Diperbaharui pada Selasa, 10 Juli 2018 | 16:27

Xiaomi Redmi S2 vs Honor 9 Lite, Duel Hp 18:9 Harga 2 Jutaan

Pasar smartphone kelas menengah bisa dibilang merupakan lahan yang persaingan pasarnya sangat ramai. Kenapa? Karena di sini tersedia sangat banyak smartphone handal yang dijual dengan harga terjangkau, dan itu tentu sangat menarik bagi konsumen.

Honor, selaku bagian dari Huawei juga ikut dalam persaingan dengan mengandalkan produk Honor 9 Lite. Hp Android berdesai FullView display murah ini dihadirkan untuk bersaing di pasar smartphone kelas menengah Indonesia.

Tak mau ketinggalan, Xiaomi juga menghadirkan Xiaomi Redmi S2 yang disebut sebagai hp selfie terbaik di jajaran smartphone Xiaomi Redmi Series. Xiaomi sendiri menyatakan menggunakan seri S untuk menjangkau pengguna usia muda.

Menarik untuk mengetahui perbandingan spesifikasi dari kedua hp ini, mengingat kedua hp ini menawarkan keunggulan dari segi spesifikasi yang oke. Berikut adalah perbandingan spesifikasi antara Honor 9 Lite dan Xiaomi Redmi S2:

Desain

Desain Xiaomi Redmi S2

Kedua hp ini mengusung desain kekinian dengan layar fullview rasio 18:9 dan sedikit bezel. Honor 9 Lite memiliki desain bodi yang unik berbahan kaca dengan frame alumunium. Desain 2.5d yang mulus dan ramping ini memiliki lapisan nano optical film di bagian bawahnya.

Sehingga saking mulusnya tampilan Honor 9, kita serasa bercermin ketika melihat ke bagian belakang hp Android Honor ini. Dengan visual seperti itu, Honor 9 Lite terlihat stylish sekaligus mewah.

Sementara Redmi S2 bisa dibilang ramping, tapi dibalik rampingnya, ternyata bobot dari Xiaomi Redmi S2 cukup berat yaitu 170 gram. Tapi hal ini justru memberikan keuntungan tersendiri karena akan membuat smartphone terlihat kokoh dan mantap ketika digenggam.

Dari penjelasan itu, menurut kami Honor dan Xiaomi menggunakan pendekatan yang berbeda dari kedua hp ini. Di mana Honor 9 Lite dibuat dengan tampilan yang lebih cantik, sementara Xiaomi mendesain Redmi S2 agar telihat lebih kokoh.

Layar

Layar Honor 9 Lite

Untuk urusan layar, Honor 9 Lite hadir dengan layar ukuran 5.65 inch beresolusi resolusi FHD+ 1080 x 2160 pixels ~428 ppi density. Layar ini berpanel IPS LCD capacitive touchscreen dengan 16 juta warna.

Sementara Xiaomi Redmi S2 unggul dalam ukuran layar, di mana ukurannya mencapai 5.99 inch IPS LCD. Menariknya, walau menawarkan ukuran lebih besar, resolusi yang diberikan lebih kecil yaitu 720 x 1440 pixel.

Walau begitu spesifikasi layar yang diusung keduanya cukup standar dan banyak digunakan oleh hp di kelasnya. Walau begitu, ukuran layar ukuran ini sudah cukup untuk membuat kita merasa puas ketika menggunakan keduanya untuk bermain game atau nonton video.

Performa

Untuk urusan performa, di kedua hp ini kita akan menemukan dua smartphone dengan SoC berbeda yang menjadi andalannya. Di mana Honor 9 Lite hadir dengan chipset 16nm Kirin 659 octa-core dengan clock hingga 2,36Ghz.

Sementara untuk Xiaomi Redmi S2 masih menggunakan prosesor lawas yang dikenal hemat daya yaitu Qualcomm Snapdragon 625 Octa-core 2.0 GHz Cortex-A53 bersama GPU Adreno 506.

