Cara Mudah Membersihkan Mouse Optical dan Mekanik

Cara Mudah Membersihkan Mouse Optical dan Mekanik

Oleh Aris Wibowo on Selasa, 29 Des 2015 | 17:12

Mouse menjadi salah satu perangkat penting kala menggunakan komputer. Perangkat mungil ini bahkan berperan cukup vital untuk navigasi dan menjalankan program tertentu. Untuk itu, kamu harus bisa merawat dan membersihkan mouse agar kamu bisa menggunakan perangkat komputer dengan optimal.

Sebelum itu, kamu harus mengenali tanda-tanda kapan mouse harus dibersihkan. Pada mouse optical, biasanya pergerakan mouse pointer tidak bisa bergerak dengan lancar. Bahkan beberapa pointers bergerak secara acak tanpa alasan. Sementara itu, untuk mouse mekanik biasa, biasanya mouse harus dibersihkan saat pergerakan pointer lambat.

Berikut ini beberapa tips membersihkan mouse yang bisa kamu kerjakan secara singkat.

Membersihkan mouse optical

Mouse optical bekerja berdasarkan sensor lampu yang ada di bawah mouse. Tak heran, mouse tipe ini harus digunakan di permukaan yang rata dan halus agar bisa bekerja maksimal. Untuk memaksimalkan performa mouse ini, kamu harus membersihkan mouse ini dari debu dan kotoron.

Untuk membersihkan mouse ini tidak membutuhkan waktu lama, cukup 5 menit saja. Jadi bersihkan mouse ini setidaknya sebulah sekali untuk membantu mouse bekerja optimal.

Langkah pertama, kamu harus cabut mouse dari komputer. Biasanya, mouse optical saat ini terhubung ke komputer menggunakan kabel USB. Jika kamu menggunakan mouse dengan USB, kamu cukup langsung mencabut mouse. Namun, jika mouse menggunakan konektor berbeda, kamu harus mematikan komputer terlebih dahulu.

Setelah tercabut, kamu bisa mengecek area di bawah mouse, tempat LED dan lensa. Bersihkan area tersebut dengan cotton bud atau korek kuping. Kamu bisa menambahkan sedikit cairan pembersih ke cotton bud lalu membersihkan ke area lensa dan LED. Ingat jangan langsung memberikan cairan ke lensa.

Bersihkan perlahan debu dan kotoran. Jangan terlalu keras menekan lensa dan LED takutnya bisa lecet dan memperparah kerja mouse. Setelah itu, kamu bisa gunakan cotton bud yang kering untuk membersihkan area tersebut dan area lainnya. Tempatkan mouse seperti biasa agar mengering dan kotoran lain jatuh ke bawah sebelum ditancapkan lagi ke komputer.

Baca juga: Daftar Mouse Gaming Terbaik November 2015

Mouse mekanik

Mouse mekanik bekerja menggunakan semacam bola yang menggerakan 3 rollers di dalam mouse. Untuk membersihkan mouse jenis ini, kamu harus matikan komputer dan cabut mouse. Buka penutup area bawah mouse. Setelah itu, bersihkan bola dan rollers yang ada di dalamnya. Setelah itu pasang kembali seperti semula.

Rasakan perbedaan mouse setelah dibersihkan. Selamat mencoba.

Baca juga artikel
Razer Leviathan Mini, Speaker Bluetooth Bersuara Super
Ini Dia Game Apple of The Year 2015
Tips Meningkatkan Performa Windows 10 di PC Jadul


Artikel Lainnya

Komentar