Diperbaharui pada Senin, 6 Maret 2017 | 13:54

Nokia 6 VS BlackBerry Aurora, Kamu Pilih Mana?


Dua perusahaan yang sempat merajai pasar hape dunia sudah kembali. Ya, merek Nokia dan BlackBerry masih memiliki fans di Indonesia, dimana keduanya kini datang dengan amunisi yang siap mendominasi pasar.

Lewat Nokia 6 yang beberapa lalu diluncurkan secara global ke publik, BlackBerry yang kini menyerahkan lisensi merek ke BB Merah Putih sudah membuka pemesanan di beberapa marketplace Tanah Air.

Meskipun Nokia 6 saat ini baru tersedia lewat penjualan non-resmi, apakah ia sanggup berhadapan dengan BlackBerry Aurora? Nah untuk membantu kamu yang bingung memilih keduanya, ini dia komparasi antara Nokia 6 dan BlackBerry Aurora.

Desain dan Layar

Kedua hape ini datang mengusung konsep desain yang tidak jauh berbeda, terlebih BlackBerry Aurora datang tanpa dilengkapi keyboard yang identik dengan hape BlackBerry.

Persamaan lainnya adalah penggunaan panel seluas 5,5 inch. Bedanya, Nokia 6 memiliki resolusi sekelas Full HD 1920 x 1080 piksel dengan kerapatan 401 ppi yang jauh lebih unggul di segi tampilan ketimbang BlackBerry Aurora yang hanya mengusung panel beresolusi HD 1280 x 720 piksel saja.

Performa

Berbicara hardware, BlackBerry Aurora memasang konfigurasi chipset Qualcomm Snapdragon 425 dengan prosesor Quad Core pada kecepatan 1,4GHz. Prosesor kelas menengah ini dilengkapi RAM 4GB dan memori berkapasitas 32GB.

Sementara itu, pesaingnya Nokia 6 memasang chipset Qualcomm Snapdragon 430 dengan prosesor Octa Core 1.4 GHz dengan dua varian RAM dan memori internal yakni RAM 3GB dan ROM 32GB serta varian dengan RAM 4GB dan memori internal 64GB.

Jika berbicara performa, Nokia 6 akan memiliki kinerja yang jauh lebih smooth daripada BlackBerry Aurora karena menggunakan chipset yang lebih tinggi. Beralih ke sektor daya, kedua hape ini sama-sama memasang baterai lithium ion berkapasitas 3.000 mAh.

Kamera

Dimulai dengan Nokia 6, hape ini menawarkan kamera belakang beresolusi 16 MP yang dilengkapi dengan serangkaian fitur canggih seperti PDAF, HDR, dual LED dual tone flash dan kamera depan beresolusi 8 MP yang mempunyai aperture f/2.0 dan memiliki kemampuan merekam video 1080p.

Sementara BlackBerry Aurora dilengkapi kamera belakang dengan tingkat resolusi lebih rendah, 13 MP, dilengkapi dengan autofocus dan dual LED flash. Di bagian depannya, hape ini memaasang kamera 8 MP yang juga mempunyai kemampuan merekam video beresolusi 720p.

OS Android Nougat

Kedua hape ini sama-sama sudah menjalankan sistem operasi terbaru, Android Nougat 7.0. Saat peluncuran perdanannya di MWC 2017, kabarnya Nokia 6 versi global akan menggunakan stock Android tanpa modifikasi, serta dilengkapi dengan Google Assistant yang membuatnya  menjadi hape pertama dengan fitur tersebut selain Google Pixel.

Sementara itu, BlackBerry belum menyebutkan adanya penggunaan fitur Google Assistant, namun jika menilik hape BlackBerry KeyOne yang juga diluncurkannya, besar kemungkinan bahwa hape ini akan disertai aplikasi bawaan seperti BlackBerry Hub.

Memiliki kesamaan dari sektor layar, kedua hape ini tentu saja memiliki keunggulan masing-masing. Di luar itu, keduanya pun dibuat oleh produsen yang sebelumnya memiliki nama besar di Indonesia.

Terkait harga, saat ini BlackBerry Aurora sudah siap dipesan oleh masyarakat Indonesia dengan banderol Rp3,499,000, sedangkan Nokia 6 sampai saat ini belum diketahui harga jualnya untuk pasar Tanah Air. Namun jika merujuk pada informasi pada peluncurannya di Barcelona, hape ini djual lebih mahal daripada Aurora, yakni Rp4,2 jutaan untuk varian dengan RAM 4GB.

Nama Harga di Pasaran Ukuran Layar Detail Prosesor OS Version RAM Memori Internal GPU Resolusi Kamera Belakang Kapasitas Baterai
Nokia 6 RAM 4GB ROM 32GB belum ada harga 5.5 inch MSM8937 Snapdragon 430 7 4 GB 32 GB Adreno 505 16 MP 3000 mAh
BlackBerry Aurora RAM 4GB ROM 32GB Rp 1.949.000 5.5 inch MSM8917 Snapdragon 425 7 4 GB 32 GB Adreno 308 13 MP 3000 mAh
Tabel dapat digeser kiri atau kanan

Baca juga artikel:
Benarkah Blackberry Aurora Sudah Bisa Dipesan di Indonesia?
Nokia 6 Sudah Dijual di Indonesia dengan Harga Mahal
5 Fitur Terbaik Pada Nokia 6 yang Menggoda
Like us!
Ardiansyah Hana

Contributor

787 Posts