Diperbaharui pada Jumat, 28 Januari 2022 | 10:16

Hp Refurbished vs Hp Second

hp refurbishedImage via Pixabay

Pada umumnya, konsumen lebih memilih untuk membeli hp second karena lebih murah. Namun sebenarnya, ada opsi lain yaitu hp refurbished. Apa, sih yang membedakan kedua jenis produk hp smartphone ini, dan mana yang lebih baik?

Pada artikel kali ini, kita akan membedah secara lengkap kelebihan dan kekurangan hp second dan hp refurbished, agar bisa memudahkan Anda dalam mengambil keputusan membeli.

Alasan Hp refurbished dan hp second masih dicari

hp secondImage via Pixabay

Penggunaan Hp saat ini telah menjadi kebutuhan primer bagi setiap orang. Siapapun membutuhkan perangkat ini untuk berkomunikasi, hingga sebagai media hiburan seperti menonton video streaming, mendengarkan lagu, hingga bermain game.

Berbagai jenis dan merek Hp bermunculan di pasaran dengan spesifikasi yang berbeda-beda juga. Dari harga yang paling murah hingga yang paling mahal. Semakin tinggi harga Hp, maka semakin lengkap pula fitur yang ditawarkan. 

Namun tidak semua orang dapat menjangkau harga Hp yang diinginkan dengan budget yang dimiliki untuk membeli yang baru, dari sini lah, hp refurbished dan second menjadi opsi yang dipilih.

Siapa yang tidak senang mendapatkan Hp idaman dengan harga yang lebih miring, walaupun tidak dalam kondisi yang baru?

Perbedaan antara hp refurbished dan hp second

hp seken murahImage via Pixabay

Walau kesannya agak mirip, namun keduanya sangat berbeda. Oleh karena itu, Anda perlu mengetahuinya lebih jelas lagi. Berikut merupakan perbedaan dari hp refurbished dan hp second.

1. Pihak yang memperbaiki

Hp refurbished adalah hp bekas display atau retur yang diperbaiki oleh pabrik aslinya secara langsung, untuk dijual kembali. Kualitasnya tentu lebih terjamin karena hp refurbished memang akan dijual kembali sebagai produk “baru”.

Sedangkan Hp second merupakan Hp bekas pakai yang umumnya dijual ke dealer-dealer hp, atau secara perorangan. Hp jenis ini umumnya tidak mengalami perbaikan, kecuali kalau kerusakannya sudah cukup parah.

2. Jaminan garansi

Untuk hp berjenis refurbished, karena dikerjakan langsung oleh pabrik pembuatnya, maka akan dilengkapi dengan jaminan garansi, baik lama maupun singkat. Sedangkan hp berjenis second, umumnya tidak memiliki garansi.

3. Harga

Bicara soal harga, hp jenis refurbished akan lebih mahal karena komponen yang digunakan untuk memperbaiki berkualitas dan langsung dari pabriknya. Sedangkan jenis second kebanyakan menggunakan komponen buatan pihak ketiga.

4. Kemasan

Hp refurbished kemasannya lebih rapi. Produk ini dijual selayaknya hp baru lengkap dengan aksesorisnya, namun di dalam kotaknya akan diberi keterangan bahwa hp tersebut adalah refurbished. Sedangkan jenis hp second pada umumnya dijual tanpa kardus.

Kelebihan dan kekurangan membeli hp refurbished

hp refurbished murahImage via Pixabay

Ketika Anda memutuskan untuk membeli hp refurbished, maka berikut adalah kelebihan dan kekurangan yang akan Anda dapatkan.

Kelebihan

1. Mirip seperti hp baru

Hp yang tidak memenuhi kualitas standar ini, namun dirakit kembali oleh pihak pabrik untuk dijual lagi, membuat penampilannya tidak berbeda jauh dengan perangkat baru. Kelengkapan aksesorisnya pun semua baru.

2. Harga lebih murah dari hp baru

Harganya bisa dipastikan lebih murah jika dibandingkan dengan harga hp baru. Bahkan pada beberapa produk, selisihnya bisa mencapai setengahnya saja dari yang berjenis baru.

Kekurangan

1. Harga jual yang rendah

Jika berniat untuk mengganti hp refurbished Anda, maka harga jualnya akan merosot. Hp berjenis refurbished ini belum terlalu populer dikalangan pengguna Indonesia, sehingga orang yang akan membeli pun terkadang masih ragu.