Untuk mendampingi kedua chipset ini, kedua pabrikan menggunakan varian RAM dan ROM ukuran 3GB 32GB dan 4GB 64GB. Keduanya juga menyediakan slot microSD berkapasitas hingga 256GB.

Untuk masalah performa, sebenarnya kedua chipset ini mampu memberikan performa yang tidak jauh berbeda. Hanya saja, Snapdragon 625 dalam beberapa tes masih lebih unggul dari Kirin 659, tapi itu pun hasilnya juga tidak terasa berbeda ketika kita pakai dalam review Honor 9 Lite dan review Xiaomi Redmi S2 yang pernah kami lakukan.

OS

Untuk urusan OS, sebenarnya Honor 9 Lite dan Xiaomi Redmi S2 menggunakan Android Oreo sebagai basis OS nya. Namun, dari seri, Honor 9 Lite masih menggunakan versi Android 8.0, sementara Redmi S2 sudah dalam versi 8.1.

Walau begitu, keduanya sudah menawarkan versi Android Oreo yang dikenal mulus. Untuk UI-nya, Honor 9 Lite sudah dikustomisasi EMUI 8.0 yang menawarkan teknologi AI terbaru dengan penyempurnaan F2FS file system untuk menghasilkan sistem cache yang lebih optimal.

Sedangkan Xiaomi Redmi S2 menggunakan kustomisasi dari MIUI 9.5 yang sudah menawarkan berbagai fitur yang lebih baik dari versi sebelumnya.

Kamera

Honor 9 Lite bisa dibilang menjadi salah satu hp Android termurah saat ini yang memiliki buah 4 kamera. Hp FullView Display ini memiliki 2 kamera utama dengan resolusi 13MP dan 2MP. Sementara kamera depannya juga beresolusi sama 13 MP + 2 MP.

Berbeda dengan Honor 9 Lite, Xiaomi menggunakan resolusi kamera yang lebih besar pada Redmi S2. Di mana hp ini memiliki dual kamera belakang beresolusi 12MP + 5MP AI dan kamera depan beresolusi 16 MP.

Baterai

Di bagian baterai, Honor 9 lite dibekali baterai berkapasitas sebesar 3000 mAh. Sedangkan Xiaomi Redmi S2 menggunakan baterai yang kapasitasnya sedikit lebih besar yaitu 3080 mAh. Namun, dari segi ketahanan, berdasarkan review yang sudah dilakukan, daya tahan keduanya tidak jauh berbeda.

Kesimpulan

Nama Harga di Pasaran Ukuran Layar Detail Prosesor OS Version RAM Memori Internal GPU Resolusi Kamera Belakang Kapasitas Baterai
Xiaomi Redmi S2 RAM 3GB ROM 32GB Rp 1.800.000 5.99 inch Snapdragon 625 8.1 3 GB 32 GB Adreno 506 12 MP 3080 mAh
Honor 9 Lite Ram 3GB Rom 32GB Rp 1.700.000 5.65 inch Kirin 659 8 3 GB 32 GB Mali-T830 MP2 13 MP 3000 mAh
Tabel dapat digeser kiri atau kanan

Dari keseluruhan perbandingan spesifikasi yang sudah dilakukan pada Xiaomi Redmi S2 dan Honor 9 Lite. Terlihat kedua hp memiliki perbandingan spesifikasi yang cukup seimbang, walau di beberapa bagian Xiaomi Redmi S2 lebih unggul tipis, terutama dalam ukuran layar dan kapasitas baterai.

Mengenai pemilihan mana yang lebih baik, itu semua tergantung selera dan budget yang dimiliki. Tapi secara keseluruhan, kedua hp sudah mempunyai spesifikasi yang cukup menjanjikan sebagai hp kelas menengah dan cukup kami rekomendasikan sebagai pilihan hp terbaru kamu.

Like us!
Rizki Abadi

Contributor

300 Posts