Diperbaharui pada Selasa, 13 Juni 2023 | 14:25

6 Cara Menambahkan Lagu di Story IG Biar Lebih Keren!

cara menambah lagu pada instagram storyFoto: Pexels

Sejak awal kemunculannya, fitur instastory milik Instagram memang menawarkan banyak nilai lebih. Alhasil pengguna IG pun terus bertambah dan semakin asyik menciptakan story yang unik dari hari ke hari.

Salah satu yang seru, kamu bisa menambahkan musik atau lagu di story IG dengan cara yang mudah. Dimana hasilnya bisa kamu share ke orang lain.

Dengan penambahan musik atau lagi di story IG pastinya akan membuat story IG kamu jauh lebih menarik. Kamu bisa menambahkan musik atau lagu favorit ke dalam story.

Buat kamu yang belum tau, berikut cara menambahkan lagu di story IG dan bisa di share ke orang lain. Yuuk simak ulasan di bawah ini.

Cara Menambahkan Lagu ke Story IG Secara Langsung

Story (Snapgram) pada dasarnya merekam momen tertentu dengan durasi yang singkat (hanya 3-60 detik). Maka cara paling mudah untuk menambahkan lagu ke stories kita ialah merekamnya bersamaan dengan momen yang ingin kita rekam.

Cara ini memang belum tentu dapat menghasilkan suara lagu yang bagus. Meskipun begitu tetap patut kamu coba selagi cara ini begitu mudah dan mengasyikkan.

1. Menambahkan Lagu pada Hp Android

Jika kamu menggunakan hp Android, cara ini pasti bisa kamu lakukan dengan mudah. Pertama-tama buka aplikasi pemutar lagu seperti Google Play Music atau aplikasi pemutar lagu lainnya.

Carilah lagu yang ingin kamu jadikan lagu di Instagram stories-mu. Tentukan juga mulai bagian mana kamu akan menambahkan lagu tersebut.

Jika sudah lakukan pause sebelum memasuki bagian lagu yang kamu inginkan. Setelah itu bukalah aplikasi Instagram dan tap ikon kamera di pojok kiri atas (untuk membuka menu stories).

Lewat bar notifications, mainkanlah lagu tersebut dengan menekan tombol play. Jika lagu sudah dimulai, kamu bisa langsung merekam stories-mu seperti biasa yakni dengan menekan tombol kamera di bagian bawah.

Stories-mu pun akan segera terisi dengan lagu yang kamu mainkan bersamaan secara otomatis

2. Menambahkan Lagu pada Hp iOS

Adapun jika kamu menggunakan smartphone iOS, cara menambahkan lagu ke Instagram secara langsung ini hampir mirip-mirip dengan cara menambahkannya ke hp Android.

Perbedaannya kamu tidak akan memutar lagu menggunakan bar notifications, melainkan dengan memanfaatkan panel kontrol yang dimiliki oleh iOS.

Caranya pun sangat mudah yakni cukup melakukan swap dengan tiga jari dari bagian bawah saat kamu sudah berada pada layar perekaman stories.

Begitu panel kontrol sudah muncul, kamu tinggal menjalankan lagunya dengan tombol play dan lakukan perekaman stories seperti biasa.

3. Menambahkan Lagu dengan Bantuan Perangkat Lain

Kedua cara diatas memang sederhana, tetapi biasanya akan menghasilkan kualitas suara yang tidak begitu baik. Pasalnya smartphone milikmu akan melakukan pemutaran dan perekaman suara secara bersamaan.

Untuk mengakali proses ini, kamu bisa memanfaatkan perangkat pemutar lagu lain yang ada di sekitarmu. Misalnya kamu bisa memanfaatkan perangkat tablet atau perangkat laptop yang kamu miliki untuk memutar lagu tersebut.

Pastikan jarak perangkat tambahan itu cukup dekat dengan hpmu agar suara yang terekam dapat lebih jelas terdengar. Cara ini memang tidak akan menghasilkan kualitas perekaman terbaik tetapi masih terbilang cukup mudah untuk kamu lakukan.

Cara Menambahkan Lagu ke Story IG dengan Aplikasi

Dengan bantuan aplikasi pihak ketiga (third-party app), kita bisa menambahkan lagu Instagram stories kita dengan kualitas yang jauh lebih baik.

Suara yang dihasilkan bisa jadi sama persis dengan suara yang kita dengarkan apabila kita memutarnya dengan pemutar lagu. Bedanya kamu perlu mengunduh aplikasi ini terlebih dahulu sebelum mulai berkreasi dengan stories-mu.

