Diperbaharui pada Selasa, 18 Juli 2017 | 11:08

Adu Spesifikasi Oppo Neo 9 vs Vivo Y53, Pilih Mana?

Harga Oppo Neo 9 memang sedikit lebih mahal, tapi soal spesifikasi Oppo Neo 9 dan Vivo Y53 tidak jauh berbeda.

Kedua hape ini sama-sama berasal dari vedor asal Tiongkok, yaitu Oppo dan Vivo, yang saat ini banyak diburu konsumen Indonesia. Keduanya juga sangat gencar berpromosi untuk menarik minat pengguna.

Apalagi mereka termasuk konsisten mengeluarkan hape berkualitas dengan fitur selfie sebagai keunggulan utama, dimana tren selfie sampai saat ini masih sangat diminati di pasaran. Untuk produk kelas menengah, Oppo dan vivo memiliki jagoan masing-masing.

Dengan rentang harga Rp 1,5 – Rp 1,8 juta Anda bisa membeli hape selfie Oppo Neo 9 atau Vivo Y53 yang memiliki kemampuan cukup baik. Berikut ulasan perbandingan fitur dan spesifikasi keduanya.

Desain


Hape selfie Oppo Neo 9 dan Vivo Y53 sama-sama menawarkan desain unibody berbahan plastik yang jika dilihat keduanya tampil mirip. Untuk hape Oppo A37 memiliki dimensi berukuran 143.1 x 71 x 7.7 mm dengan berat 136 gram, sedangkan hape Vivo berukuran 144.2 x 71.4 x 7.64 mm dengan berat 137 gram.

Meskipun keduanya memiliki desain identik, namun Oppo Neo 9 hadir dengan lapisan kaca 2.5D dan Corning Gorilla Glass 4. Sementara itu, Vivo Y53 tidak menyematkan kedua komponen tersebut.

Layar dan Kamera


Sama-sama mengadopsi panel IPS seluas 5 inch, perbedaan kedua hape ini terletak pada resolusi yang dihadirkannya. Berdasarkan spesifikasi Oppo Neo 9 menggunakan resolusi HD 1280 x 720 piksel dengan kerapatan 294 ppi, sementara Vivo Y53 hanya sebatas memakai resolusi qHD 960 x 540 piksel dengan kerapatan 220 ppi.

Mengandalkan fitur selfie, kedua hape ini memasang konfigurasi kamera dengan sensor 5MP pada bagian depannya. Yang menarik, keduanya dilengkapi kamera depan dengan fitur screen flash yang tentu saja bisa membantu produksi gambar saat dipakai memotret di kondisi minim cahaya, serta terintegrasi dengan fitur Beuatify untuk mempercantik hasil gambar.

Sementara itu, kamera belakang kedua hape ini memiliki resolusi 8MP yang disertai dengan fitur LED flash, fitur HDR, double exposure, mode manual dan mode video beresolusi full HD 1080p.

Performa dan Fitur


Untuk hape Oppo Neo 9 berjalan dengan OS Android 5.1 Lollipop yang dikostumisasi menjadi Color OS 3.0, didukung chipset Qualcomm Snapdragon 410 dengan prosesor Quad-core 1.2 GHz Cortex-A53, RAM 2GB dan memori internal 16GB.

Sementara itu, Vivo Y53 yang dirilis lebih baru mempunyai performa yang lebih andal karena sudah dijalankan pada OS Android 6.0 Marsmallow melalui kostumisasi FunTouch OS 3.0 dengan chipset Qualcomm Snapdragon 425 Quad-core 1.4 GHz yang tentu saja menghadirkan performa lebih kencang, serta RAM 2GB dan memori internal 16GB.

Menggunakan OS custom, kedua hape selfie ini pun memiliki fitur-fitur unggulan yang tidak dimilki oleh hape merek lain. Di Oppo A37, Anda bisa menggunakan fitur seperti eye-protection untuk melindungi mata supaya tidak lelah saat memainkan hape dalam waktu lama, fitur double tap to wake, custom theme, power saving dan berbagai gesture untuk mengakses fitur hape dalam waktu cepat.

Di Vivo Y53 Anda pun bisa menemukan fitur serupa, namun Vivo Y53 memiliki fitur khusus lain yakni App Clone yang memungkinkan Anda menggandakan aplikasi seperti WhatsApp, LINE ataupun Facebook sehingga memungkinkan untuk login dua akun berbeda dalam satu hape.

