Diperbaharui pada Minggu, 31 Oktober 2021 | 16:21

Review BenQ GV30, Desain Keong Kualitas Gorilla

Review BenQ GV30

Judul di atas tidak salah, review kali ini memang mengingatkan kami pada "Turbo", si keong gesit yang memiliki kecepatan dahsyat.

Tapi berbeda dengan Proyektor portable generasi terbaru BenQ GV30. Alih-alih memiliki desain kotak memanjang seperti sebelumnya yakni BenQ GV1, BenQ justru bermain lebih ekspresif dengan menghadirkan bentuk serupa keong pada Proyektor BenQ GV30 ini.

Dan ini menjadikannya lebih menarik dan sangat unik sebagai proyektor portable. Sebelum masuk ke review BenQ GV30, kami ingin memberitahu bahwa tes kali ini kami lakukan di ruangan kantor yang cukup besar untuk ukuran kecil yang dimiliki BenQ GV30 dengan resolusi 720p yang dimiliki.

Tonton apa yang Anda inginkan? Kapan dan di mana Anda ingin menontonnya? Proyektor portabel GV30 menghadirkan video yang luar biasa, didukung oleh audio spektrum penuh 2.1 saluran, dan juga berfungsi sebagai speaker Bluetooth.

Tapi tunggu dulu, banyak alasan yang menantang kami untuk melakukan hal tersebut dan akan kami bahas satu persatu lewat review BenQ GV30 proyektor portable kali ini.

Desain Unik Bodi Kuat

Review BenQ GV30

Bicara soal desain, sudah kami katakan di awal kalau proyektor ini memiliki bentuk unik layaknya sebuah tempurung keong.

Kami bisa nyatakan ini adalah wujud asli dari sebuah proyektor portable. Hal ini dikarekan selain desain yang mungil, ringan, lengkap dengan speaker internal yang powerfull, ada juga strap yang tertanam pada bodi dan ini sangat berguna ketika pengguna ingin memindahkan proyektor ini dari satu tempat ke tempat lainnya, cukup dijinjing.

Tombol fisik tertata apik di atas bodi lensa, terdapat empat tombol yang terdiri dari power, volume up dan down, serta koneksi bluetooth.

Posisi lensa juga termasuk unik karena berada di bagian celah sudut segitiga dan menjadikannya lebih aman dari benturan langsung. Bicara soal benturan, BenQ GV30 menjadi salah satu proyektor portable dengan ketahanan benturan hingga 70cm.

Tapi tetap saja, jangan disengaja untuk dibenturkan karena fungsi proyektor bukan untuk alat pelampiasan amarah.

Tunggu dulu, kami tidak lupa untuk mengatakan kalau desain unik BenQ GV30 ini hadir dengan kemampuan smart proyektor yang didukung dengan Android dongle BenQ. Jadi meski tanpa menggunakan source dari luar, Anda tetap dapat menikmati suguhan media langsung dari internal mini proyektor portable BenQ GV30 ini.

Paket Lengkap Mini Home Theater

Review BenQ GV30

Siapa diantara kalian yang memimpikan untuk memiliki satu ruangan home theater di rumah? Mengingat harganya yang mahal jika harus membeli paket lengkap home theater, BenQ GV30 bisa jadi jawaban yang paling logis.

Meski bentuknya yang tak sebesar proyektor normal karena ini ada proyektor portable, namun kualitasnya bisa Anda bandingkan dengan proyektor normal dengan harga serupa.

Terlebih, dengan desain stylish yang sudah kami katakan sebelumnya, BenQ GV30 bisa Anda gunakan di berbagai tempat. Tambahan Android TV terintegrasi menjadikan pelengkap sempurna untuk smart proyektor ini.

Hal menarik datang dari speaker Bluetooth yang kuat serta sudut proyeksi 135 derajat yang fleksibel, sempurna untuk setiap lokasi dan ruangan.

Menawarkan pengalaman imersif sinematik yang disempurnakan ditambah dengan speaker 2.1 yang mengusung tweeter midrange 4W ganda serta woofer 8W yang kuat.

Review BenQ GV30

Resolusinya HD 720p dengan standar warna Rec. 709 97%. Untuk mendongkrak output warnanya tersedia fitur BenQ CinematicColor.

Dari data yang kami dapat, BenQ GV30 mengadopsi satu chipset DLP Pico DMD Texas Instruments (TI) 0.23 inci untuk menghadirkan resolusi tampilan HD (1280 x 720p).

Klaim mereka terkait proyeksi 100 inci berhasil kami buktikan, dan sangat mengesankan. Bahkan cukup mengesankan mengingat BenQ GV30 hanya berjalan pada resolusi 720p.

