Diperbaharui pada Senin, 3 April 2017 | 10:44

Perbandingan Samsung Galaxy S8+ dan Samsung Galaxy S7 Edge, Mana yang Unggul?

Image via Gizmodo.co.uk

Saat ini semua aspek dalam pembuatan sebuah smartphone telah berkembang dengan pesat. Kian banyak produsen yang berani menghadirkan hal berbeda dengan produsen lainnya guna menghadirkan produk terbaik. Sebut saja beberapa produsen yang mulai menerapkan baterai besar dalam desain smartphone yang tetap ramping. Tidak hanya itu, beberapa produsen juga mulai bermain di sektor layar yang kian lebar guna memenuhi keinginan pasar.

Tahun lalu, Samsung menghadirkan ponsel layar lebar dengan ukuran 5,5 inci. Smartphone ini pun langsung menarik perhatian banyak orang, bahkan memberikan imbas pada tren smartphone saat ini. Tidak hanya itu, Samsung pun menghadirkan teknologi layar lengkung dalam Galaxy S7 Edge yang juga cukup dilirik banyak produsen dan tentu konsumen.

Samsung pun tertarik mengadopsi kesuksesan S7 Edge dengan menghadirkan desain yang lebih segar dalam seri Samsung Galaxy S8+ 2017. Ponsel premium terbaru ini juga hadir dengan layar yang lebar serta spesifikasi lebih update agar kian nyaman digunakan dan bisa melebihi kesuksesan dari seri Galaxy S7 Edge.

Berikut Pricebook sajikan perbandingan Samsung Galaxy S8+ 2017 dengan Samsung Galaxy S7 Edge? Mana yang lebih unggul?

Desain

Desain Layar lengkung memang sudah tidak didominasi oleh Samsung. Namun tetap saja sulit untuk menemukan produk smartphone layar lengkung yang tampil memukau dengan performa terbaik. Dibagian desain kedua ponsel Android terbaru ini sekilas memang mirip satu sama lain pada beberapa bagian. Bedanya, ponsel premium terbaru ini hadir dengan bezel yang lebih tipis. Dimensi S8+ juga lebih besar namun tetap ramping sehingga masih nyaman digunakan. Apalagi berat yang ringan pada hape Samsung terbaru dikarenakan penggunaan rangka metal baru.

Image via Gizmodo.co.uk

Kedua phablet sudah dibekali sertifikat IP68. Keduanya juga menggunakan bodi metal premium dan dilapis kaca serta pinggiran metalik. Kedua ponsel terbaru Samsung ini juga hadir dengan berbagai macam warna bodi.

Perbedaan paling mencolok pada kedua smartphone terletak pada bagian tombol home. Pasalnya  Samsung Galaxy S7 Edge menggunakan tombol home fisik dibawah layar. Berbeda dengan samsung Galaxy S8+ yang menggunakan tombol on screen. Hal ini membuat fingerprint scanner dipindahkan ke bagian bodi belakang. Selain itu, Samsung juga mengubah letak dari USB Type C agar mudah dijangkau. Ini memang sinyal dari modernisasi desain Samsung.

Layar

Bagian ini memang mirip namun sekaligus berbeda. Ponsel Samsung terbaru, Samsung Galaxy S8+ menghadirkan layar yang lebar dibanding Galaxy S7 Edge. Phablet premium ini menggunakan layar 6,2 inci dengan teknologi AMOLED dan resolusi Quad HD+ 2960 x 1440. Layar ini bahkan sudah support konten video HDR.

Sedangkan Galaxy S7 Edge hadir dengan layar berukuran lebih ringkas yakni 5,5 inci. Layar ini sudah disokong teknologi Super AMOLED dan resolusi QHD. Dengan resolusi layar yang lebih rapat, ponsel ini mampu menampilkan gambar dan video lebih jelas.

Kedua ponsel  juga sudah dibekali fitur Always on Display yang membuat pengguna bisa melihat waktu dan notifikasi tanpa repot membuka kunci layar.

Prosesor

Samsung menghadirkan mesin yang tangguh pada kedua ponsel Android terbaru ini. ponsel layar lebar ini menggunakan prosesor 64-bit. Untuk versi Amerika, Samsung menghadirkan chipset Snapdragon 835 dan RAM 4GB. Untuk versi global, hape Samsung ini menggunakan chipset Exynos 8895 dengan RAM 4GB. Kedua smartphone juga akan disokong memori internal 64GB dengan tambahan slot microSD.

Sementara itu Samsung memasang chipset Samsung Exynos 8890 pada Samsung Galaxy S7. Prosesor octa-core ini akan disokong RAM 4GB sehingga performanya cukup cepat untuk multitasking dan bermain game. Samsung juga menghadirkan versi Amerika dengan chipset yang sama yakni Snapdragon 820.

