6 Cara Menambahkan Musik ke Instagram Story di Hape Android dan iOS

Oleh Arief Ardiansyah updated Senin, 17 Jul 2017 | 15:56


Langkah-langkah dibawah merupakan cara mudah untuk menambahkan musik ke Instagram Story di OS Android dan iOS sehingga menjadi lebih menarik. 

Sejak awal kemunculannya, fitur stories milik Instagram memang menuai banyak pro dan kontra. Hal ini tentu tak lepas dari interface-nya yang bisa dibilang hampir mirip dengan apa yang sudah dimiliki oleh Snapchat. Meskipun begitu, aplikasi milik Facebook ini terus melakukan pembenahan misalnya dengan menambahkan fitur-fitur seperti boomerang, live broadcast, rewind, dan stiker-stiker lucu. Alhasil pengguna stories pun terus bertambah dan semakin asyik menciptakan stories yang unik dari hari ke hari.

Dari sekian banyak stories yang sudah pernah kamu buka, pernahkah kamu melihat stories yang memiliki musik? Bukankah Instagram tidak menyediakan fitur penambahan musik pada pembuatan storiesnya? Lantas bagaimana cara user tersebut menambahkan musik? Simak jawaban selengkapnya pada ulasan berikut.

Menambahkan Musik ke Instagram Stories Secara Langsung

Stories pada dasarnya merekam momen tertentu dengan durasi yang singkat (hanya 3-60 detik). Maka cara paling mudah untuk menambahkan musik ke stories kita ialah merekamnya bersamaan dengan momen yang ingin kita rekam. Cara ini memang belum tentu dapat menghasilkan suara musik yang bagus. Meskipun begitu tetap patut kamu coba selagi cara ini begitu mudah dan mengasyikkan.

1. Menambahkan Musik ke Stories Secara Langsung pada Hape Android

Jika kamu menggunakan hape Android, cara ini pasti bisa kamu lakukan dengan mudah. Pertama-tama buka aplikasi pemutar musik seperti Google Play Music atau aplikasi pemutar musik lainnya. Carilah lagu yang ingin kamu jadikan musik di Instagram stories-mu. Tentukan juga mulai bagian mana kamu akan menambahkan musik tersebut.

Jika sudah lakukan pause sebelum memasuki bagian musik yang kamu inginkan. Setelah itu bukalah aplikasi Instagram dan tap ikon kamera di pojok kiri atas (untuk membuka menu stories). Lewat bar notifications, mainkanlah lagu tersebut dengan menekan tombol play. Jika lagu sudah dimulai, kamu bisa langsung merekam stories-mu seperti biasa yakni dengan menekan tombol kamera di bagian bawah. Stories-mu pun akan segera terisi dengan musik yang kamu mainkan bersamaan secara otomatis

2. Menambahkan Musik ke Stories Secara Langsung pada Hape iOS

Adapun jika kamu menggunakan smartphone iOS, cara menambahkan musik ke Instagram secara langsung ini hampir mirip-mirip dengan cara menambahkannya ke hape Android. Perbedaannya kamu tidak akan memutar musik menggunakan bar notifications, melainkan dengan memanfaatkan panel kontrol yang dimiliki oleh iOS.

Caranya pun sangat mudah yakni cukup melakukan swap dengan tiga jari dari bagian bawah saat kamu sudah berada pada layar perekaman stories. Begitu panel kontrol sudah muncul, kamu tinggal menjalankan musiknya dengan tombol play dan lakukan perekaman stories seperti biasa.

3. Menambahkan Musik ke Stories dengan Bantuan Perangkat Lain

Kedua cara diatas memang sederhana, tetapi biasanya akan menghasilkan kualitas suara yang tidak begitu baik. Pasalnya smartphone milikmu akan melakukan pemutaran dan perekaman suara secara bersamaan. Untuk mengakali proses ini, kamu bisa memanfaatkan perangkat pemutar musik lain yang ada di sekitarmu.