Ukuran layar proyeksi dapat mencapai dari 30 inci hingga 110 inci tergantung pada jarak pandang. Untuk kenikmatan menonton yang ideal, kami merekomendasikan ukuran layar antara 80 inci dan 100 inci saat duduk sejauh 2.1 meter hingga 2.7 meter.

Kerapatan pixel yang di proyeksikan tetap terjaga, meski dalam beberapa kondisi dan situasi warna gambar sedikit menurun, tapi itu tidak mengganggu kejelasan detail yang ditampilkan.

Beragam opsi mode gambar yang menawarkan pengaturan gambar otomatis juga tersedia. Untuk tingkat kecerahannya BenQ GV30 mendukung hingga 300 ANSI Lumens.

Review BenQ GV30

Diluar itu semua, karena kami menyatakan ini sebagai paket lengkap dari mini home theater, BenQ GV30 memiliki penyimpanan internal sebesar 16GB dan itu bisa digunakan untuk menyimpan musik dan beberapa film favorit Anda.

GV30 juga memiliki pemutar media internalnya sendiri, jadi tak hanya melakukan proyeksi, tapi juga bisa bekerja layaknya pemutar media di home theater rumahan.

Jika masih kurang cukup, BenQ GV30 juga menyediakan dukungan USB flash drive dan juga USB Type-C. Format yang didukung adalah NTFS, FAT, dan FAT32.

Review BenQ GV30

Dukungan konektivitas lain ada pada dua port HDMI 1.4/HDCPI 1.4). Salah satu port HDMI terletak di sisi kanan proyektor, Port HDMI lainnya disembunyikan oleh penutup yang dapat dilepas yang terletak di sisi kanan proyektor.

Port HDMI yang tersembunyi dapat digunakan untuk dongle TV Android QS01 yang disertakan.

Fitur Cerdas

Review BenQ GV30

Satu hal yang pasti, karena ini adalah smart proyektor portable pastinya banyak fitur cerdas yang disertakan dalam paket pembeliannya.

Seperti yang sudah kami katakan, BenQ GV30 selain menjadi proyektor juga bisa Anda gunakan untuk melakukan streaming atau bermain video game langsung dari antarmuka Android TV.

Android TV via dongle yang disertakan memiliki 5000+ aplikasi Google Play asli untuk hiburan selama berjam-jam. Kendali jarak jauh atau remote BenQ GV30 yang tersedia juga memiliki akses langsung ke aplikasi Amazon Prime eksklusif dalam satu tombol yang tentunya sudah mengakomodir beragam video dan film berkualitas 4K di dalamnya.

Ada hal menarik lain selain streaming video dan film, adalah Family Land. Ini fitur yang unik dan sangat bermanfaat untuk keluarga. Keberadaan fitur ini sangat bisa diharapkan untuk menjadi teman tumbuh kembang anak di rumah. Mulai dari video pembelajaran yang bersifat edukasi hingga game semua ada disana.

Review BenQ GV30

Keuntungan lain dari mekanisme smart proyektor yang diusung adalah BenQ GV30 dapat dikontrol dengan suara melalui Google Assistant. Dengan mikrofon internal yang ada di remote, Anda dapat mengontrol berbagai macam fungsi hanya dengan menggunakan suara.

BenQ juga menambahkan fitur Day Time Mode. Fitur ini berguna untuk menyesuaikan area gambar yang lebih gelap untuk meningkatkan kualitas gambar jika pencahayaan ruangan di sekitar terlalu terang.

Dukungan AirPlay dan Chromecast

Review BenQ GV30

GV30 mendukung AirPlay memungkinkan para pengguna Apple dapat melakukan streaming langsung ke proyektor dari iPhone, iPad, atau MacBook.

Tak hanya itu, dongle Android TV juga sudah bersertifikasi Google memiliki teknologi Chromecast bawaan.

Dengan Chromecast, pengguna akhir dapat mentransmisikan jenis hiburan favorit mereka – film, acara, musik, foto, game, dan lainnya dari perangkat Android atau iOS.

Mac, Chromebook, dan PC berbasis Windows semuanya bekerja dengan Chromecast bawaan GV30.

Smart Autofocus dan Image Correction

Review BenQ GV30

GV30 memiliki autofokus, dan bekerja dengan cepat untuk menjernihkan gambar yang diproyeksikan. Misalnya, kami menabrak GV30 saat menggunakan tripod atau melakukan pergeseran maju mundur dan kesamping kiri kanan, makan secara cepat fokus kamera pada layar proyektor kembali hanya dalam hitungan detik.

