Tips Sederhana Mendinginkan Mesin Notebook dan Laptop

Oleh Aris Wibowo on Kamis, 07 Jan 2016 | 10:02

Notebook atau laptop hadir dengan sistem pendingin yang pas – pasan mengingat keterbatasan ruang. Sayangnya, beberapa pengguna notebook dan laptop justru menggunakan perangkat ini secara berlebihan. Alhasil, membuat beberapa notebook dan laptop berkerja dengan suhu lumayan tinggi lebih dari 90 derajat Celcius. Meski, perangkat masih dapat bekerja dengan normal, tentu hal ini menganggu kamu kala bekerja.

Tak hanya itu, Notebook yang bekerja dengan suhu berlebih akan mudah rusak. Pasalnya komponen – komponen dalam notebook dipaksa bekerja maksimal sehingga daya tahannya akan berkurang dibanding laptop yang digunakan biasa dan bersuhu lebih sejuk. Namun, ternyata ada beberapa tips sederhana untuk menurunkan suhu mesin notebook dan laptop secara cepat dan mudah. Berikut ulasannya.

Kalau kamu memperhatikan dengan seksama desain notebook dan laptop saat ini. Kamu akan menyadari bahwa jarak notebook dengan permukaan meja sangat rendah dan terbilang tipis. padahal, lubang ventilasi pada notebook dan laptop terletak di bagian bawah. Lubang ventilasi ini akan sangat berguna untuk memasukkan udara segar sebelum nantinya dibuang ke samping. Sedikit mengecewakan bentuk kaki – kaki untuk menopang notebook ke permukaan meja tida terlalu tinggi sehingga udara akan terhambat masuk ke lubang ventilasi dibawah.

Baca Juga Tips Membersihkan Layar Sentuh Laptop

Ingin Dingin, Angkat Notebookmu

Menyadari adanya masalah dari minimnya jarak antara lubang ventilasi bawah dengan permukaan meja, beberapa penggunapun mengangkat bagian belakang notebooknya. Beberapa pengguna bahkan mengganjal bagian belakang notebook atau laptop setidaknya 2 – 3 cm lebih tinggi dari biasanya. Tips ini mungkin tampak aneh. Namun ternyata tips sederhana ini bisa menurunkan suhu mesin dengan cepat.

 

Kamu bisa mengganjal bagian belakang notebook dengan berbagai benda yang ada di sekitarmu. Kamu bahkan bisa mengganjal notebook menggunakan power adaptor laptop. Namun, bila menggunakan benda ini, kamu harus memperhatikan kabel. Yang pasti, ketika mengganjal pastikan pengganjal tidak menghalangi aliran udara.

Sebuah pengujian sederhana pun dilakukan untuk mengetes kebenaran tips ini. Sebuah laptop Acer Aspire E5-472G dengan mesin intel core i7 dan RAM 4 GB dinyalakan. Laptop ini pun digunakan bermain selama 15 menit. Kemudian dengan menggunakan program HWiNFO v4.50, suhu mesin laptop dipantau. Dan hasilnya cukup menarik.

Tips sederhana ini membuat suhu mesin baik CPU dan GPU turun. Suhu prosesor yang biasanya menyentuh 90 derajat lebih bahkan turun menjadi 76 derajat Celcius.

Dengan meninggikan jarak antara notebook dan permukaan meja, lubang ventilasi mendapat lebih banyak udara sehingga suhu notebook lebih rendah meski digunakan secara maksimal. Namun, perlu diperhatikan setiap notebook dan laptop memiliki lubang ventilasi yang berbeda – beda. Jadi Selamat mencoba!

 

Baca juga artikel

Tips Mempercepat Proses Booting Windows 7

Tips Memaksimalkan Windows 10 Untuk Gaming

Cara Mudah Membersihkan Mouse Optical dan Mekanik

Artikel Lainnya

Komentar