Diperbaharui pada Senin, 24 Oktober 2022 | 15:15

Cara Backup dan Restore Langsung di Home Screen Hp Samsung Galaxy

cara backup hp samsung

Kesalahan pengguna Ketika menggunakan perangkat smartphone khususnya hp Android sering terjadi, hal itu bisa menyebabkan ponsel menjadi lemot.

Khusus bagi pengguna hp Samsung, ada cara restore home screen Samsung Galaxy yang mudah untuk dilakukan. Hal ini akan meningkatkan performa ponsel seperti semula.

Cara Backup dan Restore Hp Samsung

cara restore hp samsung

Smartphone yang sudah bertahun-tahun digunakan akan lebih baik jika dilakukan restore atau backup ulang. Langkah ini akan menjadi solusi jika ponsel yang Anda gunakan sering bermasalah, lemot dan performanya mulai buruk. 

1. Back-up dan Restore Menggunakan Kode Rahasia

Kode rahasia yang ada di smartphone Samsung bisa dijadikan sebagai solusi untuk mereset ulang ponsel. Banyak orang yang sudah menggunakan cara ini dan mendapat hasil yang signifikan.

Pengguna smartphone wajib mengetahui jenis kode ini, sehingga berbagai cara untuk melakukan restore menjadi lebih mudah. Kerusakan pada HP juga bisa diketahui dengan mudah. 

Beberapa merek ponsel biasanya memiliki kode yang berbeda, khusus bagi pengguna smartphone Samsung Galaxy maka bisa menggunakan cara ini. Namun walau sering dikatakan sebagai cara yang termudah, Anda masih harus berhati-hati tentang beberapa hal.

Melakukan backup dari setiap dokumen yang ada pada ponsel menggunakan pihak kedua penting untuk dilakukan. Jika Anda tidak melakukan backup terlebih dahulu, maka akan membuat data yang ada pada ponsel hilang dan tidak bisa ditemukan lagi.

Cobalah untuk melakukan logout terlebih dahulu pada akun Samsung yang digunakan dan lakukan langkah-langkah berikut.

  1. Buka smartphone Samsung Galaxy yang Anda gunakan
  2. Masuk ke menu telepon atau dial menu yang ada pada ponsel.
  3. Kode yang digunakan adalah *2767*3855# sebagai dial code yang harus dimasukan sebelum melakukan backup. 
  4. Jika Anda masukan dan melakukan dial up secara langsung akan dibawa masuk ke menu factory reset. 
  5. Ketika sudah masuk semua data yang ada pada ponsel akan hilang dan dikembalikan ke pengaturan semula. Cara ini menjadi Langkah termudah yang bisa dilakukan. 

2. Menggunakan Android System Recovery

Smartphone Android, khususnya pengguna Samsung sering mengalami keadaan Blank pada ponselnya, hal ini cukup menjengkelkan dan membuat pekerjaan melambat.

Cara yang satu ini bisa menjadi solusi terbaik jika Anda ingin melakukan restore ponsel ke pengaturan pabrik. Banyak pengguna smartphone Samsung yang mengalami kegagalan Ketika proses booting. 

Jika Anda mengalami kegagalan pada proses tersebut maka cobalah Langkah yang satu ini. Biasanya kegagalan terjadi jika smartphone tiba-tiba saja mengalami bootlop, sebagai kondisi Ketika HP sudah tidak bisa dihidupkan lagi sama sekali.

Ketika Anda akan menggunakan Langkah ini, pastikan jika baterai pada ponsel tersedia sekitar 75 persen atau lebih. Proses ini akan memakan waktu yang lama, dan ponsel Anda akan membutuhkan baterai yang banyak hingga selesai.

Pada saat melakukan proses reset jangan pernah mencoba untuk melakukan sambil mengisi daya baterai. Kalau sudah siap, lakukan langkah-langkah berikut ini.

  1. Sebelum melakukan cara ini pastikan jika baterai berada di atas 75 persen. 
  2. Matikan ponsel yang sedang digunakan terlebih dahulu untuk melakukan proses selanjutnya.
  3. Untuk melakukan proses selanjutnya tekan tombol volume up, home, dan power secara bersamaan. 
  4. Tekan dan tunggu dalam beberapa detik. 
  5. Setelah melakukan Langkah tersebut biasanya pengguna akan dibawa ke menu Android System Recovery Samsung yang ada di ponsel. 
  6. Cara ini tidak akan bisa dilakukan dengan menggunakan touchscreen di layar. Maka, Anda harus menggunakan tombol volume up dan down untuk melanjutkan setting. 
  7. Carilah menu wipe data atau factory reset di bagian recovery system. 
  8. Pilih menu tersebut maka hp akan melakukan reset secara otomatis. 
  9. Nantinya akan muncul perintah Reboot System Now untuk menyelesaikan operasi. 

