Diperbaharui pada Selasa, 2 Januari 2018 | 12:28

Ajukan Kredit Motor, Perhatikan Ini Dahulu Agar Tidak Salah Memilih

Transportasi merupakan salah satu kebutuhan utama setiap manusia dalam beraktivitas sehari-hari. Tidak hanya itu, transportasi memiliki peranan penting dan menjadi penentu tingkat pertumbuhan ekonomi suatu daerah. Semakin baik kualitas transportasi suatu daerah maka semakin tinggi pula pertumbuhan ekonominya.

Kemudahan dan kenyamanan menjadi salah satu pertimbangan masyarakat dalam memilih transportasi yang akan digunakan. Untuk membantu masyarakat, sekarang sudah tersedian layanan kredit motor yang bisa didapat dengan mudah.

Salah satu alat transportasi yang paling banyak digunakan di Indonesia adalah sepeda motor. Sepeda motor dianggap sebagai alat transportasi yang paling efisien, cepat, dan mudah digunakan dalam kegiatan sehari-hari.

Jika Anda pengguna sepeda motor dan beraktivitas di kawasan ibu kota, Anda pasti mengetahui bagaimana kondisi lalu lintas setiap harinya. Cukup melelahkan, bukan? Inilah yang menjadikan masyarakat Indonesia selalu mengandalkan motor sebagai alat transportasi utama sekaligus solusi dari kemacetan yang selalu melanda kota-kota besar.

Seperti yang sudah disebutkan, seiring dengan semakin meningkatnya kebutuhan masyarakat Indonesia terhadap kendaraan bermotor maka pertumbuhan perusahaan pembiayaan (leasing) juga semakin meningkat.

Saat ini, banyak perusahaan leasing yang menyediakan sistem kredit motor dengan penawaran menarik. Pembelian motor secara kredit telah memungkinkan bagi Anda untuk memiliki motor yang dibutuhkan walaupun hanya memiliki dana terbatas. Anda hanya harus melengkapi beberapa dokumen persyaratan dan menyerahkan sejumlah dana sebagai uang muka.

Meskipun pengajuan kredit motor terbilang mudah dan prosesnya cepat, namun Anda harus tetap mempertimbangkan dan memperhatikan beberapa hal sebelum mengajukan kredit motor. Hal ini sebaiknya dilakukan untuk menghindari hal-hal terburuk atau risiko lainnya yang mungkin saja terjadi di masa yang akan datang. Berikut ini beberapa hal yang perlu diperhatikan dan lakukan sebelum mengajukan kredit motor:

1. Pilihlah Perusahaan Leasing Kredit Motor yang Memiliki Kredibilitas dan Reputasi Baik

leasing kredit motor
pilih perusahaan leasing yang baik via wp.com

Saat ini, Anda bisa menemukan banyak perusahaan pembiayaan (leasing) seiring dengan meningkatnya minat masyarakat untuk membeli motor secara kredit. Berbagai perusahaan leasing ini memberikan jasa kredit motor dengan berbagai penawaran menarik, mulai dari uang muka yang rendah, masa cicilan yang panjang, bebas biaya administrasi, sampai bunga yang rendah.

Namun, satu hal yang harus selalu diperhatikan, pilihlah perusahaan leasing yang sudah terpercaya serta memiliki reputasi dan kredibilitas yang baik di bidangnya karena tidak semua penawaran yang baik bisa membawa kebaikan bagi Anda.

Pada umumnya, dealer motor telah bekerja sama atau merekomendasikan perusahaan leasing tertentu kepada Anda. Namun, Anda tetap diberi kebebasan untuk memilih leasing kredit motor yang sesuai dengan kebutuhan. Jangan sampai Anda merasa dipersulit dan dirugikan selama menjalani masa cicilan. Pastikan juga perusahaan leasing yang dipilih tetap berjalan hingga masa cicilan ini selesai.

Oleh karena itu, ada baiknya jika Anda melakukan survei atau perbandingan beberapa perusahaan leasing terlebih dahulu sebelum menentukan dan mengajukan kredit. Pilihlah leasing kredit motor yang ternama, memiliki kinerja yang baik, pelayanan yang memuaskan, dan sesuai dengan kebutuhan Anda. Ada baiknya jika perusahaan leasing yang dipilih terdaftar di Asosiasi Perusahaan Pembiayaan Indonesia (APPI) dan memiliki banyak cabang.

2. Pilihlah Sistem Pembayaran yang Sesuai dengan Kemampuan Anda


mana jenis transaksi yang dipilih? via playbuzz.com

Sama seperti layanan kredit kendaraan lain, di kredit motor kita mengenal dua metode pembayaran, yaitu uang muka (DP) besar dan angsuran lebih kecil atau uang muka (DP) kecil dan angsuran lebih besar. Kedua metode ini tentu saja memiliki keuntungan dan kerugian tersendiri. Salah satu langkah awal yang dapat dilakukan adalah menyesuaikan kebutuhan Anda dengan anggaran keuangan yang dimiliki.

