Diperbaharui pada Senin, 16 Desember 2019 | 09:35

Awas!! Ini Pertanda Mobil Minta Service

image by koshao.com

Mobil telah menjadi kebutuhan keluarga di Indonesia, terlihat dari pertumbuhan mobil yang terus meningkat. Namun ketika memiliki mobil, Anda harus mengerti tentang seluk beluk dari cara berkendara, pajak hingga perawatannya. Salah satu indikasi mobil Anda harus diservis adalah mogok. Penyakit mobil mogok kerap terjadi, jika Anda tidak melakukan perawatan secara rutin.

Tentunya, Anda harus merogoh kocek yang dalam untuk melakukan perbaikan kerusakan mobil di bengkel mobil. Karena itu, para pabrikan mobil telah membenamkan teknologi canggih di dalam mobil yang memberi peringatan kepada pengemudi ketika terjadi kerusakan pada mobil.

Berikut peringatan yang harus anda ketahui bahwa kendaraan anda perlu diservice :

Indikator Mesin Menyala

Jika layar indikator mobil menyala, berarti ada yang salah pada mesin mobil Anda. Bisa juga sistem kelistrikan maupun kabel yang konslet akibat hama atau terendam air ketika menerjang hujan. Segeralah pergi ke bengkel untuk mengeceknya.

Indikator Ganti Oli Menyala

Image via whocanfixmycar

Jika indikator oli menyala berarti Anda harus segera mengganti oli. Indikator itu akan menyala ketika tekanan oli dalam mesin mobil terlalu rendah. Tanda itu sangat serius dan perlu diperhatikan, apabila diabaikan maka mesin mobil akan mati. Segeralah bawa kendaraan Anda ke bengkel. Pelumas dapat memperpanjang usia mesin sehingga mobil bisa berjalan dengan mulus.

Indikator Kerusakan Sistem Kelistrikan

JIka terjadi kerusakan dalam sistem kerusakan, biasanya ditunjukkan dengan ikon baterai yang menyala. Berarti Anda harus segera mengganti aki mobil atau terjadi kesalahan mekanisme kelistrikan. Sebaiknya, Anda harus segera melakukan tindakan sebelum aki mobil mati dan berimbas mesin tidak bekerja.

Service Mesin

Apabila lampu indikator menyala dengan interval, berarti Anda harus segera melakukan perawatan pada kendaran tersebut. Biasanya, tanda itu akan menyala setelah mobil dikendarai beberapa kilometer atau kondisi beragam cairan yang ada di dalam mobil tergantung dengan buku manual servis.

Peringatan Sistem Pendingin

Setiap mobil memiliki sebuah sistem pendingin. Fungsi sistem pendingin dapat menjaga temperatur mesin agar tetap bisa dipergunakan. Bila lampu sistem pendingin menyala, Anda harus segera mengisi air di radiator. Namun, jangan segera membuka radiator saat masih panas. Kalau tetap dilakukan Anda bisa tersemprot air panas yang keluar dari radiator. Selalu gunakan air pendingin dari bengkel mobil atau pakai air murni.

Peringatan Rem


Image via Mainland Ford

Lampu peringatan rem akan menyala untuk berbagai keperluan terkait mekanisme rem mobil. Jika terjadi masalah dengan rem tangan, maka Anda bisa mencium bau rem terbakar. Setiap pabrikan mobil memiliki tombol yang berbeda maka periksalah kembali buku manual mobil.

Sistem Anti Penguncian Rem

Peringatan Penguncian Rem menyalakan tanda kedipan ABS di dalam dashboard atau speedometer. Biaya perawatan komponen mobil yang satu ini tergantung dengan frekuensi kedipan lampu peringatan tersebut. Jika lampu peringatan menyala terus, artinya mobil harus segera diperbaiki.

 
Like us!
Imam Ali

Content Writer

1665 Posts

Berbekal photography dan multimedia desain membuka jalan ke perusahaan konsultan cekindo.com. Awali karir jurnalistik di Majalah Chip Foto Video. Ketertarikan pada teknologi dan gadget berkembang ke Majalah Chip dan Chip.co.id, mulai dari review gadget dan peripheral PC, berlanjut ke Tabloid Sinyal dan SinyalMagz. Hobi otomotif memberi kesempatan bekerja di Agency mengawal konten otomotif. Di Pricebook, membuat beragam artikel terkait news, ulasan dan review serta info pasar yang berbasis SEO.