Diperbaharui pada Jumat, 25 Februari 2022 | 18:12

HUAWEI P50 Pro, Raja Kamera Smartphone

HUAWEI P50 Pro

Huawei kembali pamerkan kehebatannya dengan hadirkan seri P terbaru, P50 Pro. Smartphone terbaru Huawei, P50 Pro, merupakan bentuk penggabungan menarik dari sebuah ponsel cantik yang dipadukan dengan kinerja luar biasa serta tambahan kamera utama berkualitas.

Pada dasarnya, Huawei sendiri cukup terkenal dengan desain smartphone yang melampaui batas, terutama pada seri Mate dan P-nya. Selain desain, Huawei juga terkenal dengan kepemilikan fitur fotografi smartphone terbaik dari tahun ke tahun.

HUAWEI P50 Pro jadi salah satu smartphone Android terbaik yang kami coba di awal tahun. Info lain, Huawei juga mengklaim telah meningkatkan kinerja kameranya secara profesional demi kepuasan pengguna.

Selain sertifikat IP68, hal yang membuat kami tertarik adalah modul kamera berbentuk cincin di bagian belakang, terlihat sangat menarik dibanding model smartphone lain.

Lebih lengkapnya, berikut kegilaan terbaru yang diberikan Huawei lewat smartphone mewah yang diklaim sebagai smartphone fotografi terbaik di awal tahun 2022 ini.

Desain

HUAWEI P50 Pro

Dengan lebar 72,8 mm x 158,8 mm dan tebal 8,5 mm (2,87 inci x 6,25 inci x 0,33 inci), bobot Huawei P50 Pro terasa pas di tangan. Berbicara tentang “bentuk”, Anda dapat merasakan lekukannya karena membawa tampilan tepi melengkung, juga berlaku untuk tepi yang dipoles di bagian belakang ponsel.

Bahan kaca glossy membuat bagian bodi belakang terlihat sangat menarik. Layar lengkung OLED 6,6 inci yang ujungnya melengkung ke bingkai logam.

Mirip dengan flagship Huawei sebelumnya, P50 Pro memiliki tampilan yang menarik berkat modul kameranya yang unik, serta sentuhan akhir seperti cermin di bagian belakang. Meskipun bukan krom lurus, jalur warna Emas sangat reflektif, dan cukup menarik untuk dilihat. 

Layar 120Hz

HUAWEI P50 Pro

Seperti yang kami sebutkan sebelumnya, HUAWEI P50 Pro dibekali dengan layar OLED 6,6 inci berkecepatan refresh 120Hz dan resolusi 2700 x 1228 yang tidak biasa, resolusi ini sedikit lebih tajam dari 1080p.

Kami sangat puas dengan betapa tipisnya bezel, karena selain membuatnya terlihat lebih ringan, hal tersebut menjadikannya terlihat lebih dinamis dan penuh saat menonton.

Berkat panel OLED, getaran warna dan kecerahan pada layar menjadi luar biasa. Seperti banyak ponsel di pasaran saat ini, layarnya menawarkan mode gelap, yang dapat mengurangi ketegangan pada mata Anda dan kemungkinan menguras baterai.

Anda juga dapat mengubah mode warna dan suhu layar agar sesuai dengan tingkat kenyamanan Anda sendiri dalam pengaturan.

Hadir dengan kecepatan refresh 120Hz membuat performa multitasking pada layar lebih smooth dan lebih lancar dalam pengoperasiannya. Di bagian tengah, Anda akan melihat Single Punch Hole kamera tertanam di layar menyerupai notch.

Uniknya, kecepatan refresh layar dapat disesuaikan tergantung pada konten yang Anda lihat. Jika hanya melihat media sosial, Anda dapat menyetelnya pada 60Hz untuk menghemat daya, tetapi kami tetap merekomendasikan  untuk menggunakan settingan 120Hz saat bermain game. Ada juga opsi "dinamis" yang akan bekerja untuk Anda berdasarkan konten di layar Anda.