Misalnya kamu bisa memanfaatkan tablet atau laptop yang kamu miliki untuk memutar musik tersebut. Pastikan jarak perangkat tambahan itu cukup dekat dengan hapemu agar suara yang terekam dapat lebih jelas terdengar. Cara ini memang tidak akan menghasilkan kualitas perekaman terbaik tetapi masih terbilang cukup mudah untuk kamu lakukan.

Menambahkan Musik ke Instagram Stories dengan Bantuan Aplikasi

Dengan bantuan aplikasi pihak ketiga (third-party app), kita bisa menambahkan musik Instagram stories kita dengan kualitas yang jauh lebih baik. Suara yang dihasilkan bisa jadi sama persis dengan suara yang kita dengarkan apabila kita memutarnya dengan pemutar musik. Bedanya kamu perlu mengunduh aplikasi ini terlebih dahulu sebelum mulai berkreasi dengan stories-mu.

1. Menambahkan Musik ke Stories dengan InShot Video Editor

Dengan aplikasi ini, kamu bisa membuat video sesuai kreativitasmu. Rekamlah video dengan aplikasi ini seakan-akan kamu akan merekam stories-mu. Untuk menambahkan musik cukup tekan ikon musik di toolbar dan pilih lagu yang kamu inginkan. Kamu juga bisa mengatur volume dan bagian musik mana saja yang akan dimainkan.

Berhubung video sederhana ini akan ditampilkan di Instagram, pastikan kalau panjangnya tidak melebihi 60 detik. Jika proses editing sudah selesai, kamu cukup menekan tombol Save dan upload seperti biasa ke Instagram sebagai stories-mu. Cukup sederhana bukan?

2. Menambahkan Musik ke Stories dengan Sounds

Kalau aplikasi yang satu ini memang secara terang-terangan mem-branding dirinya sebagai penyedia musik untuk Instagram. Aplikasi yang bisa kamu jalankan di Android maupun iOS ini juga bisa membantumu dalam menemukan lagu kesukaanmu tanpa harus mengunduh lagunya terlebih dahulu.

Jika kamu sudah menemukan lagu favoritmu, cukup tekan tombol Share yang terletak di bagian bawah dan ketuk ikon Instagram. Selain Instagram, kamu juga bisa membagikan lagu favoritmu ke facebook, twitter dan snapchat lho!

3. Menambahkan Musik ke Stories dengan Flipagram

Adapun aplikasi terakhir yang kami rekomendasikan ialah Flipagram. Aplikasi yang telah diunduh oleh lebih dari 50 juta pengguna Android di seluruh dunia ini bisa membantumu dalam membuat video sederhana dengan memanfaatkan foto-foto yang tersimpan di hapemu. Layaknya filter milik Instagram, Flipagram juga menyediakan beberapa efek khusus yang pastinya sayang banget untuk dilewatkan.

Uniknya Flipagram dapat menambahkan musik yang tak hanya tersimpan di hapemu, tetapi juga musik yang belum pernah kamu unduh sama sekali. Kamu juga bisa mengatur bagian mana dari lagu tersebut yang akan kamu tambahkan ke dalam stories-mu kelak. Keuntungan dari Flipagram ini selain bisa menulis caption secara langsung di aplikasinya juga bisa mengirimkan hasil video stories buatanmu melalui fasilitas DM milik Instagram lho! Layak banget buat kamu coba.

Kalau bicara soal kualitas, tentu penggunaan aplikasi akan sangat lebih baik jika dibandingkan metode perekaman secara langsung. Tetapi jika hanya ingin sekedar membagikan cuplikan lagu yang sedang didengar dalam waktu singkat rasanya merekam secara langsung juga bukan hal yang buruk. 

Baca juga artikel :
Lagi Hits, Begini Cara Buat #2016bestnine di Instagram 
Ikutan Tren, Ini Dia Cara Memakai Fitur Live Video di Instagram 
Tips Menyalakan Notifikasi Instagram Terkait Perubahan Algoritma 

Artikel Lainnya

Komentar