Diperbaharui pada Selasa, 12 Januari 2021 | 13:11

Samsung Perkenalkan Peralatan Rumah Tangga Robot Berteknologi AI

Samsung Perkenalkan Peralatan Rumah Tangga Robot Berteknologi AI-0Foto: Samsung

Melalui gelaran Consumer Electronics Show (CES) 2021, Samsung memperkenalkan produk-produk baru yang menunjukkan inovasi terdepan, dengan merilis produk rumah tangga robot berbasis artificial intelligence (AI).

Samsung telah lama menjadi salah satu perusahaan elektronik yang terdepan dalam inovasi AI dan robotika, dengan tujuh pusat penelitian AI global untuk memajukan teknologi. 

Dengan menghadirkan teknologi AI ke produknya, Samsung menciptakan pengalaman rumah baru, mulai dari mesin cuci yang mengoptimalkan penggunaan air, deterjen, dan siklus pencucian, hingga TV dengan Quantum AI Processor yang dapat meningkatkan konten HD menjadi beresolusi 8K cemerlang.

Samsung Perkenalkan Peralatan Rumah Tangga Robot Berteknologi AI-1

Khusus untuk elektronik rumah tangga, Samsung secara khusus memperkenalkan beberapa produk dan teknologi  terbaru mereka, yang meliputi.

JetBot 90 AI+

Vacuum cleaner ini akan hadir di Amerika Serikat dalam paruh pertama 2021, penyedot debu baru ini menggunakan teknologi pengenalan objek untuk mengidentifikasi dan mengklasifikasikan objek guna menentukan jalur pembersihan terbaik. 

LiDAR dan sensor 3D memungkinkan JetBot 90 AI+ menghindari kabel dan benda kecil, sambil tetap membersihkan sudut yang sulit dijangkau di rumah pengguna. 

JetBot 90 AI+ dilengkapi dengan kamera, serta terintegrasi dengan aplikasi SmartThings  untuk membantu pengguna memantau rumah.

Samsung Bot Care

Perkembangan terbaru dalam jajaran robotika Samsung yang terus bertambah, Samsung Bot Care menggunakan AI untuk mengenali dan merespons perilaku pengguna. 

Teknologi ini akan dapat bertindak sebagai asisten sekaligus pendamping robotik, dalam membantu menangani hal-hal kecil dalam hidup sehari-hari. 

Samsung Bot Care juga akan mempelajari jadwal dan kebiasaan pengguna, dan mengirimkan pengingat untuk membantu memandu pengguna dalam menjalani aktivitas sepanjang hari.

Samsung Bot Handy

Produk ini sedang dalam proses pengembangan, dan akan mengandalkan AI canggih untuk mengenali dan mengambil objek dengan berbagai ukuran, bentuk, dan berat, menjadi perpanjangan dari pengguna dan membantu mengerjakan pekerjaan di dalam rumah. 

Samsung Bot Handy akan mampu membedakan komposisi bahan berbagai benda, memanfaatkan tingkat kekuatan yang tepat untuk mengambil dan memindahkan barang-barang rumah tangga.

Fungsi utamanya dapat membantu pekerjaan rumah seperti membersihkan kamar yang berantakan, atau memilah-milah piring setelah makan.

Memandang ke masa depan, Samsung juga mengembangkan pengaplikasian nyata lainnya dari teknologi AI pada perangkat elektronik rumah tangga untuk kehidupan sehari-hari. 

Samsung terus membangun Samsung Bot Retail, yang akan memandu pengguna di luar rumah dalam lingkungan retail, dan GEMS, exoskeleton Samsung yang berfokus pada kesehatan sebagai pendukung mobilitas.

Inovasi ini memungkinkan robot dan perangkat robotik untuk hidup berdampingan dengan manusia, meningkatkan kehidupan manusia dan mendukung berbagai gaya hidup dan lingkungan yang berbeda.

Like us!
Restu Aji Siswanto

Content Writer

1496 Posts

Gemar mengikuti perkembangan teknologi gawai, baik yang rilis di Indonesia maupun yang tidak masuk pasar lokal. Ketertarikan pada teknologi dan gawai menjadi motivasi untuk terus memberikan informasi, rekomendasi, dan tips berbelanja seakurat mungkin, melalui artikel dan ulasan produk.