Layar P50 Pro juga mendukung 1,07 miliar warna, ini memberikan kualitas yang lebih baik terkait akurasi warna hingga detail gambar dan juga video.

Kamera

kamera HUAWEI P50 Pro

Fotografi selalu menjadi kunci utama ponsel Huawei, yang tidak mengejutkan mengingat kolaborasi perusahaan dengan Leica. Huawei membuat peningkatan tambahan lainnya dalam hal kemampuan kamera smartphone. Hasilnya berbicara sendiri karena P50 Pro mampu menangkap bidikan berkualitas tinggi dengan mudah.

Dijuluki kamera dual-matrix bentuk sejati, sistem kamera belakang P50 Pro terdiri dari dua cincin besar yang menampung lensa dan sensor yang berisikan empat kamera, mulai dari kamera sudut lebar 50MP f/1.8 dengan OIS, lalu 13MP f/2.2 sudut ultra lebar, kemudian Telefoto periskop f/3.5 64MP, serta OIS dan zoom optik 3,5x, dan 40MP f/1.6 monokrom.

Dengan rentang zoom hingga 100x, kamera Huawei P50 Pro adalah salah satu yang pasti akan banyak dimainkan oleh pengguna, dan fitur menonjol yang diharapkan perusahaan akan menjadi sasaran konsumen.

Kamera mono juga bekerja dengan kamera utama untuk menambah detail dan mengurangi noise dalam kondisi kurang cahaya.

Smartphone Huawei di masa lalu dikenal untuk meningkatkan warna untuk membuat gambar terlihat lebih hidup dan menarik. Namun dengan P50 Pro, pemrosesan gambar sedemikian rupa sehingga warna, termasuk warna kulit yang sangat penting, terlihat lebih nyata. Selain itu, mode AI khusus telah disetel dengan baik untuk membuat penyesuaian yang lebih halus dan terarah pada gambar daripada hanya meningkatkan semangat.

kamera HUAWEI P50 Pro

Pengaturan kamera P50 Pro memberi Anda banyak pilihan pemotretan mampu mendapatkan tampilan pemandangan yang sangat lebar selalu berguna, dan begitu juga mode makro khusus untuk gambar close-up. Tidak mengherankan jika P50 Pro dapat mengambil gambar yang menakjubkan. Kami jarang kecewa dengan kamera, terutama di siang hari. Gambar keluar tajam, detail dan dengan rentang dinamis yang lebar.

Beralih dari lensa lebar primer ke lensa telefoto periskop di mana Anda menemukan zoom optik 3,5x dengan tingkat detail yang luar biasa. Anda dapat memperbesar hingga 100x dengan P50 Pro, dan sebagian besar gambar hingga 30-50x zoom agak dapat digunakan dengan sisa rentang zoom menjadi faktor baru. Ini adalah cerita yang mirip dengan sensor monokrom khusus. Untuk pemula fotografi, ini sepertinya menerapkan filter B/W di atas gambar biasa, dan ini menarik.

Dalam hal pengambilan video, P50 Pro dapat merekam video hingga 4K pada 60fps. Baik lensa lebar primer maupun lensa telefoto periskop memiliki optical image stabilization, (OIS), tetapi tidak ada bantuan seperti itu untuk lensa ultra-lebar. Selain itu, lensa ultra lebar dibatasi pada 4K 30fps. Jika gerakan Anda lancar dan tidak mengganti lensa di tengah perekaman, pengalaman video dari kamera P50 Pro bagus. Namun bila Anda ingin menggunakan banyak lensa, transisinya bergerigi dan kasar.

kamera HUAWEI P50 Pro

Huawei menghadirkan satu teknologi baru, XD Optics, dan peningkatan dari seri P40 dalam bentuk XD Fusion Pro. Huawei XD Optics menerapkan pemrosesan gambar untuk memperbaiki kesalahan optik, meningkatkan sinyal gambar yang diteruskan ke algoritma fotografi komputasi sebesar 25 persen.

XD Fusion Pro mencakup Sistem Filter Warna Super baru, Mesin Gambar Chroma Sejati, dan teknologi Super HDR, yang menghasilkan detail, warna, dan rentang dinamis yang lebih baik.

