Mana yang Layak Dipilih, Samsung Galaxy S7 Edge VS Galaxy Note 7

Mana yang Layak Dipilih, Samsung Galaxy S7 Edge VS Galaxy Note 7

Oleh Aris Wibowo on Senin, 08 Agu 2016 | 15:10

Sepanjang tahun 2016 ini sudah cukup banyak ponsel premium yang dirilis. Walaupun demikian, Samsung menjadi produsen yang cukup konsisten merilis ponsel Android terbaru termasuk ponsel premium terbarunya, Samsung Galaxy Note 7. Menariknya, ponsel Android terbaru ini hadir dengan konsep yang mirip dengan Samsung Galaxy S7 Edge. Kedua phablet ini bahkan hadir dengan layar melengkung (Edge) pada kedua sisinya.

Walaupun desain layarnya sama, kedua smartphone ini tentu saja memiliki beberapa perbedaan di dalamnya. Lalu, manakah yang layak dipilih antara Samsung Galaxy Note 7 dan Samsung Galaxy S7 Edge?

Desain

Dibagian desain kedua ponsel premium ini hadir dengan desain yang mirip satu sama lain pada beberapa bagian. Galaxy Note 7 hadir dengan dimensi yang lebih tebal yakni 7,9 mm dan berat 169 gram. Galaxy S7 Edge hadir dengan tebal 7,7 mm dan berat 157 gram. Kedua phablet sudah dibekali setifikat IP68. Bedanya dibagian port USB, Galaxy Note terbaru sudah menggunakan USB Type C.

Kedua ponsel ini hadir dengan teknologi dual edge screen. Keduanya juga menggunakan bodi metal premium dan dilapis kaca serta pinggiran metalik. Kedua ponsel terbaru Samsung ini juga hadir dengan berbagai macam warna bodi.

Layar

Bagian ini memang mirip namun sekaligus berbeda. Ponsel premium Note 7 hadir dengan layar yang lebih lebar yakni berukuran 5,7 inci. Layar ini sudah disokong teknologi Super AMOLED dan resolusi QHD 2560 x 1440 pixels. Layar ini bahkan sudah support konten video HDR.

Via Androidpit

Sedangkan Galaxy S7 Edge hadir dengan layar berukuran lebih ringkas yakni 5 inci. Layar ini sudah disokong teknologi Super AMOLED. Dan resolusi QHD. Dengan resolusi layar yang lebih rapat, ponsel ini mampu menampilkan gambar dan video lebih jelas.

Persamaan kedua ponsel sudah menggunakan layar lengkung dibagian sisi sampingnya. Note 7 sedikit lebih unggul karena layar lengkungnya sudah support S Pen Stylus.

Prosesor

Samsung menghadirkan mesin yang serupa dalam kedua ponsel premium terbaru ini. Samsung masih percaya bahwa mesin Samsung Galaxy S7 Edge masih mumpuni dan bersaing dengan smartphone premium lainnya.

Samsung memasang chipset Samsung Exynos 8890. Prosesor octa-core ini akan disokong RAM 4 GB sehingga performanya cukup cepat untuk multitasking dan bermain game. Samsung juga menghadirkan versi Amerika dengan chipset yang sama yakni Snapdragon 820. Dibagian sistem operasi, kedua ponsel juga akan menggunakan sistem operasi baru, Android 6.0 Marshmallow.

Untuk memori penyimpanan, Samsung Galaxy Note 7 hanya hadir dalam pilihan memori internal 64 GB. Sedangkan, Samsung Galaxy S7 Edge menggunakan memori internal 32 atau 64 GB.

Kamera

Via Androidpit

Tidak hanya mesin, Samsung juga mengusung kamera yang sama. Samsung mengandalkan kamera utama 12 MP dengan sensor dual pixel. Kamera utama sudah dibekali fitur 4K Video. Untuk kamera depan, Samsung juga mengandalkan kamera 5 MP untuk selfie. Kamera ini sudah cukup tangguh untuk memotret dan merekam harian.

Baterai

Untuk pertama kalinya, Samsung Galaxy Edge series hadir dengan baterai yang lebih besar dibanding seri Note. Galaxy Note 7 hadir dengan baterai 3500 mAh, sedangkan Galaxy S7 Edge dibekali baterai 3500 mAh. Kedua perangkat ini juga sudah dibekali fitur quick charge dan wireless charging sehingga pengguna bisa menggunakan perangkat kian mudah.

S Pen

S Pen Stylus tentu menjadi perbedaan kedua perangkat. S Pen memang hadir dalam seri Galaxy Note saja. Walaupun tampak kecil, S Pen hadir dengan fitur lengkap yang bisa menambah produktivitas pengguna Note 7. Dalam versi terbaru ini, bahkan Samsung sudah menghadirkan antarmuka baru sehingga S Pen bisa digunakan di layar lengkung. Samsung bahkan menghadirkan fitur baru seperti fitur translate dan zoom. Fitur ini membuat pengguna bisa bekerja lebih produktif dan lebih mudah. S Pen terbaru ini juga sudah dibekali fitur anti air dan anti debu sehingga bisa digunakan dibawah rintik hujan sekalipun.

Sistem Keamanan

Berbeda dengan S7 Edge yang hanya dibekali Fingerprint sensor pada bagian tombol home, Samsung Note 7 sudah dibekali iris scanner. Dengan teknologi ini, pengguna harus menscan retina mata untuk membuka smartphone dengan cepat dan mudah.

Kesimpulan

Di awal tahun ini, Samsung Galaxy S7 Edge memang menarik banyak perhatian pengguna. Ponsel premium ini hadir dengan desain mewah, layar lengkung dan mesin yang berkinerja tinggi. Namun, Samsung Galaxy Note 7 hadir dengan penyempurnaan yang lebih baik. Smartphone ini hadir dengan fitur yang lebih baru. Layarnya lebih besar bahkan sudah dibekali layar lengkung. S Pen-nya juga sudah dibekali fitur baru sehingga kian lengkap.

Spesifikasi Samsung Galaxy Note 7 vs Samsung Galaxy 7 Edge

Samsung Galaxy Note 7 Spesifikasi  Samsung Galaxy S7 Edge
 4G LTE Jaringan 4G LTE
5,7 inci QHD Layar  5 inci QHD
Android 6.0 OS Android 6.0
Exynos 8890 Chipset  Exynos 8890
Quad-core 2.3 GHz Mongoose + quad-core 1.6 GHz Cortex-A53 CPU  Quad-core 2.3 GHz Mongoose + quad-core 1.6 GHz Cortex-A53 
Mali-T880 MP12  GPU  Mali-T880 MP12 
 32 GB / 4 GB Internal/RAM  64 GB / 4 GB
 12 MP / 5 MP Kamera  12 MP / 5 MP
 3500 mAh Baterai 3600 mAh
Baca juga artikel:
HTC 10 VS Samsung Galaxy S7, Mana Yang Lebih Unggul?
HTC 10 VS LG G5, Mana yang Lebih Superior?
Pre Order Samsung Galaxy Note 7 Dibuka, Berapa Harganya?

Artikel Lainnya

Komentar