Diperbaharui pada Kamis, 19 Mei 2022 | 16:15

11 Penyebab Motor Matic Boros Bensin dan Cara Mengatasinya

cara mengatasi motor matic boros bensinFoto: Pexels

Setiap tahunnya, jumlah populasi motor matic di Indonesia terus meningkat. Tidak dapat dipungkiri, motor matic menjadi pilihan utama bagi banyak masyarakat karena praktis dan nyaman digunakan. Apalagi di Jakarta, kota dengan kondisi jalan yang macet.

Kelincahan motor matic di jalanan kota turut andil dalam mendorong kepopulerannya, sehingga menjadi salah satu moda transportasi teratas. Sayangnya, motor matic membutuhkan bahan bakar yang tidak sedikit.

Walau kini beberapa motor matic telah dibekali dengan teknologi irit bensin, namun masih dapat ditemui motor matic yang penggunan bahan bakarnya boros. Lalu bagaimana cara mengatasinya?

Penyebab Motor Matic Boros Bensin

Faktor apa saja yang membuat motor matic menjadi boros bensin? Banyak sekali hal dan situasi yang menyebabkan motor matic jadi boros bensin. Bisa karena keteledoran pemilik motor, atau situasi di jalan yang tidak bisa dihindari.

Dari berbagai masalah yang kerap terjadi, Pricebook mengumpulkan penyebab motor matic boros bensin yang paling sering terjadi dan bagaimana cara agar masalah tersebut tidak terjadi. Berikut alasannya.

1. Oli Jarang Diganti

Foto: maskoolin.com

Sebagai pengendara motor, Anda wajib mengganti oli secara rutin di waktu tertentu atau setelah kilometer tertentu. Mungkin terdengar sepele, namun hal ini dapat mempengaruhi motor jadi boros bensin.

Jika Anda telat melakukannya, kerja mesin motor akan menjadi berat. Konsekuensinya adalah lebih banyak bahan bakar yang dipakai untuk membuat mesin bekerja lebih kerasa dari biasanya.

2. Terlalu Lama Memanaskan Mesin

Kebiasaan wajib ini mungkin sering dilakukan sebelum menggunakannya. Ya, mesin motor memang sebaiknya dipanaskan dulu sebelum dipakai sehingga oli mesin merata di keseluruhan mesin.

Namun, memanaskan mesin terlalu lama justru membuat motor matic menjadi lebih boros bensin. Agar masalah tersebut tidak terjadi, sebaiknya memanaskan mesin motor dalam waktu singkat saja.

3. Filter Udara Kotor

Foto: djoshe.wordpress.com

Hal ini memang terdengar remeh, namun sebaiknya Anda menaruh perhatian lebih untuk hal ini, karena efeknya cukup besar bila tidak dilakukan dengan rutin.

Filter udara yang kotor di motor matic Anda bisa membuat aliran udara ke ruang bakar terkendala. Hasilnya, efek proses pembakaran menjadi tidak sempurna dan membuat boros bensin.

4. Kebiasaan Memutar Gas Kencang

Kebiasaan memutar gas kencang untuk memperoleh akselerasi instan adalah salah satu alasan yang dapat membuat bensin motor matic lebih boros.

Untuk menghindari hal tersebut, sebaiknya, putar gas secara perlahan dan hindari kebiasaan menancap gas terlalu kencang secara dadakan.

5. Busi Aus

Foto: suka8motor

Alasan lain yang menjadi penyebab borosnya bensin di motor matic adalah busi yang sudah aus. Mudahnya, Anda bisa mengganti busi dengan yang baru melalui bantuan teknisi atau bengkel untuk mengatasi permasalahan ini.

Namun untuk menghemat pengeluaran, Anda juga dapat mengganti atau membersihkan busi motor sendiri. Lakukan ini secara rutin untuk menghindari masalah boros bensin pada motor matic.

6. Pembakaran Tidak Sempurna

Proses pembakaran yang tidak sempurna akibat jarak renggang pada klep atau valve yang tidak sesuai standar pabrik juga menjadi salah satu penyebab yang membuat bensin motor matic lebih boros.

