Diperbaharui pada Kamis, 14 September 2023 | 11:05

Modal Filter Bikin Kipas Angin Bisa Jadi Air Purifier, Begini Caranya!

cara ubah kipas angin jadi air purifierFoto : Pexels

Udara yang kotor seringkali mendatangkan berbagai penyakit, virus, alergi, kotoran dan debu. Meskipun banyak produk air purifier yang dijual di pasaran dengan berbagai teknologi canggih. Namun, uang yang perlu dikeluarkan juga tidak sedikit. Belum lagi, Anda juga harus melakukan perawatan untuk menjaga alat tersebut agar dapat terus berguna dengan baik baik.

Dengan adanya isu polusi di jakarta saat ini, kehadiran penyaring udara menjadi cukup penting untuk kesehatan Anda dan keluarga di rumah. Udara yang kotor, bisa mengganggu pernafasan.

Selain membeli air purifier, ada cara lain untuk membuat kipas penyaring udara sendiri di rumah. Caranya pun cukup mudah dan hanya membutuhkan bahan-bahan sederhana. Penasaran? Ikuti llangkah-langkah berikut.

Persiapan Membuat Kipas Penyaring Udara

Sebelum mulai membuat kipas penyaring udara yang efektif, Anda memerlukan beberapa bahan yang harus disiapkan diantaranya :

1. Kipas Angin Berbentuk Kotak

Jika Anda belum memiliki kipas kotak, Anda bisa membelinya dengan harga murah di toko kipas terdekat. Pastikan kipas yang Anda miliki berbentuk kotak dengan ukuran standar 20 inci.

Akan lebih baik lagi jika kipas angin yang digunakan memiliki pengatur timer. Namun, jika tidak ada, Anda bisa menggunakan colokan pintar untuk membuat kipas penyaring udara ini.

2. Satu Pack Filter HVAC Rumah

Bahan ini juga dapat Anda beli di toko terdekat dari rumah Anda. Pastikan filter HVAC ini juga berukuran 20 inci. Sebaiknya, gunakan filter HVAC dengan MERV 13, yang berfungsi untuk bisa menangkap partikel yang lebih kecil seperti bakteri dan virus.

3. Kotak Karton dan Gunting

Kotak juga harus memiliki sisi dengan tinggi dan lebar minimal 20 inci. Tetapi sebaliknya, kotak cadangan harus memiliki panjang dan lebar 20 inci. Jika Anda memesan kipas angin atau filter secara online, Anda bisa menggunakan kotak pembungkus yang mereka berikan.

4. Lakban

Lakbar berfungsi sebagai perekat agar filter HVAC dan kipas dapat menyatu dengan baik. Sangat mudah untuk menemukan lakban secara online atau di toko.

Cara Membuat Kipas Penyaring Udara

1. Rekatkan filter

Pasang filter ke bagian belakang kipas dengan panah mengarah ke belakang kipas. Agar lebih efektif, mgunakan dua filter sekaligus untuk aliran udara yang lebih baik. Filter udara seperti ini akan memiliki panah di sisi yang menunjukkan ke arah mana udara seharusnya mengalir melalui filter. Tempatkan kedua filter tersebut secara bersama, dengan panah mengarah ke satu sama lain. Kemudian, gunakan lakban untuk merekatkan sisi 20 inci dari kedua filter menjadi satu untuk membentuk sudut.

2. Pasang Filter ke Kipas

Pemasangan filter ini dapat dilakukan dengan 3 metode.

Gunakan satu filter untuk pembersih kipas kotak DIY sederhana

cara ubah kipas angin jadi air purifierFoto : Digitaltrend

Anda bisa menggunakan 1 filter saja untuk membuat kipas penyaring udara. Tempelkan filter tepat di belakang kipas, udara akan masuk melalui filter di bagian belakang kipas dan kemudian keluar melalui bagian depan kipas. Jika Anda ingin melakukannya dengan cara ini, pastikan saja panah filter menghadap ke bagian belakang kipas.

Gunakan dua filter untuk pembersih udara segitiga DIY

cara ubah kipas angin jadi air purifierFoto : Digitaltren

Rekatkan satu sisi filter ke sisi filter lainnya, membentuk segitiga, lalu rekatkan pada bagian belakang kipas, dengan aliran udara yang lebih besar melalui dua filter. Cara ini akan lebih efektif. Jika ukuran filter tidak pas, gunakan lakban untuk merekatkannya.

Gunakan empat filter untuk kotak pembersih udara DIY

cara ubah kipas angin jadi air purifierFoto : Digitaltrend

Untuk hasil yang lebih maksimal, Anda bahkan dapat menggunakan 4 filter sekaligus. Sambungkan dan rekatkan keempat filter 20 inci tersebut menjadi satu berbentuk tabung, kemudian letakan kipas diatasnya dengan bagian belakang kipas menempel di filter yang telah disatukan.

3. Jiplak dan Gunting Karton

Langkah ini tidak diperlukan jika Anda menggunakan desain satu filter, karena Anda cukup memasang satu filter saja. Namun, untuk 2 filter atau lebih, Anda harus menggunakan lakban untuk menutup celah agar kipas dapat bekerja dengan baik. Anda bisa memulainya dengan memotong karton sesuai bentuk celah yang ingin ditutupi.

Letakkan alat pembersih Anda di sisi karton, dan potong atau jiplak di sekitarnya untuk membuat segitiga karton yang pas dengan celah alat pembersih udara. Gunakan segitiga ini untuk membuat potongan karton cermin untuk sisi lainnya juga.

4. Rekatkan Karton untuk Membuat Segel

Setelah membuat jiplakan karton, pasang pada celah yang ada diantara kipas dan ventilasi, sambil menempel karton, gunakan lakban dan pasang disekeliling tepinya dengan rapi.

5. Ganti Filter Sesuai Kebutuhan

Filter HVAC dirancang untuk diganti setiap beberapa bulan atau lebih. Seiring waktu, filter ini akan menjadi sangat kotor dan tersumbat debu. Dengan begitu, Anda harus rutin memeriksa dan segera mengganti filternya jika sudah sangat kotor, untuk menjaga kebersihan agar kipas penyaring udara dapat bekerja dengan maksimal.

Bagaimana, kini Anda bisa memiliki kipas penyaring udara tanpa harus menghabiskan banyak uang. Selamat mencoba!

Like us!
Imam Ali

Content Writer

1665 Posts

Berbekal photography dan multimedia desain membuka jalan ke perusahaan konsultan cekindo.com. Awali karir jurnalistik di Majalah Chip Foto Video. Ketertarikan pada teknologi dan gadget berkembang ke Majalah Chip dan Chip.co.id, mulai dari review gadget dan peripheral PC, berlanjut ke Tabloid Sinyal dan SinyalMagz. Hobi otomotif memberi kesempatan bekerja di Agency mengawal konten otomotif. Di Pricebook, membuat beragam artikel terkait news, ulasan dan review serta info pasar yang berbasis SEO.