sedang tidur, melihat berapa banyak kalori yang telah dibakar dari setiap kegiatan dan cukup akurat dalam mencatat langkah kaki dari aktivitas. Bahkan perangkat ini dapat menginformasikan berapa banyak air dan asupan kafein yang masuk ke dalam tubuh. Hanya saja, fitur ini mengharuskan Anda merekam berapa banyak air atau kafein yang di konsumsi secara manual. Hal ini cukup berguna untuk menjaga jumlah air yang masuk dan mencoba untuk membatasi diri dari kafein.

Samsung Gear Fit 2 juga akan mendeteksi detak jantung setiap 10 menit. Namun tidak tidak benar-benar dibutuhkan Anda dapat menonaktifkannya untuk lebih menghemat baterai.

Di dalam mesin Samsung Gear Fit 2 tertanam prosesor dual-core Exynos 3250 berkecepatan 1GHz dengan memori RAM 512MB dan ruang penyimpanan internal sebesar 4GB yang bisa dimanfaatkan untuk menyimpan lagu-lagu favorit untuk menemani aktivitas kebugaran Anda. Sedangkan di sektor suplai daya, kemampuan baterai berkapasitas 200mAh di perangkat ini masih terbilang standar.

Dengan pengaturan always on dinonaktifkan dengan notifikasi terkoneksi pada beberapa aplikasi seperti Whatsapp, gmail, Facebook, S Health, Messaging dan panggilan telepon, baterainya bisa bertahan selama tiga hari. Untuk mengisi ulang baterainya, disediakan sebuah dock USB yang menggunakan teknik magnetis. Sehingga sangat memudahkan Anda saat ini menghubungkan perangkat dengan dock charger.

Kesimpulan

Untuk semua tugas pelacakan, Samsung Gear Fit 2 ini berjalan dengan optimal terutama untuk memberi informasi kebugaran. Semua aktivitas dan pelacakan kebugaran sangat akurat. Hadir denga beragam fitur menarik seperti GPS, layar Super AMOLED dan notifikasi untuk semua aplikasi, perangkat ini layak dimiliki.

Baca juga artikel:
10 Smartwatch Terbaik Saling Rebut Konsumen
LG Rilis 2 Smartwatch dengan Android Wear 2.0
Perbandingan Apple Watch 2, Samsung Gear S3 dan Moto 360 2nd Gen, Siapa Lebih Tangguh
Like us!
Nur Abdillah

Content Writer

2444 Posts

Punya pengalaman di beberapa media yang mengulas gadget, seperti Tabloid SMS, Tabloid Roaming, Majalah Digicom hingga Majalah Techlife. Selalu berusaha berbagi informasi yang akurat dan terupdate seputar teknologi dan gadget.