Untuk itu, selalu pakai bahan bakar dengan oktan tinggi karena sekalipun harganya mahal, namun pembakaran yang dihasilkan jauh lebih baik.

7. Beban Berlebihan

Foto: Jatik

Motor matic memang dirancang khusus sebagai kendaraan kota. Namun adanya bagasi dan bagian depan motor yang besar membuat penggunanya kerap membawa banyak barang berukuran besar di motor.

Kebiasaan ini dapat mengakibatkan motor matic jadi kelebihan beban, yang secara otomatis membuat konsumsi bahan bakar meningkat karena mesin dan komponen motor lainnya jadi bekerja lebih keras ketika motor melaju.

8. RPM (Rotation Per Minute)

Alasan ini untuk membandingkan penggunaan bensin di motor matic dengan motor manual. Indikator kecepatan mesin, RPM, pada motor matic memiliki pergerakan yang tidak stabil sehingga bahan bakar tersedot lebih cepat.

Sementara itu, motor manual dilengkapi gigi yang bisa membuat pergerakan RPM menjadi stabil, dimana hasilnya membuat konsumsi bensin lebih irit.

9. Usia Motor Matic

motor matic borosFoto: motorbalap

Usia motor sangat mempengaruhi penggunaan bahan bakar pada motor matic. Biasanya, motor matic yang sudah tua memiliki performa mesin yang menurun, dimana pengaruhnya berlaku pula pada penggunaan bensin yang boros.

Selain itu, motor matic keluaran lama pun biasanya tidak memiliki fitur yang membuat irit bensin. Jadi bila Anda memiliki motor matic keluaran lama, ada baiknya mempertimbangkan untuk membeli motor baru.

10. Modifikasi dan Tune Up

Motor matic keluaran terbaru dirancang khusus untuk efisien dan irit bensin. Namun pemilik motor terkadang melakukan beberapa perubahan yang tidak sesuai standar perusahaan pembuatnya.

Kondisi motor matic yang sudah tidak sesuai standar pabrik karena telah dimodifikasi dan tune up tersebut secara langsung juga merubah spesifikasi mesin, sehingga penggunaan bensin juga terkena imbasnya.

11. Stop and Go

motor matic borosFoto: dagelan

Berlawanan dengan menempuh perjalanan jarak jauh dalam kondisi jalanan lancar dan kecepatan stabil yang membuat pengguna bensin lebih irit, sering berhenti dalam jangka waktu pendek dapat membuat bensin boros.

Saat Anda mengendarai motor matic di kondisi jalanan macet yang sering stop and go, akan membuat penggunaan bensin lebih boros karena jarak tempuh tidak sesuai dengan waktu dan durasi mesin menyala.

Untuk mengatasinya, tentu dengan memilih waktu perjalanan yang paloing minim jam-jam macet atau mencari rute alternatif yang lebih sedikit terjadi macet.

Mulai Irit Bensin Sekarang!

Seperti yang Anda telah ketahui sekarang, penyebab motor matic boros bensin cukup banyak dan beragam. Beberapa membutuhkan perhatian lebih Anda untuk mengatasinya, beberapa lainnya agak sulit untuk dihindari, namun bukan berarti tidak mungkin.

Yang paling banyak andil dari semua ini adalah cara penggunaan yang salah dan cara perawatan motor matic yang tidak sesuai. Untuk itu, selalu cek komponen motor matic Anda secara berkala, ganti oli sesuai anjuran dan gunakanlah bahan bakar oktan tinggi agar pengeluaran bensin lebih irit!

Like us!
Restu Aji Siswanto

Content Writer

1142 Posts

Gemar mengikuti perkembangan teknologi gawai, baik yang rilis di Indonesia maupun yang tidak masuk pasar lokal. Ketertarikan pada teknologi dan gawai menjadi motivasi untuk terus memberikan informasi, rekomendasi, dan tips berbelanja seakurat mungkin, melalui artikel dan ulasan produk.