iPad Pro 9.7 inci Vs iPad Air 2, Apa Bedanya?

iPad Pro 9.7 inci Vs iPad Air 2, Apa Bedanya?

Oleh Aris Wibowo on Rabu, 23 Mar 2016 | 16:14

Apple telah meluncurkan beberapa produk baru guna mengisi peta persaingan gadget di tahun 2016. Salah satu produk yang dihadirkan Apple ialah iPad Pro 9.7 inci.

Hal ini sekaligus membantah rumor sebelumnya yang mengatakan Apple akan segera merilis iPad Air 3. Selain itu, iPad terbaru ini juga tampak lebih kecil dibanding iPad Pro 12.9 inci yang dirilis tahun lalu. Apple sendiri mengatakan tablet ini hadir untuk memenuhi kebutuhan pengguna tablet yang mencari tablet dengan fitur paling baru namun dengan layar yang sama seperti generasi iPad lama.

Kehadiran iPad Pro terbaru ini tentu membuat goyah pasar iPad Air 2 yang juga sama-sama menggunakan layar sama 9.7 inci. Padahal iPad Air 2 selama ini terkenal sebagai salah satu tablet terbaik di dunia dengan spesifikasi yang cukup mumpuni. Jadi, Apa saja beda iPad Pro 9.7 inci dan iPad Air 2? Layaknya kamu upgrade?

Desain

iPad Pro 9.7

Sekilas desain kedua tablet ini memang tidak berubah banyak. Apple sepertinya masih menerapkan konsep yang sama. Seperti dalam iPhone SE yang juga mengusung desain lama iPhone 5s, Apple juga melakukan hal tersebut pada iPad Pro 9.7 inci yang ternyata mengusung desain lama iPad Air 2. Desain ini juga dianggap masih cukup layak digunakan. Apple menghadirkan dimensi 240 x 169,5 x 6,1 mm dan berat 437 gram. Perbedaan kedua tablet diperkirakan hanya pada warna baru dalam seri iPad pro 9.7 inci.

Layar

iPad Pro 9.7

Di atas kertas, layar dalam iPad Pro 9.7 inci dan iPad Air 2 terkesan sama. Kedua tablet iOS ini menggunakan layar LCD berukuran 9.7 inci dengan resolusi 2048 x 1536 pixels dan teknologi Retina Display. Walaupun sama, layar dalam iPad Pro kabarnya hadirkan peningkatan teknologi layar yang cukup baik.

Layar iPad pro 9.7 inci lebih terang 25 persen dan 40 persen lebih baik dalam hal pantulan cahaya dibanding layar ipad Air 2. Apple juga menghadirkan teknologi True Tone display yang membuat layar tablet iOS terbaru ini semakin jelas dan detail dalam menampilkan gambar dan video. Bahkan, ketika dibandingkan dengan iPad Pro 12.9 inci, layar iPad Pro 9.7 inci tampak lebih jernih dan diklaim lebih hemat daya.

Baca juga Harga Tablet Apple iPad Terbaru

Mesin

Pada saat pertama kali diriis, iPad Air 2 menjadi salah satu tablet terbaik dari Apple. Tablet iOS ini bahkan disebut sebagai tablet dengan mesin bertenaga mengandalkan chipset Apple A8X dan co Prosessor M8.

Sementara itu, iPad Pro 9.7 inci menggunakan chipset A9X dan co-prosesor M9 yang ternyata sama dengan mesin iPad Pro 12,9 inci. Hal ini tentu saja menghadirkan performa yang lebih tangguh dan lebih cepat dibanding iPad Air 2.

iPad Pro 9.7

Kamu bahkan bisa membuka game dan banyak aplikasi dengan lebih cepat pasalnya tablet ini menggunakan RAM 4 GB yang cukup besar untuk tablet. Bandingkan dengan iPad Air 2 yang masih menggunakan RAM 2 GB. Apple tampak serius menggarap sisi performa tablet ini agar bisa bersaing dengan kebanyakan tablet Android yang juga mulai menggunakan RAM 4 GB.

Untuk sistem operasi, Tablet iPad Pro 9.7 inci menggunakan sistem operasi terbaru iOS 9.3 dan iPad Air 2 masih menggunakan sistem iOS 8.1 yang bisa diupgrade ke iOS 9.3. Tentu iPad Pro 9.7 inci memberikan pengalaman navigasi yang lebih cepat dan lebih halus dibanding iPad Air 2.

Baca juga iPhone SE Vs iPhone 5s: Haruskah Saya Upgrade ke iPhone SE?

Memori

Apple mencoba menghadirkan pembaharuan pada memori internal jajaran tabletnya. Hal ini wajar mengingat Apple selama ini tidak pernah menghadirkan slot memori tambahan. Tablet iPad Pro 9.7 inci akan menghadirkan memori internal pilihan lebih besar yakni mulai 32, 128 dan 256 GB. Berbeda dengan iPad Air 2 yang masih menggunakan memori internal 16, 64 dan 128 GB.

Kamera

iPad Pro 9.7

Sekali lagi, iPad Pro 9.7 inci hadir dengan kamera yang berkualitas dibanding iPad Air 2. iPad Pro terbaru menggunakan kamera utama 12 MP yang dibekali teknologi Phase detection autofocus dan Dual LED. Kamera utama ini bahkan bisa merekam video 4K dengan baik. Bandingkan dengan iPad Air 2 yang masih mengandalkan kamera utama 8 MP yang hanya bisa merekam video Full HD 1080p. Tidak hanya itu, dengan lensa aperture f/2.2 membuat kamera di tablet Apple terbaru ini lebih unggul saat pengambilan gambar di kondisi low light.

Untuk kamera depan, Apple meningkatkan kamera dari 1,2 MP di iPad Air 2 menjadi 5 MP dalam iPad Pro 9.7 inci.

Kesimpulan

Dengan spesifikasi yang meningkat cukup jauh, tentu membuat iPad pro 9.7 inci memiliki harga yang jauh lebih mahal dibanding iPad Air 2. Walaupun demikian, peningkatan yang dihadirkan sangat banyak termasuk mesin, memori internal dan kamera. Bahkan iPad Pro terbaru hadir dengan speaker stereo terbaru yang membuat tablet ini semakin nyaman digunakan disisi multimedia dibanding iPad Air 2. Cek juga halaman perbandingan spesifikasi Apple iPad Pro 9.7 vs Apple iPad Air 2.

Jadi sepertinya kamu memang layak untuk update tablet iOS kamu ke iPad pro 9.7 inci ini.

 

Baca juga artikel
Apple Event Munculkan iPhone SE, iPad Pro 9,7’ dan Produk Anyar Lain
Video Adu Daya Tahan Baterai Asus ZenFone Max vs iPhone 6s Plus
Bug iOS: Pengguna iPad dan iPhone Terima "Email Hantu" Dari Tahun 1970

Artikel Lainnya

Komentar