Diperbaharui pada Rabu, 4 Januari 2017 | 15:30

5 Kelebihan Hape Samsung Galaxy A Series 2017

Samsung telah mengungkap Galaxy A-series untuk versi 2017 menjelang ajang CES 2017 yang berlangsung mulai 5-8 Januari mendatang di Las Vegas, Amerika Serikat. Kabarnya akan ada tiga varian baru yang akan dirilis Samsung, yaitu model Galaxy A3, Galaxy A5 dan Galaxy A7 dalam varian generasi 2017. Hape Samsung A seriss generasi terbaru ini akan hadir dengan sejumlah penambahan fitur canggih dan peningkatan dari beberapa komponen utama.

Sebut saja seperti peningkatkan resolusi kamera, penambahan fitur premium, peningkatan performa chipset dan menggunakan fitur tahan air serta debu. Berikut adalah lima fitur dan peningkatan kinerja terbaru dari hape Samsung Galaxy seri A versi 2017:

Tahan Air dan Debu

Salah satu perubahan yang dirasa cukup berguna bagi pengguna setiap hape Samsung. Dimana hape Samsung A series versi 2017 ini akan dilengkapi dengan sertifikasi IP68, itu artinya perangkat-perangkat tersebut sudah memiliki kemampuan tahan dari debu dan air. Sehingga generasi A series 2017 ini memiliki sertifikasi standar yang sama dengan hape Samsung Galaxy S7 dan lebih baik dari Apple iPhone 7.

Secara teknis, dengan sertifikasi IP68 hape Samsung A series anyar ini dapat berendam di air pada kedalaman sekitar 1,5 meter dalam rentang waktu hingga 30 menit. Selain itu, hape Samsung A series versi 2017 ini juga akan memiliki perlindungan yang lengkap terhadap debu. Sangat cocok untuk pengguna yang sering melakukan aktivitas di luar ruangan.

Kamera Meningkat Signifikan

Di sektor imaging, Samsung juga telah meningkatkan kualitas kamera di generasi A series 2017. Untuk hape Samsung Galaxy A3 (2017) sudah dilengkapi dengan kamera belakang yang beresolusi 13 megapiksel. Dibanding generasi Galaxy A3 (2016), kamera belakangnya hanya beresolusi 8 megapiksel. Lalu untuk resolusi kamera depan di hape Samsung Galaxy A3 (2017) meningkat menjadi 8 megapiksel dari sebatas resolusi 5 megapiksel di kamera depan Samsung Galaxy A3 (2016).

Di Samsung Galaxy A5 (2016), kamera belakangnya memiliki resolusi 13 megapiksel, sedangkan Galaxy A5 (2017) resolusi kameranya naik menjadi 16 megapiksel. Di kamera depan, hape Samsung Galaxy A5 (2017) mengalami peningkatan resolusi yang cukup signifikan. Jika di generasi Galaxy A5 (2016) hanya berbekal kamera foto selfie sebatas 5 megapikse, kini di Galaxy A5 generasi 2017 sudah meningkat menjadi 16 megapiksel.

Begitu juga pada hape Samsung Galaxy A7 versi 2017. Sama seperti Samsung Galaxy A5 (2017), resolusi kamera depannya juga sudah meningkat menjadi 16 megapiksel dari sebelumnya hanya sebatas 5 megapiksel di Galaxy A7 (2016). Sedangkan kamera belakang, hape Samsung Galaxy A7 (2017) kapasitas resolusinya naik menjadi 16 megapiksel dari 13 megapiksel pada Galaxy A7 (2016).

Proteksi Folder

Samsung telah meningkatkan fitur keamanan di generasi Galaxy A series mereka. Dimana vendor asal Korea Selatan ini sudah menerapkan fitur yang ada di Samsung Galaxy Note 7 ke perangkat Galaxy A series. Fitur keamanan tersebut adalah Secure Filder, yang memungkinkan pengguna memilah-milah file yang hanya dapat diakses oleh pengguna sendiri. Lebih aman, karena pengguna dapat mengunci file menggunakan pola, PIN atau sistem otentikasi biometrik. Hal ini tentunya akan memberikan rasa aman saat pengguna ingin menyimpan file pribadi yang sangat penting.

Upgrade Prosesor dan RAM

Bicara kinerja sebuah hape tidak terlepas dari penggunaan komponen seperti prosesor dan memori RAM. Untuk itu, Samsung telah meningkatkan kapasitas RAM dan meng-upgrade prosesor pada Galaxy A series versi 2017. Di hape Samsung Galaxy A5 dan A7, keduanya akan persenjatai dengan kapasitas RAM 3GB. Dimana pada Galaxy A5 dan A7 generasi sebelumnya hanya dibekali kapasitas memori RAM 2GB. Lalu untuk hape Samsung Galaxy A3, kapasitas RAM meningkat dari sebetas RAM 1,5GB di versi 2016 menjadi RAM 2GB untuk Galaxy A3 generasi 2017.

Sedangkan dari sisi chipset, hape Samsung Galaxy A5 dan A7 versi 2017 hadir dengan prosesor Exynos 7880. Dimana pada Samsung Galaxy A5 dan A7 (2016) menggunakan prosesor Snapdragon 615. Perbedaannya terletak pada kecepatan frekuensi. Lalu hape Samsung Galaxy A3 2017 menanam prosesor 1.5GHz octa-core dibanding Snapdragon 410 di generasi 2016.

Fitur Canggih

Di generasi terbaru dari hape Samsung Galaxy A series ini, Samsung telah menambahkan sejumlah fitur canggih yang sebelumnya diterapkan pada kelas premium mereka. Fitur-fitur tersebut mencakup Samsung Pay, Always On Display dan Samsung Cloud. Semua hape Samsung A-series (2017) akan dilengkapi dengan fitur Samsung Pay, yaitu sebuah fitur yang memungkinkan pengguna melakukan pembayaran yang aman melalui koneksi Near Field Communication (NFC). Lalu fitur Alway On Display memungkinkan pengguna melihat waktu dan kalender tanpa harus mengaktifkan layar. Sedangkan fitur Samsung Cloud, pengguna dapat membuat cadangan data dan gambar yang sudah berbasis cloud.

Baca juga artikel:

Inilah Fitur yang Diharapkan Pada Hape Samsung Galaxy S8

Lensa Samsung Galaxy S7 Tiba-Tiba Pecah Secara Misterius

Hape Samsung Masih Menjadi yang Terlaris di Indonesia

Like us!
Nur Abdillah

Content Writer

2440 Posts

Punya pengalaman di beberapa media yang mengulas gadget, seperti Tabloid SMS, Tabloid Roaming, Majalah Digicom hingga Majalah Techlife. Selalu berusaha berbagi informasi yang akurat dan terupdate seputar teknologi dan gadget.