Duel Ponsel Premium, Asus Zenfone 3 Deluxe VS Samsung Galaxy S7

Duel Ponsel Premium, Asus Zenfone 3 Deluxe VS Samsung Galaxy S7

Oleh Aris Wibowo on Selasa, 13 Sep 2016 | 11:26

Samsung mencoba menghadirkan senjata pembunuh di kelas ponsel premium, menggunakan varian Samsung Galaxy S7. Ponsel ini hadir dengan desain, spesifikasi hingga fitur yang berbeda dengan ponsel premium pada umumnya. Ponsel Android terbaru ini bahkan hadir dengan fitur iris scanner hingga kamera yang berkualitas tinggi. Hal ini dihadirkan Samsung untuk memuaskan pengguna smartphone saat ini.

Tak dipungkiri, kehadiran ponsel ini membuat banyak produsen terpacu menghadirkan produk untuk bersaing dengan Galaxy S7. Seperti yang dihadirkan Asus dalam varian Asus Zenfone 3 Deluxe. Asus bahkan menggunakan mesin baru dan kamera yang berkualitas. Asus bahkan menggunakan mesin terbaru dari Qualcomm sehingga memberikan performa mesin yang tangguh.

Lalu, bagaimana bila kedua ponsel premium ini disandingkan? Mana yang layak disebut yang terbaik?

Desain

Bicara desain sepertinya Samsung Galaxy S7 layak disebut pemenang. Ponsel Android terbaru ini hadir dengan desain bodi yang terbilang mewah. Samsung menggunakan bodi metal yang berlapis kaca Corning Gorilla Glass. Samsung juga menghadirkan tombol home yang kian responsive dibagian bawah layar.

Asus Zenfone 3 deluxe sebetulnya hadir dengan desain yang tidak kalah mewah. Dalam seri ini, Asus menggunakan bodi metal yang solid. Asus juga kembali menghadirkan tombol volume dan power di sisi samping smartphone. Dibagian belakang, Asus sudah menggunakan sensor sidik jari dibawah kamera utama.

Untuk dimensi, Samsung Galaxy S7 menggunakan tebal bodi hanya 6,9 mm dan berat 151 gram. Sedangkan, Asus Zenfone 3 Deluxe menggunakan tebal bodi 7,5 mm dan berat 170 gram. Dengan dimensi yang lebih compact, Samsung Galaxy S7 memang lebih nyaman dioperasikan. Apalagi, Samsung sudah membenamkan fitur anti air dan debu, IP68.

Layar

Beranjak ke bagian layar, Asus Zenfone 3 Deluxe hadir dengan layar yang cukup lebar. Asus memasang layar 5,7 inci. Layar ini sudah disokong panel Super AMOLED dan resolusi Full HD 1920 x 1080 pixels. Layar ini mampu menghasilkan gambar dan video yang cukup baik. Layarnya yang lebar juga membuat pengguna lebih leluasa mengetik dan bermain game. Asus juga sudah menambahkan fitur Tru2Life sehingga warna kian cerah dan tajam seperti aslinya.

Samsung Galaxy S7 hadir dengan layar berukuran lebih kompak yakni 5,1 inci. Layar ini sudah disokong panel Super AMOLED dan resolusi QuadHD 2560 x 1440 pixels. Layar ini tentu mampu menampilkan gambar dan video yang lebih detail.

Tidak hanya itu, kedua layar juga sudah menggunakan pelindung anti gores Corning Gorilla Glass 4.

Asus Zenfone 3 Deluxe ZS570KL 64GB
  • 0/5
  • 0 reviews
  • 8 threads
Harga termurah

Tidak ada harga

Mesin

Pada bagian mesin, Asus Zenfone 3 Deluxe menggunakan mesin yang berkualitas bahkan terbilang baru. Asus menggunakan chipset Qualcomm Snapdragon 821. Prosesor ini akan disokong RAM 6 GB  dan GPU Adreno 530. Spesifikasi mesin ini menjadikan ponsel premium ini sebagai ponsel pertama yang menggunakan chipset Qualcomm 821 dan RAM besar 6 GB. Tentu tak heran, performa dari ponsel ini sangat cepat saat multitasking.

Berbeda dengan Samsung yang menggunakan mesin premium saat ini. Samsung Galaxy S7 menggunakan mesin Exynos terbaru atau Qualcomm Snapdragon 820. Prosesor ini akan disokong RAM 4 GB.

Untuk sistem operasi, Kedua ponsel menggunakan sistem operasi Android 6.0 Marshmallow. Bedanya, Asus menggunakan Asus Zen UI terbaru, sedangkan Samsung menggunakan Touchwiz UI.

Memori Penyimpanan

Asus menghadirkan memori internal yang cukup beragam yakni 64 GB, 128 GB hingga 256 GB. Asus juga menyediakan pilihan memori tambahan slot microSD 256 GB. Berbeda dengan Samsung yang hanya menghadirkan memori internal 32 GB dan slot microSD 200 GB.

Kamera

Untuk bagian kamera, Asus Zenfone 3 Deluxe menghadirkan kamera utama yang cukup berkualitas. Asus memasang kamera 23 MP dengan sensor Sony IMX318. Dalam kamera ini Asus juga menghadirkan teknologi PixelMaster 3.0. Alhasil, kamera mampu mengambil fokus dengan cepat dan jelas berkat hadirnya Optical Image Stabilization. Kamera ini juga sudah menggunakan lensa sapphire yang kokoh dan kuat. Untuk kamera depan, Asus memasang kamera 8 MP.

Sedangkan samsung Galaxy S7 hadir dengan kamera utama 12 MP. Samsung menggunakan sensor dual pixel yang mampu menangkap gambar dan video lebih jelas. Untuk kamera depan, terpasang kamera 5 MP. Kamera ini hadir dengan kemampuan memotret di kondisi gelap yang cukup baik.

Samsung Galaxy S7 G930FD 64GB
  • 0/5
  • 0 reviews
  • 26 threads
Harga termurah

Tidak ada harga

Baterai

Untuk baterai, kedua ponsel premium Android ini hadir dengan baterai 3000 mAh. Kedua ponsel juga sudah dibekali dengan fitur fast charge.

Kesimpulan

Asus Zenfone 3 Deluxe hadir sebagai penantang serius Samsung Galaxy S7. Asus cukup unggul dengan bagian mesin dan kamera yang bersensor baru. Samsung unggul pada bagian desain dan layar yang berkualitas tinggi.

Nama Harga di Pasaran 4G Network RAM Internal Ukuran Layar Resolusi Kamera Baterai OS Version Chipset
Asus Zenfone 3 Deluxe ZS570KL 64GB Tidak ada harga LTE 6 GB 64 GB 5.7 inch 23 MP Non-removable Li-Ion 3000 mAh 6.0.1 Marshmallow Qualcomm MSM8996 Snapdragon 820
Samsung Galaxy S7 G930FD 64GB Tidak ada harga LTE 4 GB 64 GB 5.1 inch 12 MP Li-Ion 3000 mAh 6.0 Marshmallow Exynos 8890
 

Baca juga artikel:
iPhone 7 Plus VS Samsung Galaxy Note 7, Apa Perbedaannya?
ASUS Resmi Rilis 5 Varian Zenfone 3 di Indonesia! Zenfone Deluxe Dibanderol Rp 11 Jutaan
Duel Ponsel Selfie, Oppo F1 Plus dan Vivo X7 Plus

Artikel Lainnya

Komentar