3. Menggunakan Setting Pada Ponsel

Di beberapa ponsel terbaru biasanya terpasang sistem operasi OneUI, sebagai pengaturan yang berbeda dari TouchWiz di smartphone Samsung lama. Maka menu setting pada OneUI dan TouchWiz akan berbeda dan memiliki Langkah yang tidak sama. 

Setting untuk OneUI:

  1. Masuk ke menu pengaturan atau setting pada ponsel.
  2. Pilih manajemen umum atau dalam Bahasa Indonesia General Management. 
  3. Di dalam menu tersebut Anda harus memilih menu reset atau memilih reset data pabrik.
  4. Setelah dipilih maka akan muncul pemberitahuan jika data yang ada di ponsel akan dihapus, termasuk semua akun yang sudah terhubung sebelumnya.
  5. Tekan tombol reset agar proses selesai. 

Setting untuk TouchWiz:

  1. Pengaturan pada smartphone lama atau TouchWiz ini harus dilakukan dengan masuk ke menu setting terlebih dahulu. 
  2. Pilih menu backup dan reset yang ada pada smartphone. 
  3. Pilih menu factory data reset untuk melanjutkan proses. 
  4. Jangan lupa untuk melakukan backup data yang ada pada ponsel, dan bisa dilakukan dengan memilih Back Up My Data. 
  5. Setelah selesai pilih Factory Data Reset, Anda hanya perlu menunggu hingga proses selesai. 

Manfaat Melakukan Reset HP Samsung

cara restore hp samsung galaxyFoto: Pexels

Dengan melakukan backup dan restore home screen pada hp Samsung Galaxy, maka smartphone akan terlindung dari berbagai isu yang mungkin sudah atau akan terjadi.

1. Terbebas dari Virus dan Malware

Setiap smartphone yang sudah dikembalikan ke pengaturan awal maka akan terbebas dari virus dan malware. Jika sebelumnya Anda pernah melakukan login ke beberapa aplikasi internet banking, semua data yang ada akan Kembali aman.

Untuk mendapatkan hasil yang optimal maka Anda bisa menggunakan factory reset dengan salah satu cara yang telah kami jabarkan diatas. 

2. Peningkatan Performa Android

Sering kali beberapa orang mengalami masalah dengan ponsel yang performanya semakin menurun. Saat ini solusi paling terbaik adalah melakukan restore dan backup, khususnya untuk menyehatkan Kembali Android yang "sakit". 

3. Hapus Aplikasi Secara Permanen

Banyak file sampah yang bisa ditemukan pada ponsel, semua itu berasal dari hasil download dan penggunaan data. Cara paling ampuh adalah dengan melakukan reset ke menu atau pengaturan awal. 

4. Mengosongkan Kembali Ruang Penyimpanan

Beberapa orang sering bermasalah dengan kebutuhan ruang pada ponsel, dan mencari cara restore home screen Samsung Galaxy atau menambah memori eksternal Biasanya beberapa ponsel akan memiliki slot MicroSD yang bisa dijadikan sebagai tambahan ruang.

Masalahnya, tidak setiap ruang internal mampu untuk menaham setiap data yang terlalu banyak dan hal ini akan menyebabkan Android menjadi lemot. Dengan melakukna restore home screen, maka akan tersedia ruangan penyimpanan baru.

5. Atasi Auto Restart pada Hp

Permasalahan utama lainnya dari pengguna smartphone Android adalah ponsel yang sering tiba-tiba melakukan restart sendiri. Kejadian ini akan sangat menjengkelkan dan salah satu solusi utama yang terbaik adalah menjalanan factory reset.

Langkah melakukan factory reset ini pada dasarnya adalah mengembalikan pengaturan pada smartphone ke pengaturan awal atau pabrik menggunakan Recovery Mode. 

6. Cara Terbaik untuk Menjual Hp

Jika Anda berniat untuk menjual hp, melakukan restore atau backup data ini menjadi solusi yang terbaik. Memastikan jika semua data pada ponsel hilang secara permanen, kemudian semua privasi Anda akan selalu terjaga dengan baik. 

Kemudahan Langkah melakukan back up layout home screen Samsung Galaxy menjadi kelebihan utama yang dirasakan penggunanya. Anda hanya perlu mengikuti langkah-langkah di atas untuk mendapatkan manfaat dari backup dan restore hp. Selamat mencoba!

Like us!
Imam Ali

Content Writer

1313 Posts

Berbekal photography dan multimedia desain membuka jalan ke perusahaan konsultan cekindo.com. Awali karir jurnalistik di Majalah Chip Foto Video. Ketertarikan pada teknologi dan gadget berkembang ke Majalah Chip dan Chip.co.id, mulai dari review gadget dan peripheral PC, berlanjut ke Tabloid Sinyal dan SinyalMagz. Hobi otomotif memberi kesempatan bekerja di Agency mengawal konten otomotif. Di Pricebook, membuat beragam artikel terkait news, ulasan dan review serta info pasar yang berbasis SEO.