2. Usia pakainya menurun

Walaupun hp jenis ini diperbaiki kembali dengan komponen yang berkualitas, namun performanya tidak sebaik dalam kondisi baru, sehingga tidak menutup kemungkinan akan terjadi kerusakan ebih cepat dari yang seharusnya.

3. Garansi lebih pendek

Perangkat hp refurbished mendapatkan garansi resmi dari vendor pembuatnya, namun masa garansinya berbeda dengan perangkat hp baru, malah pada beberapa produk, kurang dari satu tahun.

Kelebihan dan kekurangan membeli hp second

harga hp second murahImage via Pixabay

Memutuskan untuk membeli hp second juga memiliki kelebihan dan kekurangannya. Berikut kami jabarkan apa saja yang perlu Anda perhatikan.

Kelebihan

1. Harga lebih murah

Salah satu kelebihan hp second adalah harganya yang lebih murah. Harga ini juga bergantung pada kondisi hp tersebut. Bila beruntung, kita bisa mendapatkan hp second yang baru dipakai kurang dari sebulan, bahkan seminggu, sehingga masih terhitung hp baru.

2. Harga jual masih cukup stabil

Ketika Anda membeli hp second dengan harga murah, umumnya ketika akan menjualnya kembali, harganya tidak akan terlampau jauh dari harga ketika membeli. Apalagi kalau kondisi hp masih mulus, malah kadang harganya naik.

3. Bisa berganti hp tanpa khawatir

Jika Anda adalah tipe orang yang mudah untuk mengganti HP, maka dengan memiliki hp second, akan lebih mudah untuk menjualnya kembali dan membeli jenis hp second lainnya. Kerugiannya tidak akan terlalu banyak.

4. Mengurangi sampah elektronik

Hp yang sudah tidak terpakai dan dibuang akan sangat membahayakan lingkungan akibat bahan-bahan kimia yang dihasilkannya. Membeli hp second bisa membantu mengurangi limbah elektronik.

Kekurangan

1. Komponen tidak prima

Hal ini adalah fakta, karena hp second sebelumnya sudah pernah digunakan oleh pemilik sebelumnya, sehingga performanya pun tidak seprima ketika masih dalam kondisi baru.

2. Harga jual turun ketika generasi baru rilis

Kemungkinan ini akan terjadi ketika Anda berencana untuk menjual lagi hp second Anda. Bila masih dalam masanya, harga terbilang stabil, namun ketika hp generasi selanjutnya rilis, harga jualnya akan merosot.

3. Kemungkinan aksesoris tidak lengkap atau rusak

Dengan membeli hp second, kemungkinan aksesoris yang tersedia tidak lengkap atau rusak sangat besar. Malah kadang hp second dijual tanpa aksesoris sama sekali, dan kita harus membeli, katakanlah, charger baru.

Kesimpulan

Memutuskan untuk membeli hp berjenis refurbished maupun second merupakan pilihan Anda. Secara umum, keduanya adalah hp bekas. Walaupun hp refurbished sendiri masih jarang, bahkan belum terlalu populer di Indonesia, tidak ada salahnya untuk mencoba. 

Salah satu contoh hp refurbished yang dijual kembali ke pasaran adalah Samsung Galaxy Note Fan Edition, yang merupakan perangkat refurbished dari Samsung Galaxy Note 7.

Soal hp second sendiri, seperti layaknya hp baru, terdapat banyak pilihan tipe dan seri yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan budget Anda. Kedua jenis hp tersebut memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Pastikan Anda sudah mempertimbangkan baik-baik sebelum membeli.

Like us!
Imam Ali

Content Writer

1093 Posts

Berbekal photography dan multimedia desain membuka jalan ke perusahaan konsultan cekindo.com. Awali karir jurnalistik di Majalah Chip Foto Video. Ketertarikan pada teknologi dan gadget berkembang ke Majalah Chip dan Chip.co.id, mulai dari review gadget dan peripheral PC, berlanjut ke Tabloid Sinyal dan SinyalMagz. Hobi otomotif memberi kesempatan bekerja di Agency mengawal konten otomotif. Di Pricebook, membuat beragam artikel terkait news, ulasan dan review serta info pasar yang berbasis SEO.