Adu Ponsel 1 Jutaan Samsung, Samsung Galaxy V2 VS Samsung Galaxy Z2

Oleh Aris Wibowo updated Jumat, 30 Des 2016 | 12:30

Di zaman teknologi yang terus berkembang, pasar smartphone murah tetap mendapat hati penggunanya. Smartphone saat ini bahkan perlahan menggantikan feature phone yang hanya dapat digunakan untuk berkomunikasi sederhana seperti menelpon dan berkirim pesan.

Samsung pun masuk ke celah tersebut dengan menghadirkan beberapa smartphone berharga terjangkau dengan kemampuan untuk memudahkan berbagai aktivitas keseharian. Sebut saja ponsel Samsung Galaxy V2 yang merupakan ponsel Android murah. Namun, menariknya, Samsung juga memiliki varian Samsung Galaxy Z2 yang hadir dengan OZ Tizen. Dua ponsel ini tentu cukup menarik pengguna entry – level.

Lalu, bagaimana perbandingan kedua ponsel 1 jutaan Samsung ini?

Desain

Melihat bagian desain bodi, kedua ponsel murah Samsung ini hadir dengan desain yang tidak berbeda jauh. Ponsel ini juga sudah menggunakan rangka yang tidak terlalu besar, layaknya ponsel entry level pada umumnya. Kedua ponsel juga sudah menggunakan dimensi yang mirip yakni 121,5 x 6,3 x 10,8 mm.

Bedanya Samsung Z2 hadir dengan berat 127 gram dan Samsung Galaxy V2 memiliki bobot sedikit lebih ringan yakni 123 gram. Dengan desain bodi yang kompak, kedua ponsel sama-sama nyaman dioperasikan. Kedua ponsel Samsung ini juga sudah menghadirkan fitur dual SIM GSM untuk membantu komunikasi.

Layar

Untuk penggunaan harian, kedua ponsel Samsung Galaxy V2 dan Samsung Galaxy Z2 memiliki layar yang seimbang. Kedua ponsel akan menggunakan layar 4 inci dengan panel layar bertipe TFT. Untuk ukuran resolusi layar, kedua ponsel Samsung juga menggunakan ukuran yang sama yakni 480 x 800 pixels.

Alhasil, kedua ponsel 1 jutaan Samsung ini akan menampilkan gambar yang sama jernihnya sehingga ponsel akan nyaman untuk browsing, menonton video dan bermain game. Kedua layar juga sudah menggunakan fitur multitouch sehingga layar nyaman dioperasikan. Samsung juga menghadirkan tombol home dan dua tombol capacitive sehingga pengoperasian ponsel kian mudah. Untuk anti gores, samsung tidak menghadirkan fitur tersebut.

Mesin

Perbedaan kedua ponsel murah Samsung ini justru tampak pada bagian mesin. Samsung Galaxy V2 dibekali dengan prosesor quad-core berkecepatan 1,2 Ghz saja. Prosesor ini akan disokong RAM 1 GB dan GPU standar. Untuk Samsung Z2 menggunakan chipset Spreadtrum SC9830. Prosesor quad-core ini akan disokong GPU mali 400 dan RAM 1 GB. Dengan spesifikasi ini tampak jelas varian Samsung Z2 memiliki spesifikasi lebih unggul dibanding varian Galaxy V2. Memang perbedaan performa tidak terlalu besar mengingat kedua ponsel menggunakan RAM yang sama besar.

Penyimpanan Data

Untuk memori penyimpanan, kedua ponsel murah Samsung ini menggunakan memori internal yang sama besar yakni 8 GB. kedua ponsel juga menggunakan memori tambahan slot microSD 64 GB pada slot sim 2 pada samsung Galaxy V2. Sedangkan, Samsung Z2 hadir dengan memori tambahan slot microSD hingga 200 GB. Dengan tambahan ini, pengguna bisa menyimpan file musik dan video dengan lebih banyak.

Sistem Operasi

Pada bagian sistem operasi, kedua ponsel mengusung sistem yang berbeda. walaupun berbeda, kedua ponsel mengusung sistem yang akan mampu memenuhi kebutuhan pengguna. Samsung Galaxy V2 kali ini menggunakan sistem Android 5.1 Lollipop. Sedangkan, Samsung Z2 menggunakan sistem operasi OS Tizen. Sistem ini merupakan pengembangan sistem Android yang dikembangkan oleh pihak Samsung sendiri.

Kamera

Pada bagian sektor kamera, Samsung Galaxy V2 vs Samsung Galaxy Z2 memiliki kualitas kamera yang sama kuat dengan mengandalkan kamera utama berkekuatan 5 MP pada bagian bodi belakang. Kamera utama ini dibekali dengan fitur LED Flash.

 

Meski kamera utamanya sederhana, kamera ini sudah cukup baik untuk memotret dan merekam. Untuk kamera depan, Sayangnya, Samsung hanya mengandalkan kamera depan 0,3 MP. Meski tidak terlalu baik, kamera depan sudah cukup untuk berselfie dan melakukan video call.

Baterai

Pada bagian baterai, Samsung menggunakan teknologi baterai yang sama kuat, Samsung menggunakan teknologi baterai Li-Ion dengan kapasitas 1500 mAh guna menunjang kegiatan sehari – hari.

Kesimpulan

Kedua ponsel 1 jutaan Samsung ini memang dipersiaplkan Samsung untuk bersaing di pasar ponsel murah. Mengusung desain, mesin dan kamera serupa, Samsung menyiapkan perbedaan pada sisi sistem operasi. Hal ini dimaksudkan Samsung agar pengguna gadget bisa merasakan pengalaman yang berbeda dalam menggunakan sistem OZ Tizen pada Z2 dan sistem Android Lollipop pada V2.

Walaupun demikian, dibanding ponsel entry-level lainnya, Samsung Z2 cukup unggul dengan hadirnya fitur 4G LTE. Fitur ini cocok digunakan untuk berkomunikasi dan browsing yang lebih cepat. Sayangnya, Samsung Galaxy V2 hanya mengusung fitur 3G saja. Dilepas dengan harga yang berselisih 100 ribuan, kedua ponsel 1 jutaan Samsung ini bisa kamu pilih sesuai kebutuhan.

Nama Harga di Pasaran Ukuran Layar Chipset OS Version RAM Memori Internal GPU Resolusi Kamera Kapasitas Baterai
Samsung Galaxy V2 Rp 874,000 4 inch Spreadtrum SC9830 5.0 1 GB 8 GB Mali-400MP2 5 MP 1500 mAh
Samsung Galaxy Z2 SM-Z200 Rp 645,000 4.5 inch - 3 1 GB 8 GB - 8 MP 2000 mAh
Tabel dapat digeser kiri atau kanan

Baca juga artikel:
Duel Ponsel Layar HD, Coolpad Fancy 3 VS OPPO A39
Duel Phablet Premium, Samsung Galaxy J7 Prime VS Infinix Zero 4 plus
Android vs iOS: Kegagalan Perangkat iOS Lebih Tinggi dari Android

Artikel Lainnya

Komentar