LG 65UF850T Tampilan Super Detail, Audio Membahana

Oleh Rachma M on Selasa, 19 Mei 2015 | 23:11

Televisi menjadi salahsatu perangkat hiburan yang mampu menyajikan kenyamanan dalam rumah. Termasuk salah satu televisi besutan LG yang satu ini. Televisi Super Ultra High Definition (UHD) LG 65UF850T diklaim berhasil mengubah peran bioskop untuk menikmati film dengan gambar berkualitas tinggi di rumah. Membawa setiap anggota keluarga sampai ke level yang tak kalah mengesankan, lengkap dengan suguhan visual lebih detil dan suara menggelegar.

LG 65UF850T diluncurkan awal tahun ini, dan tim Pricebook sudah menjajal kemampuan televisi Super UHD berukuran 65 inci tersebut. Desain mirip dengan televisi seri 49UB850T, hanya saja berbeda pada ukuran layar serta teknologi dan kecanggihan yang sudah ditingkatkan.

Spesifikasi LG 65UF850T

Display type LED TV
Resolution 3840 x 2160 pixels
OS WebOS 2.0
Video processing Ultra HD 4K with Tru Ultra HD Engine
Broadcasting system Analog, Digital
Audio Ultra Surround, 2.0 Ch Speaker System – 2 Way 4 Speaker (20 W)
Features Full Web browser, Sound Design by Harman Kardon, Cinema 3D
Port (2) HDMI FHD, (1) HDMI 4K, (2) USB 2.0, (1) USB 3.0, Composite In (CVBS + Audio), Component In (Y,Pb,Pr + Audio)
Network Ethernet, Wi-Fi
Dimensions 1454mm x 904mm x 277mm
Weight 32kg

Review LG 65UF850T

Desain dan layar

Proses pemasangan televisi LG 65UF850T tidak terlalu rumit, mengingat ukurannya yang besar dan berat. Bobotnya sebesar 32 kg dengan stand, sehingga Anda perlu bantuan orang lain untuk membantu proses pemasangannya di rumah.

Bentuk rampingnya dipadukan dengan stand berwarna silver lengkap dengan layar berteknologi Ultra HD 4K (3840 x 2160p). Ukurannya yang lebar membutuhkan banyak ruang, termasuk memperhitungkan jarak antara TV dengan penonton demi kenyamanan sekaligus menghindari resiko sakit mata.

Untuk menilik lebih jauh tampilan gambar yang disajikan oleh layar Ultra HD 4K (3840 x 2160p), kami coba menonton film aksi Gravity dalam resolusi 1080p, terlihat kualitas gambar mampu tersaji dengan baik. Setiap detil gambar seperti kulit keriput hingga lapisan permukaan bumi begitu jelas terlihat.

Baca jugaTV Samsung dengan OS Tizen Siap Menyerbu

Posisi duduk penonton pun tidak harus terpusat pada satu sudut, pasalnya panel in-Plane Switching (IPS) mampu memberikan pengalaman menonton makin nyaman dari posisi duduk mana saja. Termasuk ketika format gambar diubah ke versi 3D, menggunakan kacamata pasif bawaan paket TV pun tetap enak dipandang, serta tak merasa pusing kepala meski berlama-lama menonton film tersebut.

Kenyamanan mata yang dihasilkan pun setali tiga uang dengan kualitas audio televisi LG 65UF850T. Kami sangat menikmati hantaran suara dari sistem audio keluaran Harman/Kardon yang ditambahkan pengaturan dengan tambahan  efek suara Cinema dan Dolby Digital Plus. Ledakan suaranya makin terdengar lantang dan jernih.

Untuk mencoba kemampuan teknologi 4K, kami lantas menjajal dengan mengambil gambar video dari perangkat kamera berteknologi 4K yang berisi aktivitas perjalanan di kompleks Gelora Bung Karno. Hasilnya gambar terlihat menarik, pepohonan rindang warnanya tampak natural, tingkat kecerahan dan reproduksi warnanya pun dapat dikatakan baik.

Sistem Operasi LG 65UF850T

Di dalam tubuh LG 65UF850T sudah tersemat platform Smart TV LG versi pembaharuan, WebOS 2.0. Versi teranyar ini memiliki laman antarmuka yang intuitif, segar, dan mudah digunakan. LG masih mempertahankan desain laman antarmuka dengan menempatkan seluruh shortcut menu berderet yang diletakkan di sisi bawah layar TV.

Namun sekarang pengaplikasiannya makin seru sebab kita bisa menata ulang urutan menu sesuai dengan keinginan. Pada Web OS2.0, pengguna juga tak perlu lagi takut kehilangan konten sebelumnya yang sempat dibuka karena platform terbaru ini dapat mengulang kembali konten yang sama meski TV sudah sempat dimatikan. Ya, tampilan konten atau tayangan yang tadinya dibuka akan terpampang diantara deretan shortcut menu.

Baca jugaTV LG Teknologi Quantum Dot 4K Meluncur Januari

Cara mudah untuk mengatur mengatur posisi shortcut menu pada layar ialah dengan meng-klik  tombol ‘Home’, lalu muncul ikon dengan titik tiga yang terdapat pada paling ujung kanan bawah tepat di tengah tombol scroll pada new magic remote, setelahnya kita tinggal menekan lama pada salah satu menu semisal ‘twitter’, kemudian kita bisa mengarahkan kemana menu tersebut akan diletakan, apakah paling utama atau akhir pilihan diantara shortcut menu.

Magic Remote

Menyinggung soal magic remote terbaru sebagai alat pengontrol TV canggih ini, LG pun sudah mendesainnya sedemikian rupa sehingga dirangkumkan fungsi menjadi 5-in-1. Yang berarti pada sebuah alat pengontrol pintar ini telah memiliki tombol menu lengkap, untuk beraneka fungsi pointing, clicking, dragging, gesturing, dan numbering.

Kesimpulan

Sebagai kesimpulan, menurut pengalaman kami selama kurang lebih sepekan menikmati hiburan dengan LG 65UF850T, produk asal Korea Selatan ini bisa menjadi salah satu pilihan TV 4K paling baru dipasaran saat ini. Selain kualitas gambar menakjubkan dengan desain terbilang simpel, disertai hantaran audio bertenaga, juga sistem operasi dengan perkembangan terkini. Menariknya lagi, jika dibandingkan dengan TV cerdas berlayar jumbo lain, seperti Samsung SUHD TV tipe JS9000 berukuran layar juga 65 inci \dibanderol harga diatas 50 juta, yakni Rp. 80 an-juta. 

Baca juga artikel

Harga Asus ZenFone 2 di Indonesia: Ada 4 Varian, Spesifikasi Beda di RAM, Storage dan Jenis Prosesor

7 Langkah Sederhana ini Buat Hasil Foto Kamera Smartphone Lebih Menarik

Tips Aman Membeli Zenfone 2: Berikut Daftar Onlineshop yang Menjual Zenfone 2

Artikel Lainnya

Komentar