Konektivitas dan Baterai

Kedua hape selfie ini memiliki dukungan fitur dual SIM yang mendukung jaringan 4G LTE untuk semua operator di Indonesia. Asyiknya, kedua slot SIM card tersebut masih dilengkapi dengan slot microSD hingga 256GB, tidak menggunakan slot hybrid seperti hape mid-range kebanyakan sehingga Anda akan lebih leluasa. Sisanya, fitur konektivitas di kedua hape ini adalah port microUSB 2.0, Wi-Fi 802.11 a/b/g/n, Bluetooth 4.0 untuk OPPO A37, Bluetooth 4.2 untuk Vivo Y53, serta fitur Radio FM.

Untuk sektor baterai, hape selfie Oppo Neo 9 A37 mengandalkan baterai non-removable berkapasitas 2630 mAh. Sementara itu, Vivo Y53 memiliki kapasitas baterai yang sedikit lebih kecil, yakni 2.500 mAh saja. 

Review Vivo Y53 dari User

Rocky Walker

Saya memakai Vivo Y53 ini sekitar 1bulan, banyak yang bagus dan menyamankan pengguna dari gadget ini. Pertama untuk proses multitasking dengan banyak aplikasi, gak pernah terjadi force close ataupun lemot. Selain itu ukurannya juga cukup pas di genggaman, nyaman di bawa kemanapun. Dari kamera juga jernih dan nggak blur ataupun kotakkotak kalau di zoom, tapi sepertinya kamera belakang ini sensitif sama cahaya.

Jadi kalau di pake ambil gambar dan terpapar pantulan cahaya juga agak kabur, kamera depan oke, ketahanan baterai sekitar 6jam an full pakai paket data dan multi aplikasi ,streaming,chatting ,music ,sampai disambung di speaker activ. Lumayan tahan lah dengan baterai ukuran segini. kalau untuk sinyal standar ya, sudah saya coba di daerah yang memang agak susah sinyalnya juga ikut down. Tatap muka gadget ini di bekali dengan perlindungan mata, bagi kamu yang suka game pasti bisa mengurangi resiko nih. Pokoknya recommended lah.

Review Oppo Neo 9 dari User

Tuti Supriatin

Dear pricebook hari ini saya mau review tentang Oppo Neo 9. Harganya kece banget dibandrol sedemikian murah atau sedang promo kali ya sekarang. Dengan semua kemudahan yang ditawarkan oppo neo 9 harga terbilang murah. Saya pecinta oppo sejak oppo baru dirilis saya sudah mencobanya. 

Dan sekarang memang saya lagi pake oppo neo 9 dari segi kamera untuk penggila selfie dan photografhy seperti saya sangat memuaskan, RAM juga lebih besar dari oppo di awal rilisnya dulu jadi ga khawatir HP cepat penuh, memory jg wow 16GB internal masih bisa ditambah pula dengan memory SD, kecepatan juga kece sejauh ini bebas hambatan, tampilan & desain elegan dan manis minimalis dengan dua warna yang ditawarkan(saya pake gold).

Layar pas puas nggak kecil dan nggak terlalu besar karena saya memang tidak terlalu suka yang berlebihan :D.. Tidak banyak kata pokoknya bagus menurut saya, recomend dech buat yang cari HP harga murah kualitas wah. 

Kesimpulan

Kedua hape selfie diatas hadir menyasar segmen mid-range dengan harga jual dibawah Rp2 jutaan. Memiliki desain yang cukup identik, perbedaan spesifikasi Oppo Neo 9 dan Vivo Y53 terletak pada resolusi layar yang lebih tinggi serta baterai berkapasitas lebih besar. Sementara Vivo Y53 menawarkan performa lebih kencang dengan penggunaan OS yang lebih baru.

Nama Harga di Pasaran Ukuran Layar Detail Prosesor OS Version RAM Memori Internal GPU Resolusi Kamera Belakang Kapasitas Baterai
OPPO A37 Neo 9 RAM 2GB ROM 16GB Rp 599.000 5 inch Snapdragon 410 5.1.1 2 GB 16 GB Adreno 306 8 MP 2630 mAh
Vivo Y53 RAM 2GB ROM 16GB Rp 1.570.000 5 inch Snapdragon 425 6 2 GB 16 GB Adreno 308 8 MP 2500 mAh
Tabel dapat digeser kiri atau kanan

Baca juga artikel 
Perbandingan Spesifikasi dan Harga Hape Xiaomi Redmi 4A, 4X, Redmi 4 Prime 
Perbandingan Samsung Galaxy S8+ dan Samsung Galaxy S7 Edge, Mana yang Unggul? 
Perbandingan Samsung Galaxy A5 2017 dan Samsung Galaxy S7, Mana Yang Unggul?  
Like us!
Ardiansyah Hana

Contributor

787 Posts