Teknologi telah ditingkatkan sedemikian rupa sehingga super-antishake AIS Pro memungkinkan gambar tetap stabil, lensa mana pun yang Anda putuskan untuk digunakan. Dengan terselesaikannya masalah gambar goyang, ada pertimbangan tentang akurasi warna.

XD Fusion Pro menanganinya, membuat penyesuaian yang diperlukan. Ini selanjutnya dibantu oleh bidikan True-chroma, sehingga Anda akan selalu memiliki gambar dengan warna paling akurat baik di dalam maupun di luar ruangan.

Hal unik yang ada pada kamera HUAWEI P50 Pro ini adalah bidikan makro hingga jarak 2,5cm, perekaman video 4K dengan kamera depan dan belakang, dan perekaman video Dual View dengan kamera depan dan belakang secara bersamaan.

hasil foto HUAWEI P50 Pro

Di bagian depan, P50 Pro menampilkan kamera selfie 13MP tunggal. Kualitasnya memadai untuk sebagian besar situasi dan untuk posting media sosial, sebagian besar berkat bidang pandangnya yang lebih luas.

Anda juga dapat memanfaatkan mode malam dalam cahaya redup, meskipun gambar keluar sedikit lebih lembut daripada yang kami inginkan. Seperti kamera utama, kamera selfie juga mendukung serangkaian opsi mode potret, meskipun ini bekerja dengan baik dalam hal deteksi tepi untuk efek blur latar belakang, kamera memang memiliki kecenderungan untuk mempercantik wajah Anda sedikit banyak, bahkan ketika mode kecantikan dimatikan.

P50 Pro berkinerja sangat baik untuk warna. Khususnya dalam hal white balance, hal ini kemungkinan terkait dengan penggunaan sensor multispektral.

Sistem fokus otomatis secara umum bekerja dengan sangat baik di semua kondisi cahaya dan di semua tingkat cahaya, tanpa jeda rana dan memberikan ketajaman yang baik pada target. Secara keseluruhan, fokus otomatis P50 Pro berkinerja sangat baik jika dibandingkan dengan rekan-rekannya.

Dalam periode pengujian yang relatif singkat, kami menemukan bahwa sistem kamera canggih P50 Pro mampu dan bermanfaat untuk digunakan. Tidak mengherankan untuk menemukan bahwa saat ini memimpin peringkat kamera smartphone di DXOMARK, tepat di depan Xiaomi Mi Ultra 11.

Performa

HUAWEI P50 Pro

P50 Pro memberikan kinerja yang sejalan dengan handset kelas unggulan lainnya yang berbasis pada chipset Qualcomm Snapdragon 888 bersama GPU Adreno 660 lengkap dengan dengan RAM 8GB serta memori 256GB.

Kami menjalankan tes kecepatan menggunakan 4G dan mendapatkan kecepatan unduh 292 Mbps pada Huawei P50 Pro. 

Sebagai perbandingan, iPhone 13 Pro Max dalam mode 5G mengelola kecepatan unduh 586Mbps.

Jadi iPhone memiliki kecepatan dua kali lipat, dan pasti akan mengunduh berbagai hal lebih cepat, tetapi untuk melihat semuanya, Anda hanya perlu 25Mbps untuk melakukan streaming video 4K.

Secara numerik, skor 609.836 melalui AnTuTu cukup bagus untuk sebuah ponsel flagship. Dengan kinerja Snapdragon 888, Anda dijamin mendapatkan pengalaman bermain game yang luar biasa di hampir semua game yang jadi favorit saat ini.

Dengan game seperti Asphalt 9, Anda akan dapat menikmati pengalaman balapan yang sangat mulus sambil mengagumi keindahan mobil dan trek balap di latar belakang. Anda tidak akan melihat kelambatan atau apa pun bahkan dengan kualitas visual tertinggi dan 60fps diaktifkan.