Perhitungkan dan bandingkan dengan saksama jenis motor, biaya kredit, besaran bunga, dan jangka waktu pelunasan. Jangan sampai Anda salah perhitungan dan justru membebani keuangan atau sampai terlilit utang di kemudian hari.

Perhitungan yang ideal dalam menentukan pembayaran kredit motor adalah 30% dari gaji. Jika besar cicilan Anda telah melebihi 30% dari gaji, maka sebaiknya tunda dulu pembelian atau carilah motor dengan harga atau cicilan yang terjangkau keuangan.

Hal ini perlu dilakukan karena sistem kredit sangat menentukan kondisi keuangan Anda kedepannya. Cara lain yang dapat dilakukan adalah carilah dealer yang dapat memberikan kemudahan kepada Anda dalam cara pembayaran, seperti melalui ATM, jasa pos, atau bank lain sehingga Anda dapat lebih fleksibel dalam melalui masa cicilan.

3. Cermat Dalam Mempertimbangkan Berbagai Biaya


ketahui biaya kredit motor via alluremedia.com.au

Dalam sistem pembayaran secara kredit, dikenal penerapan sejumlah biaya yang sangat penting untuk diketahui dan pertimbangkan. Biaya-biaya tersebut meliputi biaya denda keterlambatan, biaya penalti jika terjadi pelunasan utang, biaya pengambilan BPKB jika masa kredit sudah usai, dan biaya-biaya lainnya.

Setiap perusahaan leasing kredit motor memiliki ketentuan dan besaran biaya atau denda yang berbeda-beda. Jangan sampai lupa atau tidak menyadari keberadaan biaya-biaya ini ketika kredit telah berjalan dan merugikan Anda di kemudian hari.

Beberapa hal yang dapat kita lakukan untuk menghindari denda dan biaya lainnya, antara lain:

  1. Perhatikan tanggal pembayaran dan hindari keterlambatan membayar cicilan setiap bulannya karena denda akan menanti Anda.
  2. Cari tahu biaya denda yang diterapkan oleh perusahaan leasing sebelum Anda mengajukan kredit motor.
  3. Tanyakan terlebih dahulu mengenai besarnya biaya pengambilan BPKB ketika kredit Anda selesai. Jangan sampai Anda kaget atau dipersulit ketika baru mengetahuinya di akhir masa cicilan.

Oleh karena itu, Anda harus lebih teliti dan cermat dalam memperhatikan biaya denda yang diterapkan oleh pihak leasing. Jangan sampai biaya atau denda hanya akan menambah daftar utang Anda.

4. Pastikan Motor Dilindungi Oleh Asuransi


jangan ragu gunakan asuransi motor via motorcyclistonline.com

Salah satu hal penting yang perlu diketahui adalah pastikan motor yang sedang dikredit dilindungi oleh asuransi. Hal ini dilakukan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, seperti kehilangan atau kecelakaan dalam masa kredit.

Meskipun sedikit mengeluarkan biaya, namun asuransi sebenarnya memberikan keuntungan lebih dan memberikan rasa aman kepada Anda. Tanyakan lebih lanjut mengenai jenis asuransi ini kepada pihak leasing kredit motor, jumlah biaya yang harus dibayar, cara klaim, dan tempat pengajuan klaim.

5. Jangan Terlalu Cepat Mengambil Keputusan

berpikir kredit motor
pikir matang dulu sebelum menggunakan via economist.com

Setelah keempat hal di atas, hal terakhir yang perlu dilakukan sebelum mengajukan kredit motor adalah pertimbangkan dan perhitungkan segala sesuatu sebelum menjatuhkan pilihan. Jangan sampai Anda mudah terpengaruh dengan penawaran menarik di awal, namun pada akhirnya merugikan juga. Dengan demikian, Anda tidak menyesal dan menjalani masa cicilan dengan tenang dan aman.

Jangan Salah Pilih Leasing Kredit Motor

Kredit motor memang sangat mudah dilakukan dan bermanfaat bagi Anda. Namun, kemudahan dan kelancaran kredit motor sangat ditentukan dari perusahaan leasing yang kita pilih. Jangan sampai Anda salah pilih perusahaan leasing dan akhirnya hanya mendatangkan kerugian bagi Anda.

Segala sesuatunya memang butuh kecermatan, ketelitian, dan tanggung jawab yang besar agar proses kredit motor berjalan lancar. Dengan demikian, jadilah pembeli yang bijak dan teliti sebelum membeli.

Like us!
Rizki Abadi

Contributor

300 Posts