Diperbaharui pada Selasa, 25 April 2017 | 11:23

Kamera Digital Panasonic Lumix TZ90 Punya Fitur Kamera Mirrorless!


Kamera digital Panasonic Lumix TZ90 memiliki fitur keren sekelas kamera mirrorless seperti teknologi Depth-from-Defocus, Focus Stacking dan Post Focus.

Panasonic terus melakukan inovasi di semua lini produknya, termasuk pada kamera digital Panasonic Lumix TZ90. Produsen asal Jepang ini memang baru merilis kamera digital pocket ini dengan mengungglkan fitur keren sekelas kamera mirrorless.

Sebagai generasi terbaru dari lini Travel Zoom (TZ), kamera digital Panasonic Lumix TZ90 mengemas fitur yang lebih lengkap dibandingkan seri Panasonic Lumix TZ80 yang meluncur awal tahun lalu. Memiliki desain yang nyaris serupa, kamera ini juga sama-sama menggunakan sensor berukuran ½ 3 inch.

Bedanya, kamera digital Panasonic terbaru memiliki resolusi lebih besar yakni 20,3 megapiksel. Sementara penggunaan lensa nya masih sama persis dan mengacu pada standar yang sudah ditetapkan oleh Leica yakni berkemampuan optical zoom 30 x di angka 24-720mm dan mempunyai aperture f/3.3-6.4.


Tidak hanya sensor dan lensa, kemampuan perekaman video pada kamera digital Panasonic Lumix TZ90  juga sama seperti pendahulunya. Dimana memiliki kemampuan merekam video 3840 x 2160 @ 30 fps dan format video lain seperti Full HD 1920 x 1080 piksel dan HD 1280 x 720 piksel.

Yang menarik adalah kamera digital Panasonic ini dilengkapi teknologi Depth-from-Defocus, sebuah fitur pada lini kamera Mirrorless Panasonic dengan kemampuan mengunci fokus dalam waktu yang sangat cepat.

Memadukan dengan fitur burst shoot berkecepatan 10 fps atau 5 fps saat menggunakan modus Continuous AF, tentu saja kinerja kamera digital Panasonic Lumix TZ90 sangat menjanjikan saat menemani pengguna travelling, terlebih hadirnya sistem hybrid OIS 5-axis yang juga ada di dalamnya.


Fitur lain yang dibawa dari lini kamera mirrorless Panasonic adalah Focus Stacking dan Post Focus. Fitur Focus Stacking memungkinkan proses depth of field dapat terjadi secara langsung di dalam perangkat, sedangkan Post Focus bekerja untuk mengganti bagian fokus pada foto setelah pemotretan selesai dilakukan.

Mengenai fungsinya, proses pengambilan gambar akan dimudahkan berkat adanya dukungan LCD seluas 3 inch beresolusi 1,04 juta dot di bagian belakang. Layar tersebut bisa dimiringkan hingga 180 derajat sehingga ideal dipakai berfoto selfie. Sementara itu, kamera nantinya akan masuk ke dalam mode Self Shot secara otomatis.

Tersedia dalam dua varian warna seperti silver dan hitam, kabarnya kamera digital Panasonic Lumix TZ90 akan mulai dipasarkan pada akhir Mei 2017 dengan harga di kisara US$ 449 atau setara Rp5 jutaan.

Kriteria Spesifikasi
Resolusi Kamera 20.3 MP
Tipe Sensor MOS
Maximum Shutter Speed 1 / 2000 s
Maximum Light Sensitivity ISO 6400
Resolusi Video 1920 x 1080 Pixel
Optical Zoom x 30
Digital Zoom x 41.8
Tabel dapat digeser kiri atau kanan

Baca juga artikel :
Kamera Digital Panasonic Lumix DC-ZS70, Berfitur 30x Optical Zoom Hingga Video 4K
Kamera Mirrorless Panasonic Lumix GF9 Mirip Kamera Saku
Panasonic Lumix LX10 dan Lumix FZ2500 Cocok Buat Videografi
Like us!
Ardiansyah Hana

Contributor

787 Posts