Huawei Y7 Pro 2019 VS OPPO A3s, Komparasi Hp Terbaik di Bawah Rp2 Juta

Oleh Ardiansyah Hana updated Jumat, 1 Feb 2019 | 16:51

Setelah sukses merilis seri flagship Huawei Mate 20, kini Huawei kembali menyapa penggemarnya melalui kehadiran hp murah bertajuk Huawei Y7 Pro 2019. Menawarkan spesifikasi yang sangat menarik bagi pengguna entry level, hp ini membawa keunggulan di sektor layar, baterai dan kamera.

Sebelum Huawei Y7 Pro 2019 rilis, terdapat produk yang menyasar kelas setara yakni OPPO A3s. Dijual dengan banderol tak jauh berbeda, hp ini juga membawa sederet fitur unggulan yang nyaris setara, baik di sektor kamera, layar maupun baterai.

Jika dibandingkan antara keduanya, manakah hp yang paling layak untuk dibeli? Nah, untuk membantu kamu, Pricebook akan mengulas komparasi antara Huawei Y7 Pro 2019 dan OPPO A3s. Yuk, simak selengkapnya!

Desain Huawei Y7 Pro 2019 VS OPPO A3s

Terkait penampilan, kedua hp ini sama-sama membawa desain kekinian khas anak muda. Untuk Huawei Y7 Pro 2019, smartphone ini tampak lebih besar pada bagian dagu bawah jika dibandingkan dengan OPPO A3s, dibalut dengan material polikarbonat dan memiliki tekstur keramik di bodi belakang yang sangat nyaman untuk digenggam berkat bagian sisi yang cenderung rounded.

Sementara itu, OPPO A3s tampil lebih tegas dengan balutan material yang sama yakni polikarbonat. Hadir dengan dua varian warna seperti red dan dark blue, pola diamond pada bodi belakang OPPO A3s memberikan kesan mewah, sedangkan variasi warna black dan aurora yang menyerupai seri Mate 20 membuat Huawei Y7 Pro 2019 tampil sangat modern dan kekinian.

Layar Notch VS Layar Dewdrop 

Selain desain, kedua hp ini juga menawarkan desain layar berbeda yang sama-sama mengadopsi tren terbaru di industri hp. Pada OPPO A3s, layar yang digunakan dilengkapi dengan notch atau poni berukuran 6.2 inch dengan resolusi 720 x 1520 piksel. Sementara itu, Huawei  Y7 Pro 2019 menggunakan layar dewdrop alias tetesan embun dengan ukuran 6.26 inch dan memiliki resolusi yang sama dan rasio layar yang sama-sama 19:9.

Sama-sama dijalankan pada OS Android 8.0 (Oreo), kedua hp ini memiliki UI costom khusus yang tampil estetik, clean dan ramah pengguna. Pada Huawei  Y7 Pro 2019, hp ini menggunakan EMUI 8.2 yang turut dilengkapi dengan fitur Easy Mode sehingga memudahkan penggunaan, sedangkan OPPO A3s kini sudah didukung dengan ColorOS 5.2 yang sudah terintegrasi dengan Google Assistant dan Google Lens.

Performa Andal dengan Snapdragon 450

Sama-sama menyasar pengguna kalangan bawah, kedua hp ini didukung dengan chipset Qualcomm Snapdragon 450 yang diproses pada fabrikasi 14 nm sehingga andal untuk dipakai gaming dan multitasking. Selain itu, jumlah prosesor yang disematkan pun sama yakni Octa-core 1.8 GHz Cortex-A53 berikut pengolah grafis dari Adreno 506.

Untuk Huawei  Y7 Pro 2019, hp ini turut didukung dengan RAM 3GB dan memori internal, sedangkan OPPO A3s hadir dengan dua varian RAM dan memori internal yakni 2/16GB dan 3/32GB. Sementara itu, perbedaan lainnya terletak pada slot microSD, di mana Huawei  Y7 Pro 2019 hanya dilengkapi dengan slot hybrid sedangkan OPPO A3s memiliki slot microSD yang terpisah sehingga lebih fleksibel.

Dual Kamera untuk Efek Bokeh Keren

Persamaaan lainnya, Huawei  Y7 Pro 2019 dan OPPO A3s menawarkan konfigurasi dual kamera belakang yang diletakkan secara vertikal. Sama-sama membawa dua sensor berukuran 13 MP + 2 MP (depth sensor), perbedaannya sendiri terletak pada bukaan lensa lebih besar berukuran f/1.8 dan ketersediaan fitur PDAF pada Huawei  Y7 Pro 2019 yang lebih bisa diandalkan saat ingin memotret pada kondisi cahaya minim.

Tak hanya kamera belakang, kamera depan pada kedua hp ini juga terdapat perbedaan. Jika OPPO A3s hanya didukung kamera depan berukuran 8 MP,  Huawei  Y7 Pro 2019 tampil lebih unggul dengan kamera depan 16 MP. Meskipun resolusi kamera depan dari kedua hp ini berbeda, namun OPPO A3s dan Huawei  Y7 Pro 2019 sama-sama sudah didukung teknologi AI sehingga kemampuannya dalam memproses gambar jauh lebih maksimal.

Fitur Face Unlock dan Baterai Besar

 

Meskipun fitur sensor sidik jari absen pada kedua hp ini, namun OPPO A3s dan Huawei  Y7 Pro 2019 sudah dilengkapi fitur keamanan berupa Face Unlock. Melalui fitur tersebut, kamu bisa membuka kunci layar cukup dengan menatap ke arah layar hp.

Beralih ke sektor baterai, terdapat sedikit perbedaan antara kedua hp ini. Untuk Huawei  Y7 Pro 2019, kapasitas baterai yang disematkan adalah 4.000 mAh, sedangkan OPPO A3s dilengkapi dengan baterai yang kapasitasnya sedikit lebih besar yakni 4230 mAh.

Kesimpulan dan Harga

 

Menyajikan fitur yang nyaris mirip, Huawei  Y7 Pro 2019 sangat pas untuk kamu yang sedang mencari hp dengan kemampuan kamera mumpuni, layar besar dan desain trendi karena varian warna Aurora cukup menyerupai penampilan Huawei Mate 20 series. Sementara itu, OPPO A3s sangat pas dipilih oleh kamu yang mengutamakan kapasitas baterai besar dan ketersediaan dedicated slot sehingga bisa mengaktifkan dua kartu SIM dan kartu microSD secara bersamaan.

Terkait harga, saat ini Huawei  Y7 Pro 2019 bisa kamu beli dengan banderol Rp2.199, sedangkan OPPO A3s varian RAM 2GB dijual dengan banderol termurah Rp1.650.000 dan varian RAM 3GB dibanderol mulai Rp2.000.000.

Artikel Lainnya

Komentar