1. Menambahkan Lagu dengan InShot Video Editor

Dengan aplikasi ini, kamu bisa membuat video sesuai kreativitasmu. Rekamlah video dengan aplikasi ini seakan-akan kamu akan merekam stories-mu.

Untuk menambahkan lagu cukup tekan ikon lagu di toolbar dan pilih lagu yang kamu inginkan. Kamu juga bisa mengatur volume dan bagian lagu mana saja yang akan dimainkan.

Berhubung video sederhana ini akan ditampilkan di Instagram, pastikan kalau panjangnya tidak melebihi 60 detik. Jika proses editing sudah selesai, kamu cukup menekan tombol Save dan upload seperti biasa ke Instagram sebagai stories-mu.

Cukup sederhana bukan?

2. Menambahkan Lagu dengan Sounds

Kalau aplikasi yang satu ini memang secara terang-terangan mem-branding dirinya sebagai penyedia lagu untuk Instagram. Aplikasi yang bisa kamu jalankan di Android maupun iOS ini juga bisa membantumu dalam menemukan lagu kesukaanmu tanpa harus mengunduh lagunya terlebih dahulu.

Jika kamu sudah menemukan lagu favoritmu, cukup tekan tombol Share yang terletak di bagian bawah dan ketuk ikon Instagram. Selain Instagram, kamu juga bisa membagikan lagu favoritmu ke facebook, twitter dan snapchat lho!

3. Menambahkan Lagu dengan Flipagram

Adapun aplikasi terakhir yang kami rekomendasikan ialah Flipagram. Aplikasi yang telah diunduh oleh lebih dari 50 juta pengguna Android di seluruh dunia ini bisa membantumu dalam membuat video sederhana dengan memanfaatkan foto-foto yang tersimpan di hp mu.

Layaknya filter milik Instagram, Flipagram juga menyediakan beberapa efek khusus yang pastinya sayang banget untuk dilewatkan.

Uniknya Flipagram dapat menambahkan lagu yang tak hanya tersimpan di hp mu, tetapi juga lagu yang belum pernah kamu unduh sama sekali.

Kamu juga bisa mengatur bagian mana dari lagu tersebut yang akan kamu tambahkan ke dalam stories-mu kelak.

Keuntungan dari Flipagram ini selain bisa menulis caption secara langsung di aplikasinya juga bisa mengirimkan hasil video stories buatanmu melalui fasilitas DM milik Instagram lho! Layak banget buat kamu coba.

Kalau bicara soal kualitas, tentu penggunaan aplikasi akan sangat lebih baik jika dibandingkan metode perekaman secara langsung.

Tetapi jika hanya ingin sekedar membagikan cuplikan lagu yang sedang didengar dalam waktu singkat rasanya merekam secara langsung juga bukan hal yang buruk.

Cara Membuat Story IG dengan Lagu

insta stories musicIni merupakan update terbaru dari Instagram, dimana pengguna bisa menyisipkan musik ke dalam Insta Stories mereka. Dengan demikian, pengguna dapat membuat stories dengan iringan musik dengan mudah.

Cara menyisipkan musik ke dalam Stories ini juga terbilang mudah. Pengguna cukup masuk ke stories dan mulai merekam video atau melakukan foto.

Pilih menu stiker di bagian atas, dan didalamnya sudah ada stiker baru yaitu music. Pilih stiker music akan muncul opsi lagu, pengguna tinggal pilih sesuai keinginan.

Pengguna bisa memainkan musik tersebut secara utuh atau bisa juga di potongdi bagian tertentu, misal bagian reff nya saja atau bagian lain.

Hanya saja, fitur ini memang masih di rilis secara bertahap. Sementara ini masih di gulirkan untuk perangkat berbasis iOS. Sedangkan pengguna hp Android harus bersabar menunggu giliran.

Tidak perlu khawatir, karena kamu masih bisa menambahkan lagu di Insta Stories dengan beberapa langkah mudah.

Nah, itulah beberapa cara menambahkan musik di story IG dengan langkah mudah. Kamu bisa menambahkan lagu di story IG sesuai dengan keingian.

Like us!
Nur Abdillah

Content Writer

2423 Posts

Punya pengalaman di beberapa media yang mengulas gadget, seperti Tabloid SMS, Tabloid Roaming, Majalah Digicom hingga Majalah Techlife. Selalu berusaha berbagi informasi yang akurat dan terupdate seputar teknologi dan gadget.