Mau Plat Nomor Cantik? Ini Tarif Barunya!

Oleh Adam Rizal updated Senin, 09 Jan 2017 | 10:44

Image via rivaekaputra.com

Memiliki kendaraan bermotor dengan plat nomor yang berbeda dan unik bisa menjadi kebanggaan dari ciri khas tersendiri. Tidak jarang setiap anda melihat kendaraan mewah yang ada di jalanan, biasanya menggunakan plat nomor yang terbilang unik serta beda dari pada yang lain.

Sayangnya, Anda harus merogoh kocek yang dalam untuk memiliki plat nomor yang cantik.  

Pemerintah pun telah memberlakukan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 60 Tahun 2016 tentang Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) di Lingkungan Polri. Peraturan menggantikan PP Nomor 50 Tahun 2010 dan menetapkan tarif baru pengurusan beberapa dokumen kendaraan bermotor.

Dalam PP Nomor 60 Tahun 2016, Pemerintah menetapkan beberapa kenaikan biaya mulai dari Pengurusan Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK), Surat Tanda Coba Kendaraan Bermotor (STCK), Tanda Nomor Kendaraan Bermotor (TNKB), BPKB dan Nomor Register Kendaraan Bermotor (NRKB) atau lebih dikenal dengan nama pelat nomor cantik (nocan).

Wakil Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya AKBP Indra Jafar membenarkan adanya kenaikan tarif yang diatur dalam PP No 60 Tahun 2016 tersebut. "Iya betul. Memang nomor pilihan itu dulu tidak dikenakan biaya. Tetapi, dengan PP tersebut, kini dikenakan biaya, untuk ketertiban saja," katanya.

Jika sebelumnya pembuatan pelat nomor cantik tidak dikenakan biaya, kini tarif pembuatannya mulai dari Rp 5 juta hingga Rp 20 juta. Pemberlakuan kebijakan penerapan biaya pada pelat nomor cantik itu berlaku untuk nomor satu digit hingga empat digit.

"Dalam regulasi itu ditetapkan penggunaan pelat hanya dibatasi dalam durasi lima tahun penggunaan," kata Dirlantas Polda Jateng Kombes Herukoco seperti dirangkum dari berbagai sumber.

Jika si pemilik tidak memperpanjang pelat nomor cantiknya sehabis masa berlakunya, maka nomor tersebut bisa dimiliki orang lain.

"Jika dalam masa lima tahun tidak diperpanjang lagi, nomor tersebut bisa dimiliki oleh orang lain tanpa harus persetujuan pemilik nomor itu sebelumnya," pungkasnya.

Berikut daftar tarif penerbitan pelat nomor cantik sesuai dengan PP No 60 Tahun 2016:

1. NRKB pilihan 1 (satu) angka
- Tidak ada huruf belakang (blank) Rp 20 juta
- Ada huruf di belakang angka Rp 15 juta

2. NRKB pilihan 2 (dua) angka
- Tidak ada huruf di belakang Rp 15 juta
- Ada huruf di belakang Rp 10 juta

3. NRKB pilihan 3 (tiga) angka
- Tidak ada huruf di belakang angka Rp 10 juta
- Ada huruf di belakang angka Ro 7,5 juta

4. NRKB pilihan 4 (empat) angka
- Tidak ada huruf di belakang angka Rp 7,5 juta
- Ada huruf di belakang angka Rp 5 juta.

Bagaimana? Masih berminat memiliki plat nomor cantik atau yang biasa-biasa saja?

Baca juga artikel:
Putih, Warna Mobil Paling Favorit Tahun 2016
Pemerintah Naikkan Biaya Urus STNK dan BPKB Terbaru, ini Tarifnya
Toyota Avanza, Mobil Terlaris Toyota Tahun Lalu

Artikel Lainnya

Komentar