Bagaimana Memilih Anti Gores dan Memasangnya Tanpa Gelembung?

Oleh Hilman Mulya Nugraha on Rabu, 08 Okt 2014 | 11:44

Anti gores di pasar banyak macamnya, harga pun relatif berbeda. Dari yang murah sampai yang paling mahal pun ada. Namun fungsinya tetap sama, melindungi layar ponsel dari goresan. Hanya saja yang membedakan satu dengan lainnya ialah daya tahan dari pelindung itu sendiri.

Semua punya kelemahan dan keunggulan.Termasuk di dalamnya anti gores besutan Corning (Gorilla Glass) yang banyak dipakai oleh smartphone kelas atas yang menyatu pada panel layarnya. Mungkin tahan terhadap goresan benda tumpul, tahan api (disundut api batang rokok),tapi coba saja ambil segenggam pasar dan oleskan di atas layarnya. Sudah pasti itu akan bergores.

Smartphone telah berjuang untuk hidupnya sendiri dengan aneka ragam “siksaan” dari penggunanya. Pada sebagian orang menganggap goresan bukanlah masalah, tetapi bagi yang ingin menjualnya dikemudian hari menjaga layar tetap baik merupakan kunci kesepakatan yang baik kala bertransaksi. Seorang teman bahkan membungkus semua gadgetnya dengan plastik transparan setiap hari untuk menghindari goresan.

Di pasar kita akan menemukan anti gores dengan fungsi lain selain menjaga layar tetap utuh. Beberapa fungsi lain untuk menjaga privasi dan lainnya untuk menghindari silau.

Membeli anti gores di pasar.

Memilih pelindung yang tepat didasarkan pada kebutuhan dan sejauh mana Anda berani berkorban untuk mengeluarkan kocek lebih banyak. Berikut beberapa jenis pelindung yang ada di pasar.

Clear atau Plastik

Sebagian menganggap ini murahan, tapi sangat populer. Ada yang dijual dalam satu bungkus lebih dari satu pelindung. Pelindung jenis ini lebih tipis bahkan tidak terlihat kala dipakai. Tetapi ada juga yang lebih tebal dan itu sangat mengganggu estetika bagi sebagian orang. Dengan harga yang relatif murah tentu saja kualitasnya jauh dibandingkan dengan pelindung yang harganya lebih mahal.

Anti Spy

Dengan pelindung ini ada fungsi selain menjaga layar, yakni menjaga privasi Anda. Hanya Anda yang dapat memandang apa yang ada di dalam layar Anda. Sudut pandang jadi lebih terbatas bagi orang lain yang ingin mengintip layar Ada. Kelemahan jenis pelindung ini ialah lebih tebal menjadikan pandangan menjadi lebih buram. Banyak pelangi pada layar Anda.

Anti Glare

Seperti namanya fungsi lain pelindung ini ialah menjaga agar layar tidak silau kala dipandang mata. Jejak jari Anda juga tidak akan terlihat pada pelindung ini dan anti gelembung. Hanya saja pandangan akan menjadi gelap karena jenis pelindung ini tebal.

Tempered Glass

Penggunaan tempered glass tidak menganggu navigasi layar. Bila layar sudah ditempeli oleh tempered glass, kemampuan responsifnya tidak berubah sama sekali.

Tempered glass adalah pelindung yang sangat mudah dibersihkan. Jika di pelindung ini terdapat noda atau debu, maka kotoran tersebut akan mudah hilang hanya dengan kain pembersih yang standar. Kemampuan tersebut adalah berkat teknologi lapisan oleophobic yang tersemat di tempered glass. Dengan kemampuan ini, smartphone yang dilindungi dengan tempered glass menjadi tidak rentan terhadap debu, air, kotoran, dan lannya.

Tempered glass mudah dipasang. Bentuknya memang kaku namun justru karena kekakuan tersebut membuat pelindung ini lebih mudah dan merata ketika dipasang. Berbeda dengan pelindung plastik yang cenderung elastis dan mudah berpindah ketika dipasang.

Layar yang dilindungi oleh tempered glass tidak menghasilkan gambar berbintik. Tampilannya tetap jernih dan enak dipandang. Berbeda dengan pelindung dari plastik lainnya, semacam anti glare yang cenderung menghasilkan bintik-bintik sehingga cukup mengganggu tampilan.

Terlepas dari kelebihan yang ada, tempered glass juga memiliki kekurangan. Ada beberapa produk tempered glass yang tidak tahan terhadap tekanan dan mudah pecah.

Liquid Nano Screen Protector

Ini yang terbaru dan cara penggunaanya juga agak berbeda. Cairan dioleskan kebagian layar dan tidak meninggalkan gelembung serta sidik jari. Hanya saja harganya cukup tinggi.

Cara memasang anti gores

Banyak cara untuk memasang pelindung, mulai dari penguapan, pengunaan kartu ATM hingga cara klasik yakni dengan kesabaran. Kami akan menunjukan bagaimana caranya.

  • Mengatur tempat kerja Anda. Ini untuk menghindari ponsel bergerak. Atau letakan ponsel di atas kain agar tidak licin.Bersihkan tangan Anda jika Anda menggunakan lotion dengan sabun dan air. 
  • Bersihkan layar dari debu dan kerikil kecil dengan kain halus, seperti kain lap kacamata. Pastikan tidak ada kotoroan di atas layar dan jangan menyentuh layar dengan jari Anda.
  • Ketika Anda sudah melepaskan plastik pelindung layar, Anda bisa memulainya dari bagian tersulit ponsel saat memasang anti gores. Kalau sudah sejajar gunakan kartu ATM atau sejenisya untuk merekatkan anti gores dan hal ini juga akan mengeluarkan gelembung udara.
  • Jika ada gelembung sudah pasti ada kotoran, buka kembali pelindung di salah satu sisi dekt gelembung dan lakukan cara seperti langkah ke tiga. (Tedi)

Artikel Lainnya

Komentar