Adu Smartphone Paling Hits: Samsung Galaxy On7 VS Infinix Zero 3

Adu Smartphone Paling Hits: Samsung Galaxy On7 VS Infinix Zero 3

Oleh Ardiansyah Hana on Senin, 05 Sep 2016 | 16:37

Samsung Electronics Indonesia baru saja mendatangkan seri Galaxy On7 secara resmi ke Tanah air, saat ini sudah bisa kamu pesan melalui toko online Lazada.

Samsung Galaxy On7 datang dengan beberapa keunggulan, seperti dukungan layar seluas 5,5 inch, serta balutan desain elegan dan stylish.

Di rentang harga sama, sebenarnya kamu memiliki banyak pilihan smartphone merek lain, salah satunya adalah Infinix Zero 3, dijual dengan harga tak jauh beda dan menawarkan luas layar yang sama.

Nah, apakah Galaxy On7 layak untuk dipinang? Bagaimana jika diadu dengan smartphone yang dijual dengan harga setara seperti Infinix Zero 3?

Untuk membantu kamu memutuskan, tidak ada salahnya mengetahui dan membandingkan perbedaan spesifikasi diantara kedua smartphone mid-range tersebut sebelum melakukan pembelian.

Samsung Galaxy On7 (2016)
Harga termurah

Tidak ada harga

Kriteria Spesifikasi
4G Network LTE band 1(2100), 3(1800), 5(850), 7(2600), 8(900), 20(800), 40(2300) - G600FY
Ukuran Layar 5.5 inch
Chipset Qualcomm MSM8953 Snapdragon 625
Jumlah Core Octa Core
Kecepatan CPU 2.0 GHz
GPU Adreno 506
RAM 3 GB
Internal 32 GB
Resolusi Kamera 13 MP
Kamera Depan 8 MP, f / 1.9
Baterai Removable Li-Ion 3300 mAh

Infinix Zero 3
Harga termurah

Rp 2,449,000

Kriteria Spesifikasi
4G Network LTE 900 / 1800 / 2100
Ukuran Layar 5.5 inch
Chipset SoC Mediatek Helio X10
Jumlah Core Octa Core
Kecepatan CPU Octa-core 2.2 GHz Cortex-A53
GPU PowerVR G6200
RAM 3 GB
Internal 16 GB
Resolusi Kamera 20.7 MP
Kamera Depan 5MP
Baterai Non-removable Li-Po 3030 mAh

Desain

Melihat banyaknya serbuan ponsel yang datang dari brand baru, Samsung kian serius menggarap desain smartphone kelas menengahnya. Penggunaan desain pada Galaxy On7 salah satunya, yang tidak hanya tampak elegan berkat penggunaan material aksen kulit pada back cover, namun dibingkai dengan grip yang diklaim nyaman digenggam.

Lain halnya dengan Infinix Zero 3 yang mengusung konsep lebih kaku, berbentuk  kotak pada keempat sisinya. Akan tetapi, ada hal menarik pada smartphone ini berkat penggunaan tekstur ultra fine crystal pada bagian bodi belakang sehingga terkesan sangat elegan.

Untuk kamu yang mementingkan penampilan dan berjiwa dinamis, Galaxy On7 sangat cocok untuk dipilih karena penggunaan desain yang stylish. Namun, jika kamu menginginkan smartphone dengan gaya unik, Infinix Zero 3 layak dipinang karena penggunaan desain yang sedikit berbeda dengan model lain yang ada di pasaran.

Layar dan UI

Kedua smartphone ini hadir dengan luas layar yang sama, yakni 5,5 inch. Perbedaannya adalah pada resolusi, dimana Galaxy On7 hanya dilengkapi resolusi HD 1280 x 720 piksel, sedangkan Infinix Zero 3 mengusung resolusi lebih tinggi, Full HD 1920 x 1080 piksel.

Untuk Infinix, ia menggunakan panel jenis IPS yang kualitasnya tampak natural, dengan viewing angle seluas 178 derajat. Dalam hal ini, Samsung tidak bisa mengimbanginya karena hanya menggunakan panel TFT, tidak memakai teknologi Super AMOLED seperti yang kamu temukan pada hampir semua smartphone keluaran Samsung di tahun 2016 ini.

Mengenai UI, Infinix mengadopsi XUI yang dikostumisasi dari Android 5.1 Lollipop, diklaim tampil cepat dan memiliki tampilan unik untuk  meningkatkan pengalaman user. Sementara itu, pesaingnya Galaxy On7 menggunakan TouchWiz UI, identik dengan penampilannya yang sederhana, sehingga sangat memudahkan pengguna sewaktu memakainya.

Hardware

Galaxy On7 dijalankan pada OS Android 5.1 Lollipop, didukung chipset Qualcomm MSM8916 Snapdragon 410 dengan prosesor Quad Core 1.2 GHz Cortex-A53 dan GPU Adreno 306, dipadukan RAM 1,5 GB dan memori internal 8 GB.

