Cara Upload Video di YouTube Pakai Hp dan PC Tahun 2020

Oleh Nur Abdillah updated Jumat, 21 Feb 2020 | 16:35

Sebelumnya kami sudah menjelaskan cara download video Youtube. Dan sekarang waktunya untuk memberitahukan cara upload video ke Youtube, mengingat sekarang sudah banyak orang yang ingin menjadi Youtuber.

Apalagi kini profesi menjadi seorang Youtuber cukup menjanjikan. Lihat saja Youtuber Atta Halilintar yang sukses dengan konten video yang di-uploadnya ke channel Youtube miliknya. Menurut perhitungan dari Social Blade, Atta Halilintar bisa mendapatkan ratusan juta hingga miliaran rupiah per bulannya.

Tapi tidak perlu khawatir, karena kamu juga bisa menjadi seperti Atta Halilintar. Tapi sebelum jauh melangkah, mulai saja dari hal paling simpel dulu. Yaitu dengan mengetahui cara upload video ke Youtube. 

Kamu bisa meng-upload video ke Youtube dengan dua cara, yaitu menggunakan hp dan PC. Berikut ini adalah cara lengkapnya :

Cara Upload Video Youtube di Hp

Cara pertama untuk upload video ke Youtube bisa dilakukan langsung dari smartphone. Jadi kamu bisa upload video darimanapun dan kapanpun, ini cara detailnya : 

1. Buka Aplikasi Youtube di Hp Kamu 

aplikasi youtube
via factschronicle.com

Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah membuka aplikasi Youtube yang ada di hp kamu. Aplikasi ini berlaku untuk jenis hp bersistem operasi Android dan iOS. Bila di hp kamu belum punya aplikasi Youtube, maka kamu bisa mengunduh aplikasi Youtube di Google Play Store untuk hp Android atau Apple App Store untuk hp iOS.

Setelah itu, langsung lakukan proses sign in ke dalam email dan channel yang ingin kamu upload videonya.

2. Jalankan Aplikasi Youtube

cara upload video youtube

Jalankan aplikasi Youtube seperti biasa, kemudian tap menu ikon kamera yang berada di sebelah atas aplikasi. Setelah itu Youtube akan meminta izin kamu untuk mengakses memori internal dan kamera yang nantinya akan sangat berpengaruh dalam proses upload video.

3. Pilih Video yang Akan Diupload atau Lakukan Perekaman

upload video youtube

Selanjutnya, kamu akan dihadapkan dengan pilihan rekam video, live streaming, atau bisa langsung memilih video yang sudah ada di memori internal hp kamu. Bila ingin merekam video, maka tap ikon kamera video dan mulai merekam. Hall yang sama juga berlaku jika kamu ingin melakukan live streaming.

Bila ingin upload video Youtube dari video yang sudah ada di memori internal, maka kamu tinggal tap video yang akan dipilih. Setelah itu, kamu bisa melakukan editing dengan layanan yang sudah ada di aplikasi Youtube. Bila sudah, tap tombol berikutnya atau next.

4. Isi Judul, Deskripsi, dan Kustomisasi Lainnya

upload video youtube

Kamu harus mengisi judul, deskripsi, dan setelan privasi video di proses upload video ke Youtube berikutnya. Kamu dapat membuat judul dengan panjang hingga 100 karakter dan deskripsi hingga 5.000 karakter. Jadi, silakan isi sesuai keinginan, selain itu informasi yang diberikan juga harus jalas.

5. Youtube Akan Melakukan Verifikasi

cara upload video youtube

Bila sudah mengisi judul, deskripsi, dan lainnya. Kamu tap next atau berikutnya. Kemudian kamu akan diarahkan ke halaman verifiaksi akun. Kamu dipersilakan mengetik asal negara dan nomor hp aktif yang akan ditelepon atau di SMS Google untuk memberikan nomor verifikasi.

Ketik nomor verifikasi yang dipilih. Bila sudah selesai, kamu tinggal tap upload. Setelah itu video kamu akan sudah bisa disaksikan oleh para pengguna Youtube. Mudah Bukan?

Itulah cara upload video Youtube di hp yang bisa kamu lakukan dengan mudah.