BenQ CinematicColor

Review BenQ GV30

GV30 telah mengoptimalkan mode gambar yang didukung oleh CinematicColor dan gamut warna lebar 97% Rec.709 untuk warna yang akurat.

BenQ menyatakan, “BenQ CinematicColor menawarkan tontonan teatrikal tanpa kompromi. Performa warna tingkat profesional membuat konten terlihat lebih baik dengan mempertahankan kualitas sinematik, bahkan di lingkungan luar ruangan.” BenQ mengatakan mereka memastikan akurasi warna untuk semua proyektor CinematicColor.

Tak hanya itu, kualitas CinematicColor juga ditunjang dengan keberadaan enam mode gambar yang ajaib menurut kami.

Masing-masing dari enam mode gambar GV30 memungkinkan penyesuaian kecerahan, kontras, saturasi warna, dan ketajaman.

Mode paling terang adalah Bright, memiliki warna hijau yang mencolok. Anda harus menghindarinya kecuali jika Anda benar-benar membutuhkan kecerahan tertinggi proyektor untuk memproyeksikan gambar yang lebih besar atau melawan cahaya sekitar.

Mode bioskop memiliki akurasi warna terbaik, yang menjadikannya pilihan terbaik untuk menonton video digital atau live yang terang benderang.

Review BenQ GV30

Keakuratan mode Game hampir sama baiknya, dan melakukan pekerjaan terbaik untuk menahan detail bayangan, menjadikannya pilihan terbaik untuk game dan untuk film dan video dengan adegan gelap (atau bahkan area gelap dalam adegan terang).

Untuk pengujian tampilan kami, kami menggunakan mode Game bersama dengan mode daya Normal. Akurasi warna dengan mudah cukup baik untuk dapat diterima bahkan oleh mereka yang memiliki mata kritis.

Kami tidak melihat kilatan warna apa pun, bahkan di setiap konten film dan video yang digunakan untuk pengujian. kami melihat beberapa detail bayangan yang hilang dalam gambar gelap, tetapi kami masih bisa melihat apa yang terjadi bahkan dalam adegan yang paling menantang.

Kami juga terkesan bahwa GV30 melakukan pekerjaan yang sangat baik untuk menghindari artefak pelangi. Sami biasanya melihat kilatan merah-hijau-biru ini dengan mudah jika itu ada, tetapi sejauh kami melakukan pengujian hal itu tidak nampak.

Baterai

Review BenQ GV30

GV30 memiliki baterai built-in yang dapat bertahan hingga 2,5 jam. Namun, perlu dicatat bahwa kami secara konsisten mendapatkan lebih dari 2,5 jam pemutaran video di demo GV30 kami. Saya mendapatkan lebih dari 3 jam pemutaran video setiap kali kami menguji GV30 dengan daya baterai.

Kriteria Spesifikasi
Nama Produk GV30
Brand BenQ
Projection System DLP
Native Resolution 1280 x 720 Pixel
Native Aspect Ratio 16:9
Compatible Aspect Ratio 16:9
Minimum Projection Distance 2.1 m
Maximum Projection Distance 2.7 m
Minimum Projection Size 80 inch
Maximum Projection Size 100 inch
Brightness 300 lumen
Speakers Ya
Weight 1.6 g
Dimensi 120 x 195.8 x 185 mm
Focus Mechanism Automatic
USB 1 Port(s)
HDMI 2 Port(s)
Portable Ya
Wireless Ya
Battery Ya
Tabel dapat digeser kiri atau kanan

Cara Mengoperasikan Proyektor Mini Portable BenQ GV30

Review BenQ GV30

Ada beberapa tahap pengaturan yang harus dilakukan sebelum menggunakan proyektor BenQ GV30, dan kami menyebutnya sebagai ritual proyektor BenQ.

Hal pertama yang harus dilakukan adalah memasang dongle BenQ QS01 pada HDMI yang tersembunyi. Anda harus mencongkel panel menggunakan potongan plastik berbentuk pick (sepintas mirip pick gitar) untuk sampai ke HDMI.

Instruksi juga tertera dalam gambar, harap berhati-hati karena jika salah menekan bisa jadi Anda merusak kaki pengait bodi.

Setelah kompartemen terbuka, Anda bisa mencolokkan dongle ke port HDMI, sambungkan kabel USB yang sudah ada di kompartemen untuk memasok daya, dan pasang kembali penutupnya.

Review BenQ GV30

Dengan dongle terpasang, Anda sudah dapat mencolokkan adaptor AC atau kabel power untuk menyalakan daya. Tunggu fokus otomatis selesai, BenQ GV30 akan secara otomatis menyiapkan sambungan ke Android TV.

