Diperbaharui pada Selasa, 18 Juli 2017 | 17:10

10 Fitur Rahasia Xiaomi Redmi Note 4 yang Jarang Diketahui


Fitur-fitur ini sangat berguna bagi pengguna Xiaomi Redmi Note 4, terutama bagi pengguna yang baru pertama memakai hape Xiaomi.

Xiaomi Redmi Note 4 yang menggunakan prosesor Qualcomm Snapdragon 625 menjadi salah satu varian smartphone xiaomi yang dirilis secara resmi untuk pasar Indonesia. Perangkat ini menjadi penerus dari Xiaomi Redmi Note 3 yang cukup sukses merebut hati konsumen, Apalagi dengan garansi resmi dari TAM konsumen tidak perlu lagi khawatir mengenai layanan purna jual. 

Spesifikasi Xiaomi Redmi Note 4 memang memiliki kualitas yang bisa diandalkan. Karena hape ini memang dibekali dengan perangkat keras yang mumpuni dan dipasarkan cukup terjangkau. Bahkan banyak fitur terkini dan cukup inovatif yang sudah dibenamkan.

Namun apakah pengguna Xiaomi Redmi Note 4 sudah menggunakan semua fitur di perangkat ini? Untuk itu berikut kami ulas 10 fitur di Xiaomi Redmi Note 4 yang jarang diketahui, terutama oleh pengguna yang pertama kali memakai hape Xiaomi.

1. Three Finger Screenshot


Fitur di Xiaomi Redmi Note 4 ini memungkinkan Anda melakukan screenshot hanya dengan menyapu 3 jari diatas layar. Jika perangkat belum terseting fitur ini, Anda bisa menyapu (swipe) layar menggunakan tiga jari. Setelah muncul notifikasi, pilih ‘Turn on in the Setting’ lalu centang pilihan ke posisi on. Atau bisa juga dengan cara :

Masuk ke Setting > Additional setting > Screenshot (centang ke on)

2. Memindahkan Tampilan dari Kanan ke Kiri


Fitur ini memungkinkan Anda memindahkan tampilan (notifikasi, menu dan lainnya) dari posisi kanan ke kiri. Cukup unik dan memberikan tampilan yang berbeda, namun sedikit membingungkan saat pertama kali menggunakannya. Untuk memanfaatkannya, Anda harus mengaktifkan menu Developer Options terlebih dahulu  dengan cara :

Masuk ke Setting > About Phone > MIUI Version (tap sebanyak 7 kali)

Setelah itu Anda bisa mengaktifkan fitur ini, caranya :

Masuk ke Setting > Additional Setting > Developer Options > Force RTL layout direction (centang ke on)

3. Pocket Mode


Fitur ini akan mengamankan penguncian layar saat berada di dalam saku ataupun tempat lain. Karena ada beberapa kejadian pengguna yang mengalami hape melakukan panggilan atau aktif terus saat berada di dalam saku. Hal ini bisa jadi disebabkan karena adanya gesekan layar atau goyangan yang membuat penguncian layar terbuka.

Dengan mengaktifkan fitur Pocket Mode, layar akan tetap terkunci sekalipun terkena gesekan. Berikut caranya :

Masuk ke Setting > Lock screen & password > Advanced setting > Pocket Mode (centang ke on)

4. Menyusun Toggle Position Sesuai Keinginan


Fitur ini memungkinkan Anda mengatur dan menyusun toggle positions sesuai keinginan dengan memindahkan atau bertukar posisi. Toggle notification merupakan akses cepat untuk menu tertentu tanpa harus masuk ke menu setting.

Toggle positions ini dapat diakses dengan menyapu layar dari atas ke bawah, maka akan terlihat sejumlah ikon untuk akses cepat. Namun tidak semua menu dapat ditampilkan, sehingga harus Anda susun sesuai dengan kebutuhan. Untuk memindahkan atau menyusun toggle positions :

Masuk ke Setting > Notifications & status bar > Toggle positions > Tekan lama pada menu yang akan dipindahkan lalu geser ke atas atau posisi yang diinginkan sambil tetap menekan menu tersebut.

5. Menutup Toggle Positions Otomatis


Fitur ini terkait dengan Toggle Positions. Dimana setelah Anda men-tap akses cepat dengan menyapu jari dari atas kebawah maka toggle akan menutup otomatis. Caranya :

Masuk ke Setting > Notifications & status bar > Collapse after touch (centang ke on)

6. Informasi Perangkat dan Tes Hardware


Fitur ini berguna bagi Anda yang baru membeli hape Xiaomi Redmi Note 4 untuk mengetahui semua informasi mengenai perangkat. Termasuk melakukan pengecekan apakah semua komponen berjalan normal. Semua komponen dan fungsi bisa Anda cek, seperti layar, lampu led, sensor, kamera dan lainnya. Caranya :

Masuk ke Setting > About phone > Kernel versions (tap 5x)

7. Headphone Sebagai Kontrol Playback

Fitur ini memungkinkan Anda dapat mengontrol pemutar musik dari headphone. Sehingga tidak perlu memegang hape hanya untuk mengganti lagu atau hal lainnya. Caranya :

Masuk ke Setting > Sound & vibrations > Audio Setting > Headphone remote buttons > Control music playback

8. Force closed apps


Aplikasi yang telah dibuka dapat langsung dinonaktifkan dari background hanya dengan menekan lama tombol ‘back’. Kelebihannya lebih mudah menutup aplikasi di background (forced close) tanpa harus masuk ke setting. Dan tentunya lebih menghemat memori RAM, sehingga perangkat dapat tetap berjalan lancar saat membuka beberapa aplikasi lain. Caranya :

Masuk ke Setting > Additional setting > Button > Back > Close current app

9. Tandai Foto dengan Tanggal


Fitur ini memungkinkan foto hasil jepretan kamera ditandai dengan tanggal. Hal ini akan sangat berguna untuk mengetahui kapan sebuah foto dihasilkan. Caranya :

Buka aplikasi kamera > Modes > klik setting di ujung kanan atas > Add time stamp in photo (centang ke on)

10. Double Tap 2 Wake

Fitur yang terbilang lama namun kegunaannya masih sangat dirasakan dan fitur Tap 2 wake tidak ada di semua hape Xiaomi. Fungsi fitur ini sangat berguna ketika ingin membuka layar yang diletakkan diatas meja dan Anda malas untuk menggunakan sensor fingerprint. Caranya :

Masuk ke Setting > Display > Double tap screen to wake (centang ke on)

Itulah 10 fitur Xiaomi Redmi Note 4 yan cukup berguna dan mungkin ada sebagian pengguna yang tidak mengetahuinya atau belum memanfaatkannya.

Kriteria Spesifikasi
4G Network LTE band 1(2100), 3(1800), 5(850), 8(900), 38(2600), 40(2300), 41(2500)
Ukuran Layar 5.5 inch
OS Version 6
Detail Prosesor Snapdragon 625
Jumlah Core Octa Core
Kecepatan CPU 2 GHz
GPU Adreno 506
RAM 3 GB
Memori Internal 32 GB
Resolusi Kamera Belakang 13 MP
Resolusi Kamera Depan 5 MP
Kapasitas Baterai 4100 mAh
Tabel dapat digeser kiri atau kanan

 
Like us!
Nur Abdillah

Content Writer

2423 Posts

Punya pengalaman di beberapa media yang mengulas gadget, seperti Tabloid SMS, Tabloid Roaming, Majalah Digicom hingga Majalah Techlife. Selalu berusaha berbagi informasi yang akurat dan terupdate seputar teknologi dan gadget.