Lalu, Infinix Zero 3 berjalan pada OS Android 5.1 Lollipop, mengandalkan chipset MediaTek Helio X10 dengan prosesor Octa Core 2.1 GHz 64-bit, dipadukan GPU PowerVR G6200, RAM 3 GB dan internal storage 16 GB.

Diatas kertas, Infinix Zero 3 lebih unggul di segi performa dan multitasking, dapat bekerja baik untuk keperluan gaming dan multimedia, cocok untuk dipilih oleh pembeli yang mengutamakan kinerja sebuah smartphone.

Akan tetapi, penggunaan chipset Snapdragon 410 pada Galaxy On7 dikenal lebih efisiensi daya ketimbang Helio X10 pada Infinix Zero 3, sehingga kamu yang menginginkan ponsel dengan performa stabil dan hemat daya bisa memilih Galaxy On7.

Kamera

Di sektor kamera, Galaxy On7 didukung kamera belakang 13 MP yang disertai LED flash, f/2.1 dan autofocus, serta kamera depan berkekuatan 5 MP yang dilengkapi aperture f/2.2, wide angle, beauty face dan palm selfie.

Sementara itu, Infinix Zero 3 lebih berani dengan penggunaan sensor Sony IMX230 berkekuatan 20,7 MP, disertai dual LED flash dan autofocus, juga kamera depan berkekuatan 5 MP yang dilengkapi LED flash.

Pada sektor fotografi, Infinix kembali menjadi pemenang, dapat dilihat dari penggunaan sensor di bagian belakang yang prima untuk dipakai memotret, terlebih sudah disematkan mode profesional yang siap membantu pengguna mengabadikan gambar sesuai keinginan.

Namun, sejatinya Samsung bisa mengimbangi hal tersebut, dimana sebelumnya ia hanya memasang sensor 8 MP pada beberapa seri smartphone yang dijual dengan rentang harga sama, kini mendapatkan peningkatan sehingga bisa bersaing dengan produk dari produsen baru.

Hal ini juga berlaku pada kamera depan yang sekalipun resolusinya sama, tetapi kamera depan milik Infinix Zero 3 disertai LED alash sehingga lebih bisa diandalkan untuk dipakai memotret di ruangan minim cahaya.

Baterai

Melalui spesifikasi super kuat, Infinix Zero 3 memasang baterai berkekuatan 3.030 mAh. Di sisi lain, Galaxy On7 memasang baterai berkekuatan 3.000 mAh, yang tentu saja jauh lebih tahan lama ketimbang pesaingnya mengingat penggunaan spesifikasi hardware yang lebih rendah.

Jika kamu mementingkan ketahanan baterai, maka Galaxy On7 sangat cocok untuk dipilih. Terlebih, Samsung pun menyematkan fitur Ultra Power Saving Mode dan memiliki baterai yang bisa dilepas pasang sehingga lebih mudah melakukan penggantian, berbeda dengan Zero 3 yang memakai baterai tanam.

Fitur Pendukung

Kedua smartphone terbaru ini didukung dengan konektivitas 4G LTE. Istimewanya, Infinix Zero 3 disematkan teknologi audio Hi-Fi sekelas iPhone 6, menawarkan keluaran suara memukau sehingga bisa memanjakan telinga pengguna.

Sementara itu, pesaingnya Galaxy On7 hanya menawarkan fitur minim. Di sini, kamu tidak dapat menemukan fitur audio kelas atas, gantinya hanya beberapa aplikasi khas Samsung, salah satunya toko aplikasi Galaxy Apps.

Kesimpulan

Dijual dengan harga nyaris setara, Galaxy On7 saat ini bisa kamu beli pesan melalui Lazada dengan bandrol Rp 2.699.000.

Pada masa pemesanan yang dilakukan pada tanggal 29 Agustus sampai 4 September ini, pemesan akan mendapatkan bonus berupa MicroSD SanDisk 16 GB dan kartu perdana Indosat Ooredoo dengan bonus kuota 12 GB dan 1 GB stream musik.

Sementara itu, pesaingnya Infinix Zero 3 saat ini sudah dijual bebas, bisa kamu temukan di berbagai toko online dan offline, dijual dengan bandrol termurahnya saat ini adalah Rp 2.599.000.

Untuk kamu yang bingung, pertimbangannya bisa dilihat dari performa prima dan kemampuan kamera yang baik, sejauh ini kemampuan Infinix Zero 3 jauh lebih unggul ketimbang Galaxy On7.  

Sementara itu, kamu yang mempertimbangkan layanan purna jual, tentu saja Samsung Galaxy On7 layak dilirik, dimana kredibilitas Samsung dalam melayani konsumen bisa dibilang baik, berbeda dengan Infinix yang kinerja layanan purna jualnya masih diragukan mengingat merek ini tergolong baru di Indonesia.

Baca juga artikel:
Perbandingan Ponsel Kelas Menengah, Infinix Hot S dan Oppo F1
Perbandingan Spesifikasi Asus Zenfone Max vs Lenovo Vibe P1 Turbo
Drop Test Note 7 vs Note 5 vs iPhone 6S, Manakah yang Masih Berfungsi?

Artikel Lainnya

Komentar