Pilih Mana, Samsung S6 Edge+ atau Apple iPhone 6 Plus?

Oleh Aris Wibowo on Selasa, 01 Sep 2015 | 13:27

Samsung beberapa waktu lalu merilis Samsung Galaxy S6 Edge+ yang diklaim menjadi pesaing tangguh untuk Apple iPhone 6 Plus. Kedua phablet ini hadir dengan layar yang cukup lebar dengan desain premium.

Samsung hadir dengan layar lengkung di kedua sisinya membuat tampilan yang lebih futuristik. Sementara itu, Apple juga menghadirkan spesifikasi mesin dan kamera yang cukup tangguh. Lalu, bagaimana spesifikasi kedua phablet kala disandingkan? Mana yang lebih baik? Berikut uraiannya

Desain

Kedua smartphone kelas premium ini hadir dengan desain yang nyaman dan pas ditangan meski mengusung dimensi yang cukup besar. S6 Edge+ hadir dengan dimensi 154 x 75 x 6,9mm, sementara iPhone 6 Plus 158 x 77 x 7,1 mm. Meski mengusung layar yang lebar, Samsung hadir dengan tombol Home yang kecil dan bezel yang tipis. Samsung cukup ringan yakni 153 gram dan Apple 172 gram.

Galaxy series menggunakan bodi berbahan aluminium dengan lapisan kaca, sementara iPhone hadir dengan aluminium unibody.

Layar

Samsung menawarkan layar yang sangat mengesankan dengan teknologi Super AMOLED berukuran 5,7 inci resolusi QHD 2560 x 1440 pixels. Sementara itu, Apple menawarkan layar 5,5 inci Retina display resolusi Full HD 1920 x 1080 pixels.

Baca juga: Perbedaan Samsung S6 Edge+ dengan S6 Edge

Mesin

Samsung dan Apple membenamkan mesin yang paling baru sehingga kamu tidak perlu mengganti ponsel hingga dua tahun ke depan. Samsung Galaxy S6 Edge+ hadir dengan mesin powerfull Exynos 7420 octa-core dengan RAM 4 GB. Spesifikasi ini cukup unggul bila dibandingkan Apple iPhone 6 Plus yang hanya menggunakan prosesor Apple A8 dan RAM 1 GB saja.

Pada bagian memori internal, Samsung menghadirkan pilihan memori 32 dan 64 GB saja. Sementara Apple menghadirkan pilihan 16, 64 hingga 128 GB. Untuk menyokong penggunaan harian, Samsung Galaxy S6 Edge+ dibekali baterai 3000mAh, sedangkan iPhone 6 Plus hanya 2915 mAh saja.

Kamera

Memotret dengan Galaxy S6 Edge+ ataupun iPhone 6 plus cukup mudah, cepat dan menyenangkan. Samsung membawa kamera utama 16MP dan kamera depan 5MP. Sedangkan Apple hanya mengusung kamera utama 8MP dan kamera depan 1,2MP.

Kesimpulan

IPhone 6 plus tidak bisa dipungkiri pengembangan terbaik perangkat iOS 9. Sementara Samsung S6 Edge+ merupakan pengembangan terbaik untuk Android 5.1 Lollipop. Namun, kala bicara fitur ke fitur, tampaknya Samsung masih lebih unggul dengan kamera, layar dan mesin yang lebih baik.

Baca juga artikel

Toshiba Upgrade Laptop Seri Kira 10H dan 10J dengan Jeroan Baru

Data Telepon Mampu Prediksi Wabah Penyakit Menular

Rumor: Spesifikasi Samsung Grand On dan Samsung Mega On Terungkap

 

Artikel Lainnya

Komentar