Rangkuman Acara Google Nexus 2015 29 September Lalu

Oleh Aris Wibowo on Rabu, 30 Sep 2015 | 10:21

Semalam Google akhirnya menghadirkan acara besar yang ditunggu banyak pihak yakni Google Nexus Event. Dalam acara tersebut, Google memperkenalkan beberapa produk terbarunya yang selama ini menjadi rumor. Namun, Sayangnya tidak ada kejutan berarti dalam acara tersebut mengingat detail produk sudah lama bocor ke publik.

Dalam acara tersebut, Google mengumumkan secara resmi kehadirkan dua smartphone Nexus 2015 terbaru. Tak hanya itu, Google juga memperkenalkan Chromecast terbaru. Dan sedikit di luar perkiraan, Google juga mengumumkan tablet Android terbaru.

Lalu, apa saja yang disuguhkan dalam Google Event semalam? Berikut selengkapnya.

Nexus 6P – Smartphone Premium Terbaru Google

Nexus 6P

Seperti yang diharapkan sebelumnya, Google akhirnya menghadirkan generasi baru Nexus dengan sejumlah peningkatan hardware dan sistem. Nexus 6P menjadi salah satu smartphone premium baru dari Google. Mengusung bodi metal dengan tebal hanya 7,3 mm saja, ponsel ini dibekali Fingerprint sensor di bagian bodi belakang. Google juga menggunakan USB type C pada smartphone ini agar mengisi daya lebih cepat.

Pada bagian layar Google menggunakan layar berukuran 5,7 inci dengan teknologi QuadHD 1440 x 2560 pixels dan dilindungi Gorilla Glass 4. Untuk dapur pacu, Nexus 6P menggunakan chipset Qualcomm Snapdragon 810 dengan kecepatan 2 Ghz. Prosesor ini merupakan seri revisi 2.1 sehingga tidak menimbulkan overheating. Prosesor ini akan disokong RAM 3 GB dan GPU Adreno. Untuk sistem operasi hadir dengan OS Android Marshmallow.

Untuk memori penyimpanan, Google memang tidak menyediakan slot microSD namun menghadirkan pilihan memori internal yang beragam mulai 32 , 64 dan 128 GB. Untuk sektor kamera, Nexus 6P dibekali kamera utama 12,3 MP dan kamera depan 8 MP. Dengan bekal Sensor Sony membuat kamera ini cukup baik untuk digunakan memotret malam hari.

Baca juga: Daftar HP Android yang Dapat Update Android 6.0 Marsmallow 2015

Smartphone ini akan dijual dengan kisaran harga $499 atau sekitar Rp 7,3 jutaan untuk varian 32GB, $549 atau senilai Rp 8 jutaan untuk 64GB dan $649 atau setara dengan Rp 9,5 jutaan untuk 128GB.

Nexus 5X – Smartphone Kelas Menengah Fitur Mewah

Nexus 5X

Nexus 5X merupakan generasi penerus dari LG Nexus 5 sebelumnya. Google juga menghadirkan ubahan yang cukup banyak pada varian ini. Meski tidak menggunakan bodi metal, smartphone ini juga hadir dengan fingerprint sensor pada bodi belakang. Google juga menggunakan USB type C pada smartphone ini agar perpindahan data lebih cepat. Menariknya, terdapat front facing speaker yang semakin memanjakan telinga pengguna.

Menyasar kelas menengah, Nexus 5X hadir dengan spesifikasi yang cukup mumpuni. Google menggunakan layar berukuran 5,2 inci teknologi IPS dengan resolusi Full HD 1080 x 1920 pixels. Pada sektor mesin, Google menggunakan chipset Qualcomm Snapdragon 808 Hexa core berkecepatan 2 GHz. Meski tak segahar saudaranya Nexus 6P, smartphone Google ini juga sudah disokong RAM 2 GB. untuk sistem operasi, Google menghadirkan OS Android terbaru, Android 6.0 Marshmallow.

