Tips Mengatasi Ponsel Android Overheat Akibat Bermain Pokemon Go

Oleh Aris Wibowo on Senin, 18 Jul 2016 | 16:56

Image via DailyDot

Game Pokemon Go terus meraih popularitas di berbagai negara semenjak dirilis. Game yang mengusung teknologi Augmented Reality ini memang tengah digandrungi berbagai pengguna smartphone. Pasalnya, game ini membawa pengguna bermain dengan cara yang seru dan tentu bernostalgia dengan karakter – karakter Pokemon.

Sayangnya, untuk bisa mendapatkan Pokemon, kamu dan smartphone kamu harus bekerja keras. Pemain Pokemon Go bahkan harus menyalakan GPS dan membuat layar terus menyala untuk berburu pokemon. Tentu hal ini membuat baterai ponsel cepat habis bahkan bisa membuat ponsel jadi panas. Lalu, bagaimana solusi agar ponsel Android tidak mudah overheat saat bermain Pokemon Go? Berikut tipsnya.

Nyalakan Battery Saver

Tips mengatasi ponsel Android Overheat yang bisa kamu lakukan ialah menyalakan fitur Battery Saver. Pasalnya, game ini mengharuskan layar ponsel kamu terus menyalan agar data pokemon di sekitar kamu dapat terupdate secara real-time. Fitur Battery Saver ini diharapkan bisa menghemat baterai dan tentu tidak membuat ponsel bekerja keras. Kamu bisa menyalakan fitur ini dengan masuk ke menu (lambang Pokeball) – Settings – Battery Saver.

Dengan aktifknta mode ini, kamu bisa membalikan flip smartphone dan layar akan otomatis mati. Sayangnya, fitur ini baru bekerja pada ponsel Android yang memiliki sensor Gyroscope.

Memakai aplikasi BSOL

Bila smartphone kamu tidak memiliki sensor Gyroscope, maka kamu bisa memakai aplikasi BSOL sebagai solusi fitur Battery Saver di Pokemon Go. Dengan memasang aplikasi ini, kamu cukup menutupi bagian sensor di dekat earpiece ponsel kamu dengan tangan atau kertas. Nantinya secara otomatis, layar smartphone akan padam tapi game tetap jalan. Hal ini akan membuat baterai ponsel Android kamu awet dan ponsel tidak mudah overheat.

Restart smartphone

Tips mengatasi ponsel Android Overheat saat main Pokemon Go ialah restart ponsel milikmu. Hal ini cukup penting untuk mengembalikan performa ponsel untuk menangkap Pokemon. Selain itu, ponsel juga tidak akan mudah overheat karena kinerjanya selalu segar setelah dinyalakan ulang.

Jangan pasang hard case

Untuk membuat ponsel tidak overheat saat mencari pokemon, sebagikan kamu tidak menggunakan hardcase pada smartphone. Pasalnya, dengan terpasangnya hardcase aliran udara akan tertutup sehingga membuat ponsel lebih cepat panas. Memang sih, hardcase membuat ponsel Android kamu terlindungi. Namun, sebaiknya lepas saja pelindung tersebut agar berburu pokemon kian nyaman.

Baca juga artikel:
Tips Main Pokemon Go Biar Cepat Naik Level dan Banyak Tangkapan Pokemon
Solusi Permasalahan Lokasi (GPS) Pokemon Go di Perangkat Android
Server Pokemon Go Down? Cek Status Servernya dengan Cara ini!

Artikel Lainnya

Komentar

marshell 07 September 2016 - 15:40
thx infonya gan