Action Camera Sony RX0, Pesaing GoPro yang Tahan Banting dan Air

Oleh Ardiansyah Hana updated Rabu, 6 Sep 2017 | 12:25

Sony RX0
Memiliki kualitas tangkapan terbaik, action camera Sony RX0 siap menjadi pesaing kuat bagi GoPro dengan kemampuan tahan banting dan air.

Berdasarkan riset Technavio, prediksi pasar action camera pada 2021 akan mengalami pertumbuhan dengan prosentase sekitar 15%. Oleh karena itu, kini semakin banyak vendor yang merilis action camera terbaru. Salah satunya adalah Sony

Sony kembali memanaskan persaingan di pasar action camera dengan meluncurkan Sony RX0 yang memiliki kemampuan tahan banting dan tahan air. Dengan bentuk compact nan ringan seperti kebanyakan action camera lainnya, Sony RX0 memiliki dimensi bodi 59 x 40,5 x 29,8 mm dengan berat 110 gram.

Sony juga menjamin kekuatannya sehingga ideal dipakai merekam video dan memotret di luar ruangan. Action camera Sony RX0 tahan jatuh dari ketinggian maksimal 10 meter. Tidak hanya itu, perangkat tersebut juga bisa dibawa untuk menyelam hingga kedalaman 10 meter atau 100 meter jika mengenakan case khusus.

Berbicara kualitas, action camera Sony RX0 ini bisa menjadi pesaing GoPro. Pasalnya, Sony RX0 menggunakan sensor 1 inch, sementara pesaingnya menggunakan sensor lebih kecil, misalnya GoPro Hero 5 Black yang hanya menggunakan sensor 1/2.3 inci.

Tidak hanya itu, kemampuan menangkap gambar dari action camera Sony RX0 juga sangat andal. Mengandalkan sensor multi-layer Exmor RS CMOS berkekuatan 15,3MP. Sementara lensa yang dipakainya adalah Zeiss Tessar T*, diklaim setara dengan lensa lebar 24 mm F4.

Sony RX0
Sony RX0 juga memiliki keunggulan lain untuk memotret foto berformat RAW dengan shutter speed 1/32.000 detik dan memiliki kecepatan maksimal dalam memotret hingga 16 frame per detik. Selain itu, pengguna pun bisa menggunakan remote Sony FA-WRC1M untuk menghubungkan maksimal 15 unit action camera Sony RX0 dan memakainya bersamaan.

Nantinya, kamera yang sudah dihubungkan tersebut bisa dipakai untuk merekam video dan slow motion dari berbagai angle. Untuk slow motion sendiri memiliki kecepatan hingga 1.000 frame per detik. Tidak itu saja, kabarnya Sony saat ini tengah menyiapkan aplikasi pendamping sehingga bisa mengkoneksikan hingga 5 kamera sekaligus secara wireless.

Fitur lain yang ditawarkan action camera Sony RX0 adalah MF-assistant, pre-focus, focus peaking dan image profile. Saat memotret atau merekam video, pengguna pun bisa melihat kode-kode untuk memudahkan proses editing, terlebih untuk video yang direkam dari gabungan beberapa kamera.

Rencanannya, action camera Sony RX0 akan dijual pertama kali di pasar Eropa pada bulan Oktober 2017 mendatang. Soal harga, action camera pesaing GoPro ini akan dibandrol 850 euro atau sekitar Rp13 jutaan. Anda tertarik?

Sony RX0
Harga termurah

Rp 7.999.000

Kriteria Spesifikasi
Sensor Type CMOS
Camera Resolution 15.3 MP
Wide Field of View -
Aperture f/ 4
Video File Format XAVC-S, AVCDH
Frame Rates 24, 25, 30, 50, 60 FPS
Memori Eksternal Yes, microSD up to 128GB
Other Features 4K Recording, HD Recording, Wi-Fi, NFC

Baca juga artikel :

Action Camera Murah dengan Review Terbaik dari User 

3 Action Camera Nikon yang Siap Bersaing dengan GoPro 

Tips Merawat Kamera Action Cam Agar Tidak Mudah Rusak 

Artikel Lainnya

Komentar

Halaman Terkait