BBM Android Lelet, Ini Solusinya!

Oleh Alena Yulitta on Selasa, 30 Des 2014 | 15:19

Hampir bisa dipastikan bahwa semua perangkat Android mempunyai aplikasi BBM Android, baik yang langsung disertakan saat membeli perangkat maupun download dulu dari Google Play. Sering kali Anda merasakan BBM Android Anda lelet alias lambat loading, lambat berganti tampilan dan bahkan lambat menampilkan update.

Hal ini sering terjadi pada berbagai perangkat. Hal ini disebabkan penggunaan RAM yang agak boros. Pada perangkat dengan RAM kecil seperti Asus Zenfone 4 yang hanya punya RAM 1GB atau perangkat lokal lain yang RAM hanya 512, hal ini sering menjadi begitu menyebalkan. Nah, apa yang harus Anda lakukan untuk memperbaiki kinerja BBM Anda tersebut? Inilah caranya.

Yang pertama adalah dengan memaksimalkan BBM dan meminimalisir penggunaan RAM. Caranya mudah, Anda hanya perlu mendapatkan akses Root. Perangkat Anda harus memiliki akses Root dan cara ini bisa Anda dapatkan di internet karena setiap jenis perangkat mempunyai cara sendiri untuk mendapatkan akses Root. Jika terlalu repot, pergunakan saja aplikasi Root Framaroot atau aplikasi Root Master yang bisa Anda dapatkan dari Google Play.

Setelah Anda mendapatkan akses Root, download juga aplikasi Disable Service dari Google Play yang berukuran 588kb saja. Setelah Anda install, jalankan dan Anda akan mendapati perintah “Superuser Request” sentuh “Grant” untuk membiarkan aplikasi ini masuk ke sistem di perangkat Anda. Bagi perangkat ‘tua’ alias yang masih mempergunakan Android Gingerbread, Anda harus sentuh USB Debugging Mode pada menu Developer Options di Setting.

Selanjutnya, setelah akses root dan aplikasi Disable Service telah berjalan, lakukan optimasi dengan menjalankan Diable Service dan centang pada aplikasi BBM Service dan BBM Account Service dan biarkan saja aplikasi yang lain. Setelah mencentangnya, Anda bisa keluar dari aplikasi Disable Service dan re-boot perangkat Anda. Buka kembali aplikasi BBM dan rasakan bedanya, sekarang BBM Anda terasa ringan dan cepat.

Cara yang lain untuk mempercepat BBM adalah dengan sering-sering menghapus cache pada perangkat Anda. Gunakan Clean Master atau AVG Cleaner untuk melakukan hal ini dengan cepat. Cobalah, pasti Anda suka. (Tedi)

Baca juga artikel:

Lima Ponsel Dengan Kemampuan Cepat Isi Daya

Duel Sengit Asus Pegasus X002 versus Xiaomi Redmi 1S  

Penasaran dengan iPhone 7? Ini Konsep Penampakan Fisiknya 

Artikel Lainnya

Komentar