Kumpulan Inovasi Teknologi Smartphone yang Akan Booming di 2017

Oleh Aris Wibowo updated Kamis, 29 Des 2016 | 12:50 PM

Di tahun 2016, ini kita sudah disuguhi berbagai inovasi teknologi dalam berbagai hal, termasuk dalam pasar smartphone. Di awal tahun ini, pengguna ponsel pintar sudah disuguhi dengan banyaknya smartphone dengan teknologi fingerprint.

Fitur pendeteksi jari ini bahkan sudah menjadi fitur wajib di ponsel kelas menengah ke atas dari smartphone terbaru 2016. Kemudian, hadirnya smartphone dengan chipset baru hingga RAM besar. Di tahun 2016 ini bahkan mulai banyak smartphone dengan RAM 4GB hingga RAM 6GB.

Kini memasuki akhir tahun, dunia smartphone juga dihebabkan dengan tren baru yakni dual kamera. Tren ini bahkan diperkirakan masih akan terus berkembang di tahun 2017 mendatang. Lalu, menjelang pergantian tahun, apa saja inovasi smartphone yang akan booming pada tahun 2017?

Dual Kamera

Image via Droid-Life

Seperti yang sudah diungkap diatas, tahun 2016 ini sudah banyak produsen yang mengeluarkan smartphone premium terbaru dengan teknologi dual kamera. Memang inovasi teknologi ini bukanlah hal baru. Pasalnya teknologi dual kamera ini telah muncul pertama kali pada tahun 2014 dalam perangkat HTC One M8.

Teknologi dual kamera ini diprediksi akan menjadi booming pada tahun 2017. Pasalnya di tahun 2017 ini beberapa produsen chip akan menghadirkan chipset yang support teknologi dual kamera dengan lebih baik. Selain itu, dual kamera semakin booming mengingat kamera smartphone dual kamera mampu menghasilkan foto yang lebih bagus dan lebih detail daripada smartphone single kamera.

Layar Resolusi 4K

Di tahun 2016 lalu, banyak smartphone yang menghadirkan layar yang cukup lebar. Hal ini membuat banyak pengamat memprediksi bahwa di tahun 2017 akan banyak smartphone yang menggunakan resolusi layar 4K. Ini dimaksudkan agar layar lebar pada smartphone mampu menampilkan gambar maupun video yang lebih jelas dan detail.

Memang di tahun 2016 lalu, masih banyak produsen yang menghadirkan layar resolusi Full HD 1920 x 1080 pixels. Resolusi ini dirasa masih mencukupi untuk penggunaan pengguna. Namun, sudah ada beberapa produsen yang menghadirkan inovasi teknologi layar QHD atau 2K. Hal ini semakin memperkuat bahwa tahun 2017 nanti bisa menjadi lahirnya era smartphone layar 4K atau layar Ultra HD 3860 x 2160 pixels. Hingga saat ini pemegang gelar smartphone layar UHD ialah Sony Xperia Z5 Premium.

Layar dengan Bezel Tipis

Image via Forbes

Beberapa tahun lalu, smartphone Samsung Galaxy S6 Edge menggebrak pasar lewat desain layar yang melengkung pada bagian tepinya. Desain ini menjadi inovasi teknologi banyak produsen hingga melahirkan smartphone dengan layar dengan bezel tipis atau layar tanpa tepi. Ditahun 2016 sendiri kamu bisa menemukan varian smartphone Android Xiaomi Mi Mix, yang diklaim sebagai ponsel layar dengan bezel tertipis. Dengan layar tanpa tepi, layar smartphone pun tampak lebih lebar.

Desain Modular

Image via ExpertReviews

Bila beberapa tahun lalu, tren smartphone dengan desain ramping menjadi booming beberapa tahun lalu. Maka di tahun 2017, banyak pengamat yang memperkirakan bahwa desain modular akan menjadi pilihan banyak produsen. Pasalnya, desain modular pada smartphone memungkinkan pengguna untuk melakukan upgrade hardware dengan lebih mudah pada suatu perangkat. Di tahun 2016, LG G5 menjadi pelopor hadirnya smartphone modular.

Pengguna LG bahkan sudah bisa melakukan upgrade smartphone dengan mod baterai, kamera dan komponen lainnya. Motorola juga tidak mau kalah dan menyebutkan akan merilis 12 tipe mod baru di tahun 2017 nanti.

USB Type C

Tahun 2016 beberapa produsen menghadirkan inovasi teknologi pada bagian konektivitas. Beberapa produsen memang secara mengejutkan menghilangkan lubang jack audio 3,5 mm. Namun, hal ini menjadi awal hadirnya teknologi USB Type C yang siap booming di tahun 2017.

Dengan port USB ini, pengguna makin bisa memindahkan data dan mengisi daya ponsel dengan lebih cepat. Tidak hanya itu, hadirnya support audio membuat ponsel bisa digunakan untuk mendengarkan melalui earphone, menggunakan tambahan konektor.

Smartphone dengan Teknologi AR dan VR Makin Berkembang

Image via the Verge

Di tahun 2016 menjadi tahun hadirnya game-game berteknologi AR dan VR. Tidak hanya itu, makin banyak hadirnya headset VR di pasaran. Hal ini membuat tahun 2017 akan booming smartphone dengan teknologi AR dan VR. Tren ini bahkan sudah dimulai dipenghujung tahun ini dengan hadirnya smartphone Huawei Honor Magic yang menjadi smartphone Android paket bundling AR lengkap yang akan dirilis di ajang CES 2017. Motorola juga dikabarkan akan meluncurkan AR Motor Mod tahun depan juga.

RAM yang Lebih Besar

Sudah menjadi hal lumrah, banyak pengguna ponsel yang mencari RAM besar. Pasalnya RAM yang besar membuat kinerja smartphone kian cepat. Di tahun 2016 sendiri sudah ada beberapa smartphone dengan RAM 4 hingga 6GB. Tidak heran dalam Inovasi teknologi tahun 2017, akan banyak smartphone dengan RAM lebih besar yakni 8GB.

Kita nantikan saja, apakah inovasi teknologi diatas benar-benar booming tahun depan?

Baca juga artikel:
Bocoran Xiaomi Redmi Note 4X dengan Layar Curved dan Chipset Snapdragon 653
Jelang Akhir Tahun, Ini Harga Murah Hape Samsung A Series Versi 2016
Selain Lenovo Vibe K5 Plus, 5 Lenovo Vibe Ini Punya Harga Murah dan Dirilis 2016

Artikel Lainnya

Komentar