Tool Jailbreak untuk iOS 9 Kini Sudah Tersedia dan Siap Digunakan

Tool Jailbreak untuk iOS 9 Kini Sudah Tersedia dan Siap Digunakan

Oleh Muhammad Kamaluddin on Rabu, 21 Okt 2015 | 13:27

Bagi kamu pengguna perangkat berbasis iOS, tentunya kamu sudah kenal dengan istilah Jailbreak. Yap, jailbreak dikenal sebagai suatu aktivitas untuk membuka akses dari perangkat iOS (iPhone, iPad atau iPod Touch) sehingga pengguna dapat memiliki semua kontrol dari devicenya. Dengan demikian, kinerja dari perangkat iOS tersebut dapat dimaksimalkan.

Terkait dengan jailbreak ini, setiap kali Apple melakukan update terbaru untuk sistem operasi iOS-nya, biasanya tool jailbreak ini juga akan segera diluncurkan. Hal ini juga terjadi pada update iOS 9 yang sejatinya belum cukup lama diluncurkan.

Meski Apple dikenal dengan sistem keamanannya yang super ketat, namun ternyata ada saja yang mampu membobolnya. Belum lama ini tim hacker asal China yang dikenal dengan nama Pangu telah berhasil membuat tool jailbreak untuk sistem operasi terbaru Apple yakni iOS 9. Bahkan, tool jailbreak ini saat ini sudah tersedia dan siap digunakan.

Baca juga: Update WhatsApp iOS dengan 3D Touch Support

Tool jailbreak keluaran Pangu ini memiliki fungsi sebagaimana tool-tool jailbreak pada umumnya, yang secara umum difungsikan untuk memaksimalkan kinerja perangkat iOS. Hanya saja, Pangu kabarnya juga telah menyiapkan beberapa tool tambahan yang pastinya sangat menarik untuk di coba.

Selain diklaim bakal memberikan kemudahan dan kecepatan dalam menjalankan tugasnya, tool jailbreak ini juga disebut-sebut bakal mampu melakukan untethered jailbreak. Untethered jailbreak sendiri adalah proses jailbreak yang dilakukan tanpa harus menghubungkan perangkat iOS dengan perangkat komputer.

Tool jailbreak ini sementara baru bisa digunakan menggunakan platform Windows saja, karena instalernya baru tersedia untuk versi Windows. Namun demikian, pihak Pangu diprediksi bakal segera meluncurkan installer untuk versi MaC dalam beberapa waktu ke depan. Untuk tool jailbreak ini sendiri saat ini sudah bisa di unduh di website Pangu.

Meskipun jailbreak ini diklaim mampu meningkatkan peforma perangkat iOS, namun pihak Apple sendiri sejatinya tidak menganjurkan pengguna iOS untuk melakukannya. Pasalnya jailbreak memiliki beberapa resiko yang tentunya akan sangat merugikan bagi penggunanya. Diantaranya proses jailbreak yang dilakukan dengan tidak benar dapat menyebabkan pengguna kehilangan sebagian data maupun secara keseluruhan.

Selain itu proses intalasi tool jailbreak yang tidak sempurna seringkali menyebabkan bug pada perangkat iOS. Untuk itu bagi kamu pengguna iPhone, iPad, maupun iPod Touch yang tetap ingin melakukan jailbreak pada perangkat kamu, sangat dianjurkan untuk terlebih dahulu melakukan back up terhadap semua data yang tersimpan dalam device iOS kamu.

 

Baca juga artikel

Update Facebook iOS dengan 3D Touch Support Minor Update

5 Alasan Kenapa Apple iPhone 6s Plus Layak Dibeli

iPhone 6 Seharga Rp. 47 Milyar, Mau Beli?

Artikel Lainnya

Komentar