Cara Upload Video Youtube di PC

Jika di atas kamu sudah memberikan informasi cara upload video Youtube melalui hp. Maka sekarang kami akan memberikan kamu informasi bagaimana cara upload video Youtube menggunakan PC atau laptop. Secara keseluruhan, tidak ada yang berbeda, hanya bagian tombol dan urutannya saja yang berbeda. Berikut urutan lengkapnya :

1. Kunjungi Youtube dan Sign In

akun google

Hal pertama yang kamu perlu lakukan dalam upload video Youtube pastinya pergi ke www.Youtube.com. Setelah itu, klik tombol Sign In dan klik link “Create An Account” yang ada di bagian bawah. Membuat akun Youtube sendiri sama saja dengan membuat akun Gmail, jadi bila kita membuat akun Youtube, maka secara otomatis kita juga membuat akun Gmail.

Dari sini kamu akan diarahkan ke halaman di mana kamu bisa mengisikan sejumlah informasi pribadi yang berada di halaman yang berjudul Create Your Google Account.  Langkah terakhir dalam membuat akun gmail adalah dengan mengisi data personal yang kita miliki.

Ikuti arahan yang ada di layar. Setelah selesai membuat akun Google, kembali ke halaman depan Youtube untuk mengatur channel kamu dan mulai mengunggah video.

2. Buat Channel Youtube Kamu

cara upload video youtube 

Setelah berhasil mendaftarkan akun Youtube, dalam kondisi sign-in, klik tombol Upload di bagian atas layar situs Youtube. Setelah itu, di layar akan muncul dan menjelaskan bahwa kamu akan membuat sebuah channel dan sekaligus membuat profil di Google+.

Layar ini juga akan meminta kamu untuk mengisi informasi yang bisa diakses oleh publik ketika orang lain ingin melihat channel ini. Masukkan saja data kamu seperti nama, jenis kelamin, tanggal lahir, dan foto profil jika kamu mau. Tidak harus foto pribadi, bisa juga berupa gambar yang akan menjadi logo channel Youtube kamu. Selanjutnya klik tombol “Continue To Upload”

3. Upload Video

cara upload video youtube 

Nah, setelah klik tombol “Continue To Upload” tadi, kamu akan sampai di halaman yang akan membawa masuk ke dalam halaman channel kamu dengan username yang sudah tampil di bagian pojok kanan atas.

Untuk bisa mengunggah video ke channel Youtube, kamu harus memilih file videonya lebih dulu. Selain memilih dengan mengklik tombol upload, kau juga bisa menarik file yang ingin diunggah ke jendela Upload.

Namun, ada alternatif lain yang bisa dilakukan. Yaitu dengan melakukan perekaman video secara langsung ke channel kamu melalui webcam yang terhubung ke komputer atau laptop.

4. Kustomisasi Tampilan Youtube Channel Kamu

upload video youtube

Setelah mendrag video tadi, maka secara otomatis Youtube akan mulai mengupload video ke channel kamu. Di halaman selanjutnya, kamu juga bisa menambahkan sentuhan akhir pada channel kamu, misalnya saja: kamu bisa menuliskan penjelasan singkat mengenai video channel yang diupload tadi dalam kolom basic info. Di sana kamu harus mengisi judul video dan deskripsinya. Isi sesuai dengan yang kamu inginkan.

Sementara di kolom translation kamu bisa menambahkan fitur translasi dari bahasa kita ke bahasa yang diinginkan seperti bahasa Inggris. Sementara di kolom advanced setting, tersedia pengaturan yang lebih lengkap lagi. Seperti untuk mengizinkan orang komen, dan sebagainya.

Bila sudah selesai, kamu bisa mengklik publish pada tombol kotak biru di kanan atas. Setelah itu, video yang diupload tadi akan tampil di Google melalui channel kamu.

Upload Konten yang Kreatif dan Bermanfaat

Begitulah cara upload video Youtube yang bisa kamu lakukan. Jika kamu tertarik untuk menjadi Youtuber, cobalah untuk selalu menghasilkan konten video yang berkualitas, kreatif, dan bermanfaat. Semakin unik dan bagus video yang dihasilkan tentu kesempatan untuk mendapat subscriber dan penghasilan dari Youtube akan semakin besar.

Jadi, selamat mencoba ya!

Artikel Terkait

Komentar