Diperbaharui pada Kamis, 18 November 2021 | 11:18

Cara Mempercepat Kinerja Windows 10 di PC Jadul

cara meningkatkan performa windows 10Foto: Pexels

Seperti diketahui, PC desktop terus berkembang guna meningkatkan performa dan kecepatan kala digunakan. Begitu juga dengan software, termasuk sistem operasi, bagian ini juga turut berkembang agar bisa mengimbangi performa mesin yang meningkat.

Bila Anda menggunakan PC atau laptop keluaran lama yang upgrade sistem operasi ke Windows 10, tentu akan sedikit merasakan penurunan kinerja pada perangkat.

Hal ini wajar, karena sistem operasi yang lebih baru dari sebelumnya, dibekali dengan fitur-fitur dan teknologi yang mengalami peningkatan, sehingga akan mengonsumsi lebih banyak memori dan daya.

Walaupun demikian, performa Windows 10 di PC dan laptop jadul masih bisa dioptimalkan. Berikut cara mempercepat kinerja Windows 10 di PC dan laptop jadul.

1. Batasi Proses Startup

cara meningkatkan performa windows 10

Banyak sekali program yang aktif ketika pertama kali Anda menghidupkan PC dengan Windows 10. Padahal tidak semua program tersebut Anda butuhkan. Hal ini dapat memperlambat kinerja PC.

Untungnya Windows 10 dibeali dengan fungsi untuk mengatur batas proses startup, sehingga Anda bisa mengurangi jumlah program yang menyala saat startup. Waktu yang dibutuhkan untuk boot pun semakin cepat.

Untuk membatasi program, Anda bisa masuk ke Task Manager dengan menekan tombol ctrl+shift+esc bersamaan. Nantinya Anda akan menemukan berbagai program yang berjalan di Windows startup. Pilih program yang tidak Anda butuhkan dan nonaktifkan.

2. Bersihkan Memori

cara meningkatkan performa windows 10

Menu Disk Cleanup sudah hadir di start menu Windows semenjak generasi awal dari sistem operasi buatan Microsoft ini. Menu ini sangat bermanfaat untuk meningkatkan kinerja PC.

Program ini akan menghapus semua file sampah, offline web page, dan installer file yang tidak dibutuhkan. Karena itu lah, selalu bersihkan komputer atau laptop secara berkala dengan Disk Cleanup.

3. Tambah RAM

cara meningkatkan performa windows 10Foto: Pexels

Windows 10 sejatinya tidak membutuhkan memori yang terlalu besar. Namun, bila ingin meningkatkan performa, menambah memori RAM bisa menjadi jalan yang tercepat untuk mempercepat kinerjanya.

RAM yang besar akan membuat kinerja prosesor menjadi terbantu, sehingga performanya secara keseluruhan semakin cepat dan PC atau laptop jadi tidak lemot. Anda bisa melakukan berbagai aktivitas multitasking dengan lancar.

4. Aktifkan Antivirus

cara meningkatkan performa windows 10Foto: Pixabay

Kehadiran Antivirus pada PC dan laptop sangat penting untuk menjaga keamanan dan privasi dari laptop Anda, agar tidak diserang oleh virus-virus berbahaya yang dapat memperlambat kinerjanya.

Anda sebaiknya selalu mengaktifkan antivirus seperti Windows defender atau antivirus lainnya. Pada contoh kasus terburuk, virus atau malware akan menurunkan performa sistem dan hardware.

Jangan lupa juga untuk selalu mengaktifkan Real Protection Time agar PC dan laptop selalu terlindungi.

5. Ubah Mode Power Settings

cara mempercepat kinerja windows 10

Cara ampuh berikutnya untuk meningkatkan performa Windows 10 tentunya dengan mengubah mode power setting ke mode maximum performance.

Dengan memindahkannya ke mode ini, semua sistem akan bekerja dengan high performance. Sayangnya, mode ini akan boros baterai, jadi bia Anda menggunakan laptop, jangan lupa untuk selalu cek daya baterai dan siapkan kabel charger.

6. Matikan Fitur Search Indexing

cara mempercepat kinerja windows 10

Apabila PC atau laptop Anda termasuk perangkat low-power, maka Anda bisa mematikan fitur Search Indexing. Pasalnya, fitur ini dapat memakan cukup banyak memori yang akan memperlambar kinerja PC atau laptop.

Untuk mematikan fitur Search Indexing. Anda bisa melakukannya dengan masuk ke Control Panel, lalu matikan.

Dengan melakukan cara-cara di atas, akan dapat membantu untuk mempercepat kinerja Windows 10 pada PC atau laptop jadul Anda. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan selamat mencoba!

Like us!
Restu Aji Siswanto

Content Writer

1495 Posts

Gemar mengikuti perkembangan teknologi gawai, baik yang rilis di Indonesia maupun yang tidak masuk pasar lokal. Ketertarikan pada teknologi dan gawai menjadi motivasi untuk terus memberikan informasi, rekomendasi, dan tips berbelanja seakurat mungkin, melalui artikel dan ulasan produk.