Pada tahap ini, Anda memerlukan jaringan Wi-Fi dan koneksi internet.

Setelah persiapan awal selesai arahkan ke layar atau permukaan datar yang praktis. Seperti tipikal untuk model proyektor portabel, BenQ GV30 tidak memiliki optical zoom.

Input digital mencakup port HDMI kedua dan port USB Type-C di satu sisi proyektor. Panel kontrol di dekat lensa mencakup tombol untuk volume, daya, dan beralih ke dan dari mode speaker Bluetooth.

Jangan lupa, pada tahap awal Anda akan diminta untuk melakukan kalibrasi remote atau pairing.

Kenapa Harus Membeli Proyektor BenQ GV30?

Review BenQ GV30

Mungkin akan ada pertanyaan dari benak Anda untuk apa membeli sebuah proyektor kecil? Tapi tunggu dulu, ada beberapa alasan yang mungkin bisa membuat Anda berfikir keras untuk membeli BenQ GV30 dibanding proyektor lain.

1. Kualitas Suara Jernih Layaknya Bioskop

Review BenQ GV30

BenQ GV30 memiliki kualitas suara yang apik, bahkan lebih baik dari sebuah speaker portable dengan ukuran serupa di pasaran saat ini.

Saking nikmatnya suara yang dihasilkan, pada titik 60% saja sudah mampi mengisi ruangan dengan suara bass yang jernih.

Kualitas 100% nya pun secara mengagumkan meniru perasaan pergi ke bioskop atau tempat karaoke. Ini terjadi ketika kami menyetel musik jedag-jedug dengan kualitas suara yang wow.

2. Subtitle dengan Teks Tajam

Review BenQ GV30

GV30 melakukan pekerjaan yang sangat baik dalam merender teks dengan tajam, membuat subtitle dapat dibaca dengan sempurna oleh mereka yang membutuhkannya. 

3. Bodi Kuat

Review BenQ GV30

Kualitas bodi yang luar biasa dari GV30 kami rasa sesuai dengan harga yang ditawarkan. BenQ GV30 sangat kokoh, tidak terlalu besar tapi pas.

4. Proyeksi 135 Derajat

Review BenQ GV30

Ini yang unik, karena desainnya yang mirip rumah keong, BenQ GV30 mampu membuat proyeksi gambar hingga 135 derajat. Kemampuan ini juga didukung dengan magnetic docking yang memudahkan perputaran sudut proyeksi.

Jadi BenQ GV30 ini bisa digunakan dalam berbagai posisi nyaman menurut Anda, bahkan saat tidur dikasur Anda masih bisa menembakkan proyeksi ke arah plafon. Pastinya seru ketika memiliki proyektor portable dengan kemampuan proyeksi yang fleksibel.

Kesimpulan

Review BenQ GV30

Dengan klaim BenQ bahwa GV30 adalah proyektor saluran 720p HD 2.1 portabel pertama di dunia, BenQ GV30 siap mengubah hampir semua tempat menjadi tempat berkumpul untuk menonton acara atau mendengarkan musik.

Android TV bawaan GV30 membuat menonton film dan acara TV menjadi mudah dilakukan. Fitur pintar terintegrasi dengan mulus. Menu di layar ditata dengan baik dan mudah dinavigasi. Selain itu, GV30 memiliki aplikasi streaming populer seperti Disney+, Amazon Prime Video, dan YouTube.

Tambahan suara 2.1 support by treVolo membawa lapisan lain ke musik dan efek suara sinematik. Diluar itu semua, paket lengkap mini home theater bisa Anda wujudkan hanya dengan satu device, dan penggunaannya pun fleksible di segala ruangan.

Tertarik untuk memiliki home theater di rumah sendiri? BenQ GV30 bisa menjadi paket home theater mini rumahan dengan harga terjangkau yang bisa didapatkan. Untuk detail lebih lanjut, silahkan kunjungi situs resmi BenQ dan juga Official Store BenQ di Tokopedia.

Like us!
Imam Ali

Content Writer

1014 Posts

Berbekal photography dan multimedia desain membuka jalan ke perusahaan konsultan cekindo.com. Awali karir jurnalistik di Majalah Chip Foto Video. Ketertarikan pada teknologi dan gadget berkembang ke Majalah Chip dan Chip.co.id, mulai dari review gadget dan peripheral PC, berlanjut ke Tabloid Sinyal dan SinyalMagz. Hobi otomotif memberi kesempatan bekerja di Agency mengawal konten otomotif. Di Pricebook, membuat beragam artikel terkait news, ulasan dan review serta info pasar yang berbasis SEO.