Diperbaharui pada Sabtu, 7 Januari 2023 | 09:18

5 Kerusakan Umum Motor Matic dan Cara Cepat Mengatasinya

penyakit musiman motor maticFoto: Pexels

Motor matik telah menjadi fenomena di pasar otomotif di Indonesia dan berhasil mengalahkan penjualan motor sport dan bebek yang mulai ditinggalkan.

Hampir setiap pabrikan motor di Indonesia, pasti memiliki varian motor matik. Gara operasional yang mudah, hanya tinggal "ngegas" membuat banyak orang jatuh hati dengan motor matik.

Apalagi, kota Jakarta yang saban hari macet. Meskipun sangat populer, motor matik memiliki "penyakit musiman" yang kerap terjadi.

Beberapa penyakit musiman yang paling sering menghampiri motor matic seperti akselerasi berat, bergetar, bensin boros ataupun kenalpot berasap mungkin pernah kamu alami meskipun hanya salah satunya.

Hal ini menandakan bahwa kamu harus segera melakukan tindakan perawatan atau perbaikan sebelum kerusakan merambat dan semakin berakibat fatal.

Daftar Penyakit Musiman Motor Matic

1. Tarikan Gas Motor yang Berat

Foto: djoshe.wordpress.com

Hampir 80 persen performa motor matik bergantung pada tarikan gas. Tarikan motor yang berat karena filter udara yang menjadi penyaring udara masuk ke dalam ruang bakar kotor.

Filter yang kotor bisa disebabkan oleh partikel kotoran dan debu sehingga tarikan motor jadi super berat.

Cara Mengatasi Tarikan Gas Kendor di Motor Matic

Karena itu, Anda harus rajin-rajin mengcek kondisi saringan udara, terlebih jika tarikan gas motor terasa sangat berat. Motor matik menggunakan filter udara jenis basah sehingga filter udara itu tidak bisa dibersihkan tetapi dan harus langsung diganti.

Keuntungannya, filter udara ini lebih tahan dibanding filter udara kering yang harus dibersihkan secara berkala.

2. Mati Mendadak

Foto: mpm-motor.co.id

Salah satu penyebab motor matik mati mendadak mati karena setelan klep yang terlalu rapat. Bila celah terlalu rapat, mesin bakal cepat panas dan akselarasi yang kurang membuat motor matik suka mati mendadak.

Cara Mengatasi Motor Mati Mogok Mendadak

Karena itu, segera lah bawa motor matikmu ke bengkel terpercaya untuk di-setting sesuai standar motor. Jika kerusakan ada pada klep, otomatis harus ganti.

Kalau pun bisa dibetulkan tanpa harus mengganti, untuk memperbaiki klep sangatlah berbeda-beda caranya dan hanya montir bengkel yang paham.

3. Mesin Terlalu Panas

motor matic

Mesin yang terlalu panas atau over heat juga bisa menyebabkan motor matik rusak dan mogok. Hal itu disebabkan oleh sirkulasi oli di dalam mesin yang tersumbat dan membuat ring piston menjadi kering sehingga motor akan mendadak mati.

Cara Mengatasi Motor Over Heat

Suhu panas itu muncul dari sistem pembakaran atau dari gesekan-gesekan yang terjadi antara piston dan liner boring. Kemudian pelumas tidak mempu meredam suhu panas sehingga piston memuai dan macet pada liner boring.

Karena itu, Anda harus segera mengganti pelumas mesin dengan yang baru sehingga dapat melumasi piston yang tersumbat.

4. Gas "Ngadat"

cara atasi motor brebet

Terkadang, motor matik tidak menyala walaupun Anda sudah menarik tuas gasnya. Hal itu disebabkan oleh lubang kecil pada tutup tangki yang berfungsi sebagai ventilator tersumbat.

Cara mengatasi Gas Ngadat

Sumbatan itu membuat sirkulasi udara jadi hilang dan bahan bakar tidak turun atau tidak mengalir. Untuk mengatasi masalah tersebut, pastikan lubang ventilator tutup tangki bersih dan tidak tersumbat.

Anda harus gunakan udara bertekanan atau kompresor untuk membuang kotoran yang menyumbat lubang.

5. Rem Kurang Cakram

Foto: johnhendyofmars.wordpress.com

Rem adalah salah satu komponen paling penting di dalam motor matik, terlebih Anda sering mengendarai motor matik melewati tanjakan dan turunan yang membutuhkan kinerja rem yang besar.

Cara Atasi Rem Cakram Kurang PakemĀ 

Anda pun wajib mengerti ciri-ciri kanvas rem tidak cakram. Tangkai rem terasa keras dan pengereman kurang pakem ketika Anda menekan tuas rem dengan keras.

Solusinya cuma satu, Anda harus segera mengganti kanvas rem dengan yang baru sehingga lebih cakram.

Dengan beberapa tips di atas, Anda tidak perlu risau dan khawatir jika menemukan gejala penyakit pada motor matik Anda sehingga Anda bisa segera memperbaiknya.

Like us!
Imam Ali

Content Writer

1665 Posts

Berbekal photography dan multimedia desain membuka jalan ke perusahaan konsultan cekindo.com. Awali karir jurnalistik di Majalah Chip Foto Video. Ketertarikan pada teknologi dan gadget berkembang ke Majalah Chip dan Chip.co.id, mulai dari review gadget dan peripheral PC, berlanjut ke Tabloid Sinyal dan SinyalMagz. Hobi otomotif memberi kesempatan bekerja di Agency mengawal konten otomotif. Di Pricebook, membuat beragam artikel terkait news, ulasan dan review serta info pasar yang berbasis SEO.