Diperbaharui pada Kamis, 5 Januari 2017 | 16:38

Hape Android Tercepat, Asyik Buat Main Game dan Peforma Bagus di 2016

Smartphone canggih dan penuh inovasi mewarnai tahun 2016. Namun manakah dari mereka yang masuk dalam jajaran hape paling cepat dalam kinerja, hape paling bagus buat gaming, dan untuk aktifitas harian.

Seperti dikutip dari Androidpit, Samsung dan Huawei unjuk gigi dengan hape yang mereka miliki. Begitu pun dengan hape Google yang masuk dalam jajaran hape paling asyik buat gaming.

Berikut jajaran hape cepat dan asyik buat main game di tahun 2016:

Google Pixel, Smartphone Terbaik untuk Gaming

Terlepas dari beberapa kasus yang menimpa smartphone Google Pixel beberapa bulan ini, Google Pixel memiliki performa luar biasa. Memang tidak ada yang menduga kalau hape buatan Google ini layak untuk bermain game.

Namun, ketika dibandingkan dengan beberapa ponsel Android premium lainnya ternyata smartphone buatan Google ini memiliki performa 3D tercepat. Hal ini terjadi karena hadirnya teknologi DayDream dan aplikasi VR dalam Google Pixel. Sayangnya, untuk urusan daya tahan baterai dan kamera, Google Pixel memang tidaklah unggul.

Google Pixel sendiri hanya mampu diimbangi oleh OnePlus 3T yang memiliki harga lebih murah. Googke Pixel memiliki desain mewah, sensor sidik jari dibodi belakang, layar 5 inci AMOLED dan resolusi Full HD.

Untuk bagian mesin, Google Pixel menggunakan chipset Qualcomm Snapdragon 821. Prosesor ini disokong 4GB RAM dan memori internal 32GB. Untuk bagian kamera, Google memasang kamera utama 12,3 MP dengan EIS, PDAF dan Dual LED. Untuk kamera depan terpasang kamera 8 MP. Pada bagian baterai, ponel Android Marshmallow ini terpasang baterai 2770 mAh.

Belum ada harga
Kriteria Spesifikasi
4G Network LTE band 1(2100), 3(1800), 5(850), 8(900), 38(2600), 40(2300), 41(2500)
Ukuran Layar 5 inch
Detail Prosesor MSM8996 Snapdragon 821
Jumlah Core Quad Core
Kecepatan CPU 1.6 GHz
GPU Adreno 530
RAM 4 GB
Memori Internal 32 GB
Resolusi Kamera Belakang 12 MP
Resolusi Kamera Depan 8 MP
Kapasitas Baterai 2770 mAh
Tabel dapat digeser kiri atau kanan

Samsung Galaxy S7 Edge, Android Tercepat untuk Fotografi

Di tahun 2016 ini, Samsung memang sempat bermasalah akibat kasus meledaknya Samsung Note 7. Namun, hal tersebut tidak mengurangi kepopuleran seri Galaxy lainnya termasuk varian ponsel Android premium terbarunya, Samsung Galaxy S7 dan S7 Edge. Kedua smartphone ini hadir dengan chipset buatan sendiri yang sangat optimal yakni Exynos 8890. Chipset ini memiliki performa yang optimal khususnya pada bagian kamera.

Dengan chipset ini, hape Android ini bahkan memiliki kamera unggulan yang mampu memproses gambar cepat. Bila dibandingkan hape premium yang ada di pasaran, Samsung memiliki mekanisme yang cukup cepat untuk pengambilan gambar. Dengan sensor terbaru, kamera mampu menampilkan hasil foto lebih jelas dan kontras di segala kondisi. Prosesor juga membantu proses preview secara real time. Bahkan untuk merekam video, hape Samsung ini cukup stabil dan cepat merekam pergerakan objek.