HUAWEI P50 Pro menjalankan EMUI 12 dengan perubahan nyata pada panel kontrol. Huawei juga menyediakan AppGallery sebagai ganti Google Play Store bagi Anda untuk mendapatkan akses ke aplikasi yang biasa Anda gunakan seperti TikTok, Shopee, Touch n' Go, dan banyak lagi.

Sebagai seseorang yang terbiasa dengan ekosistem Google sejak mendapatkan perangkat Android pertama, kami tidak kesulitan dengan perubahan yang diusung Huawei lewat EMUI 12 serta AppGallery yang disediakan.

Dengan EMUI 12, yang dibangun di atas Android 10, Huawei telah memoles UI agar terlihat cantik. Ikon telah didesain ulang dan font terlihat bagus. Perubahan antarmuka seperti folder besar di layar beranda atau akses widget melalui penekanan lama pada ikon aplikasi membantu kegunaan sehari-hari.

Baterai

HUAWEI P50 Pro

P50 Pro memiliki baterai 4360mAh, yang merupakan kemajuan pada P40 Pro/+ (4200mAh). Kami menguji masa pakai baterai menggunakan tolok ukur masa pakai baterai PCMark for Android Work 3.0 yang menghabiskan baterai dari 100% hingga 20% sambil terus menjalankan tes Work 3.0, hasilnya Huawei P50 Pro bertahan selama 11 jam 38 menit.

HUAWEI P50 Pro mendukung pengisian kabel 66W dan pengisian nirkabel 50W, meskipun Anda memerlukan pengisi daya SuperCharge 66W Huawei dan kabel USB-C (tersedia) dan Dudukan Pengisi Daya Nirkabel SuperCharge 50W (pembelian terpisah) untuk mencapai peringkat daya ini.

Jika Anda menyukai ekosistem Huawei, Anda dapat menghubungkan ponsel dengan MateBook atau MatePad Anda untuk menikmati konektivitas tanpa batas di berbagai platform melalui Kolaborasi Multi-Layar. Anda akan dapat melakukan panggilan, mengirim pesan, atau menelusuri foto di ponsel di tablet Anda.

Kriteria Spesifikasi
Nama Produk P50 Pro RAM 8GB ROM 256GB
OS -
RAM 8 GB
Memori Internal 256 GB
Dimensi 158.8 x 72.8 x 8.5 mm
Berat 195 g
Ukuran Layar 6.6 inch
Screen Resolution 2700 x 1228 Pixel
Resolusi Kamera Belakang 50 MP
Kapasitas Baterai 4360 mAh
OS Version 2
Detail Prosesor 9000
GPU Mali-G78 MP24
Dual Kamera Belakang Ya
Tabel dapat digeser kiri atau kanan

Kesimpulan

review HUAWEI P50 Pro

Kami memberi Huawei peringkat luar biasa atas P50 Pro dan selamat karena telah melahirkan sebuah inovasi dengan fitur terbaik.

HUAWEI P50 Pro jelas merupakan smartphone yang sangat baik dengan desainnya yang ramping, layar 120Hz yang indah dan mulus, kinerja yang luar biasa, dan pengisian daya yang cepat. Dengan 120Hz yang haus daya, kami akan senang melihat baterai 5000mAh karena itu sangat umum di sebagian besar perangkat saat ini.

HUAWEI P50 Pro akan menjadi peningkatan yang hebat jika Anda adalah pengguna Huawei yang sudah ada, Anda akan menikmati manfaat yang ditawarkan dalam hal perangkat keras dan fitur.

Like us!
Imam Ali

Content Writer

1093 Posts

Berbekal photography dan multimedia desain membuka jalan ke perusahaan konsultan cekindo.com. Awali karir jurnalistik di Majalah Chip Foto Video. Ketertarikan pada teknologi dan gadget berkembang ke Majalah Chip dan Chip.co.id, mulai dari review gadget dan peripheral PC, berlanjut ke Tabloid Sinyal dan SinyalMagz. Hobi otomotif memberi kesempatan bekerja di Agency mengawal konten otomotif. Di Pricebook, membuat beragam artikel terkait news, ulasan dan review serta info pasar yang berbasis SEO.