Baterai Laptop Windows 8 Anda Boros? Ini Solusinya!

Oleh Jingga Prasetya on Jumat, 12 Peb 2016 | 12:19

Tidak sedikit pengguna di Indonesia yang membawa laptop Windows 8 sebagai teman untuk beraktivitas. Mereka biasanya menggunakan laptop Windows 8 untuk penunjang kerja, seperti mengerjakan tugas kuliah ataupun kantor.

Sayangnya, aktivitas tersebut sering terganggu karena baterai pada laptop Windows 8 cepat habis. Beruntung, jika pengguna menemukan colokan listrik sehingga laptop bisa menyala kembali. Namun, akan lain cerita jika pengguna berada di tempat yang tidak ada sumber listriknya. Tentu saja ini masalah yang cukup vital. Karena itu, pengguna perlu mengetahu cara menghemat baterai laptop Windows 8 agar kejadian seperti dia tas tidak terulang.

Atur Kecerahan Layar

Tips pertama agar baterai laptop Windows 8 lebih lama menyala adalah mengatur kecerahan layar. Tidak banyak yang tahu bahwa layar yang terlalu cerah ternyata mengonsumsi daya baterai lebih cepat.

Untuk itu, agar baterai bisa tahan lebih lama, maka aturlah pengaturan kecerahan layar dengan cara meredupkannya. Cara mengaturnya cukup mudah. Pilihlah menu `Charms` kemudian pilih `Settings`. Setelah itu, akan tampak pilihan kecerahan layar yang posisinya di bagian sisi menu volume.

Ingatlah, atur kecerahan sesuai dengan penglihatan atau lebih mudahnya jangan mengatur angka kecerahan di atas 50%. Selain itu, atur pula kecerahan mati agar ada pada posisi off. Caranya adalah dengan masuk ke bagian Settings, pilih `Change PC settings`, selanjutanya pilih `PC and Devices`, dan selanjutnya  pilih `Display`.

Nanti ada pilihan Adjust my screen brightness automatically. Pilihalah untuk menonaktifkan bagian ini.

Lepaskan Konektivitas yang Terhubung

Bila konektivitas tidak begitu digunakan, sebaiknya dilepaskan atau dimatikan. Misalnya, Bluetooth. Bila memang sedang tidak berbagi data, sebaiknya matikanlah Bluetooth. Caranya, masuk bagian ‘Setting’, pilih `PC and devices`, dan pilihlah `Bluetooth.

Hal yang sama juga berlaku untuk flash drive atau perangkat lain yang terhubung via USB. Agar baterai tidak cepat habis, sebaiknya cabutlah perangkat yang tersambung via USB jika memang tidak digunakan.

Selain itu, hindari juga mengisi baterai smartphone atau tablet menggunakan port USB. Jika hal ini dilakukan, maka daya baterai laptop Windows 8 akan cepat habis.

Mengatur Power Options

Perlu diketahui, laptop Windows 8 telah memiliki fitur pengaturan hemat baterai. Cara mengakses mode ini adalah dengan masuk ke bagian `Control Panel`. Dari Control Panel, pilihlah `Hardware and Sound`, dan kemudian pilih `Power options`.

Pada bagian ini, bisa dipilih pengaturan daya yang disarankan Microsoft. Pengaturan sesuka hati pun bisa dilakukan karena memang Microsoft membebaskan penggunanya untuk memodifikasi bagian `Power options` ini.

Baca juga artikel:

Evercoss A76, Octa Core Diharga Rp1,6 juta

Xiaomi Mi Note Pro, Naik Kelas dengan Layar 2K

Ini Cara Blokir SMS Penipuan Mama Minta Pulsa

Artikel Lainnya

Komentar

05 Oktober 2014 - 12:18
pada laptop saya, terkadang muncul not charger dan terkadang full dan tidak bisa hidup tanpa charger