Samsung Galaxy S7 sendiri hadir dengan desain mewah. Menggunakan layar 5,1 inci, panel Super AMOLED dan resulusi Quad HD. Pada bagian mesin, hape Samsung ini menggunakan mesin Qualcomm Snapdragon 820. Prosesor quad-core ini akan disokong GPU Adreno 530 dan RAM 4 GB. Samsung Galaxy S7 juga dibekali kamera utama mumpuni yakni kamera 12 MP denggan teknologi PDAF, OIS, LED Flash. Kamera ini bisa merekam video 4K dengan jelas. Untuk kamera depan, terpasang kamera 5 MP untuk selfie.

Kriteria Spesifikasi
4G Network -
Ukuran Layar 5.5 inch
Detail Prosesor Snapdragon 820
Jumlah Core Octa Core
Kecepatan CPU 1.6 GHz
GPU Adreno 530 - G9350
RAM 4 GB
Memori Internal 32 GB
Resolusi Kamera Belakang 12 MP
Resolusi Kamera Depan 5 MP
Kapasitas Baterai 3600 mAh
Tabel dapat digeser kiri atau kanan

Huawei Mate 9, Android Tercepat untuk Penggunaan Harian

Huawei Mate 9 mungkin tidak begitu dilirik banyak konsumen bila dibandingkan produk dari Samsung dan Apple. Namun, ternyata Huawei menghadirkan cukup banyak komponen berkualitas dalam ponsel ini sehingga performanya cukup cepat. Meski dibeberapa negara, hape ini belum dirilis, dan baru dirilis global pada awal 2017, hape ini bahkan memiliki harga yang cukup terjangkau dibanding smartphone premium lainnya sehingga kian unggul.

Banyak pengamat yang tidak terkejut mengenai hasil nilai Huawei Mate 9 di PC Mark Android. Bagaimanapun juga spesifikasi yang dihadirkan Huawei memang terbaik dikelasnya sehingga memperoleh nilai tinggi.

Huawei Mate 9 hadir dengan desain yang premium berkonsep phablet. Smartphone ini menggunakan layar berukuran lebar 5,9 inci. Layar ini akan disokong panel IPS dan resolusi Full HD. Ponsel Android Nougat ini akan menggunakan chipset Hisilicon Kirin 960. Prosesor octa-core ini akan disokong RAM 4GB dan memori penyimpanan 64GB. Pada bagian kamera, Huawei menggunakan 20 MP dan 12 MP dengan OIS, 2x zoom lensa leica. Untuk kamera depan terpasang kamera 8 MP.

Kriteria Spesifikasi
4G Network LTE band 1(2100), 3(1800), 5(850), 8(900), 38(2600), 40(2300), 41(2500)
Ukuran Layar 6 inch
Detail Prosesor Kirin 960
Jumlah Core Octa Core
Kecepatan CPU 2.6 GHz
GPU -
RAM 4 GB
Memori Internal 64 GB
Resolusi Kamera Belakang 12 MP
Resolusi Kamera Depan 8 MP
Kapasitas Baterai -
Tabel dapat digeser kiri atau kanan

Dengan spesifikasi di atas, smartphone cukup cepat untuk harian. Bahkan saat digunakan membuka sensor sidik jari atau menginstal aplikasi. Hal ini memungkinkan karena Huawei memasang Intelligent algorithm yang membuat smartphone nyaman digunakan harian dengan sangat cepat.

Kesimpulan

Jika kamu hendak membeli smartphone Android tercepat yang ada di pasaran, bukan berarti kamu harus membeli smartphone dengan harga yang mahal. Sebaiknya kamu sesuaikan smartphone yang kamu incar dengan kebutuhan.

*All images and source via AndroidPit.com

Baca juga artikel:
5 Kelebihan Hape Samsung Galaxy A Series 2017
Kumpulan Hape RAM 3GB Keren yang Bisa Dibeli di Awal 2017
Aplikasi Android Lokal yang Paling Populer di Tahun 2016
Like us!
Aris Wibowo

Contributor

3478 Posts