Untuk penggunaan harian, kedua smartphone 4G ini tampak tidak berbeda jauh. Namun kala digunakan untuk bermain game atau multitasking, tampak Samsung Galaxy S8 lebih unggul dengan chipset gahar berkecepatan tinggi.

Dibagian sistem operasi, Samsung Galaxy S8 dan S8+ akan menggunakan OS Android 7.0 Nougat dengan UI Touchwiz baru. Samsung juga memperharui bagian user interface. UI Samsung kini nampak lebih minimalis dan terkesan segar. Samsung bahkan mendesain ulang setiap ikon agar kian menarik. Samsung juga menghadirkan tweaks baru agar user interface kian responsive dan halus.

Untuk sistem operasi ponsel Samsung Galaxy S7 Edge menggunakan sistem operasi lama, Android 6.0 Marshmallow. Tidak lupa memori penyimpanan Samsung Galaxy S7 menggunakan memori internal 32 atau 64GB. Pengguna pun kian dimanjakan dengan hadirnya slot microSD untuk memori tambahan.

Kamera

Samsung galaxy S8 dan S8+ hadir dengan kamera yang sama tangguh yakni kamera utama 12 MP dan kamera depan 8 MP.  Smartphone buatan Samsung ini pun hadir dengan kamera depan berteknologi baru yang siap memanjakan pecinta selfie. Samsung membenahi kamera depan dengan memasang resolusi 8 MP. Berbeda dengan kamera depan kebanyakan, Samsung sudah menghadirkan face detection autofocus yang akan secara cepat mencari wajah dan menguncinya. Hal ini membuat foto selfie kian jelas dan detail.

Sedangkan Samsung mengandalkan kamera utama 12 MP dengan sensor dual pixel pada Galaxy S7 Edge. Kamera utama sudah dibekali fitur 4K Video. Untuk kamera depan, Samsung juga mengandalkan kamera 5 MP untuk selfie. Kamera ini sudah cukup tangguh untuk memotret dan merekam harian.

Baterai

Untuk Samsung Galaxy S8+ menggunakan kapasitas 3500 mAh. Sedangkan, Samsung Galaxy S7 Edge menggunakan baterai lebih besar yakni 3600 mAh. Memang sektor ini tidak terlalu mengesankan. Namun, dengan prosesor baru yang lebih hemat daya, baterai dalam S8+ ini dirasa sudah mencukupi kebutuhan pengguna saat ini.

Sistem Keamanan

Samsung cukup serius menawarkan perubahan dalam seri Galaxy terbaru ini. Samsung bahkan menghadirkan sistem keamanan baru. Samsung kembali menempatkan fitur keamanan iris scanner yang lebih sempurna. Ponsel Android terbaru ini juga sudah support untuk facial recognition yang cepat. Tentu menarik, bisa merasakan sistem keamanan bercitarasa mahal dalam seri Galaxy S8+ terbaru.

Kedua smartphone premium Samsung ini sama-sama dibekali fingerprint sensor. Bedanya, Samsung Galaxy S7 Edge menempatkan sensor ini pada tombol home. 

Kesimpulan

JIka kamu sejak awal menyukai Samsung Galaxy S7 Edge, tentu kamu akan lebih menyukai dalam S8+. Pasalnya, Samsung menghadirkan desain yang lebih modern, termasuk hadirnya tombol on-screen hingga sistem keamanan pemindai mata. Namun, jika kamu mencari layar yang lebih ringkas, tampaknya seri Samsung galaxy S7 Edge lebih tepat dipilih. beberapa hal yang membuat Samsung S8+ lebih unggul dari S7 Edge ialah hadirnya asisten virtual Bixby dan kamera depan yang lebih baik.

Nama Harga di Pasaran Ukuran Layar Detail Prosesor OS Version RAM Memori Internal GPU Resolusi Kamera Belakang Kapasitas Baterai
Samsung Galaxy S8 Plus RAM 4GB ROM 64GB belum ada harga 6.2 inch 8895 7 4 GB 64 GB Mali-G71 MP20 12 MP 3500 mAh
Samsung Galaxy S7 Edge G935FD 64GB belum ada harga 5.5 inch Snapdragon 820 6 4 GB 64 GB Mali-T880 MP12 12 MP 3600 mAh
Tabel dapat digeser kiri atau kanan

Baca juga artikel:
Mengenal Fitur-fitur Samsung Galaxy S8 dan Galaxy S8+
Spesifikasi dan Harga S8 dan S8 Plus, Resmi!
Gambaran Singkat Perbandingan Spesifikasi Samsung Galaxy S8 dan LG G6
Like us!
Aris Wibowo

Contributor

3478 Posts