Pada bagian memori penyimpanan, Nexus 5X hadir dengan memori 16 dan 32 GB saja tanpa slot microSD. Untuk kamera, Google menghadirkan kamera utama 12,3 MP dengan 1,55 micron pixels. Sementara itu pada bagian depan terpasang kamera 5 MP. Dengan sokongan baterai 2700 mAh, diharapkan smartphone ini nyaman digunakan cukup lama.

Menengok spesifikasi yang ditawarkan di bawah Nexus 6P, Nexus 5X tampaknya memang dipersiapkan untuk kelas menengah harga $379 atau sekitar Rp 5,6 jutaan untuk varian 16GB dan $429 atau setara dengan Rp 6,3 jutaan untuk varian 32GB.  Kabarnya kedua Ponsel Nexus ini akan mulai dipasarkan awal Oktober.

Android 6.0 Marshmallow Resmi Dipasarkan 5 Oktober 2015

Dalam event tersebut, Google juga memperkenalkan secara resmi sistem Android terbarunya, Android 6.0 Marshmallow. Kabarnya, sistem ini akan segera dilepas ke publik minggu depan. Jika menurut rumor yang berkembang sekitar tanggal 5 Oktober. Dalam sistem ini, Google menghadirkan pembaharuan yang cukup banyak dari sistem operasi Android Lollipop.

Baca juga: Yang Perlu Kamu Tahu Tentang Google Nexus 6P dan Nexus 5X

Dengan sistem ini, pengguna bisa menikmati fungsionalitas sistem Android yang lebih baik, peningkatan baterai yang lebih hemat hingga pengaturan keamanan yang lebih terjamin. Fitur yang cukup dinanti ialah Google Now On Tap. Fitur ini akan terintegrasi dari Google Searches dan interaksi suara ke dalam aplikasi-aplikasi.

Bersyukurlah untuk kamu pemilik Nexus karena akan mendapat prioritas lebih dulu dalam update sistem Android 6.0 ini.

Chromecast baru

 

Google Chromecast

Google dalam ajang ini juga memperkenalkan Chromecast baru yang semakin apik menampilkan layanan streaming. Dalam perangkat ini support 5 GHz WiFi yang membuat koneksi makin cepat dan stabil. Hadir dengan dimensi yang lebih kecil nan stylis. Hadir dengan pilihan warna merah, kuning dan hitam, chromecast terbaru akan dipasarkan ke 17 negara awal bulan depan.

Selain menghadiran produk baru, Google juga menawarkan aplikasi terbary dan update untuk Chromecast. Salah satu fitur paling baru tentu fitur Fast Play yang memungkinkan kamu menonton video lebih cepat. Hal ini disebabkan, Google akan menyimpan cache video terlebih dahulu sebelum kamu menontonnya. Ada juga fitur Whats on yang merupakan fitur untuk menunjukkan video paling populer saat ini di youtube ataupun Netflix. Kabarnya, fitur baru lainnya akan segera menyusul awal tahun depan.

Pixel C – tablet Penantang Microsoft Surface

Pixel C

Ini  mungkin menjadi sedikit kejutan dalam ajang Google Nexus semalam. Awalnya, banyak yang memperkirakan tablet ini akan diluncurkan akhir tahun karena tidak termasuk keluarga Nexus. Namun, Google mempercepat itu semua dan memperkenalkan tablet terbaru Pixel C semalam.

Tablet Android Pixel C merupakan tablet layar lebar dengan layar 10,2 inci. Pada bagian mesin, terpasang mesin NVIDIA X1 dengan sokongan RAM 3 GB. Menariknya, selain hadir dengan OS Android 6.0, tablet ini juga dibekali tambahan keyboard. Sehingga banyak yang menyebutkan ini dipersiapkan untuk menjadi lawan Microsoft surface terbaru nantinya.

 

Baca juga artikel

Google Pixel C, Tablet Hybrid Meluncur di Acara Google Nexus 2015

Usai Nexus 2015, Google Umumkan Chromecast 2 Seharga Rp 500an Ribu

Harga Nexus 6P Lebih Mahal dari Nexus 5X

Artikel Lainnya

Komentar