Diperbaharui pada Senin, 21 Desember 2020 | 10:55

PayLater, Cicilan Tanpa Kartu Kredit Terbaik, Cepat, Bunga Kecil

Oleh Restu Aji Siswanto

Foto: Pexels

Kredit merupakan salah satu terobosan yang bisa digunakan para masyarakat saat ini. Apalagi kini kredit bisa dengan mudah didapatkan dari berbagai aplikasi keuangan yang ada di Indonesia.

Anda bisa membeli barang dengan cara mencicil tanpa harus punya kartu kredit. Layanan ini cukup banyak, sebut saja seperti Home Kredit, AEON dan lainnya. 

Dan seiring berkembangnya dunia perkreditan di Indonesia, kini makin banyak jenis layanan yang ditawarkan. Salah satunya adalah layanan PayLater.

Tidak kalah dengan dompet elektronik, layanan PayLater pun sudah mulai banyak, ada OVO, Shopee, Kredivo dan lainnya. Lalu, apa itu layanan kredit PayLater?

Sederhananya PayLater itu bisa diartikan belanja sekarang bayar nanti. Secara teknis. PayLater tidak berbeda dengan layanan cicilan tanpa kartu kredit.

Layanan PayLater ini bisa digunakan untuk berbelanja kebutuhan sehari-hari, mulai dari belanja online seperti hingga traveling, seperti memesan tiket pesawat, kamar hotel dan lainnya.

Bahkan untuk hal-hal yang mendesak pun bisa menggunakan PayLater, sebut saja isi pulsa atau membeli paket data. 

Pengguna pun dipermudah karena sudah banyak e-commerce yang mengusung fitur ini, diantaranya Shopee PayLater dan lainnya. Atau bagi yang suka traveling bisa memanfaatkan layanan PayLater dari Traveloka.

Selain itu, masih ada beberapa layana PayLater yang bisa ditemukan, apa saja?

Layanan PayLater di Indonesia

Paylater

Berikut pilihan layanan PayLater lengkap dengan cara daftar PayLater dan kelebihan yang ditawarkan dari masing-masing aplikasi.

1. OVO PayLater

OVO adalah alat pembayaran masa kini yang memberikan fasilitas PayLater. Namun, dari hasil pantauan terakhir tim Pricebook sepertinya layanan ini sedang ditangguhkan hingga batas waktu yang belum ditentukan pihak OVO selaku penyelenggara layanan.

Cara Daftar OVO PayLater ini sangat mudah yaitu siapkan E-KTP yang masih berlaku, klik “ajukan sekarang”, isi data, dan setuju aturannya.

Tunggu sekitar 1x24 jam. Cara menggunakan OVO PayLater adalah melakukan pembayaran pada Merchant yang telah bekerja sama, lakukan pembayaran dan pilih OVO PayLater, setelah itu masukan kode OVO. 

Kelebihan yang ditawarkan adalah Cara bayar OVO PayLater yang mudah yaitu setiap akhir bulan yang diingatkan pada tanggal 27, punya uang cadangan, dan bisa membayar tagihan dengan mudah.

Merchants yang bekerja sama dengan  OVO yang paling terkenal adalah Tokopedia dan Shell, Anda juga bisa menggunakan layanan OVO PayLater ini di Merchants Makanan secara offline seperti Yoshinoya dan Pizza Hut.

2. Shopee PayLater

Shopee PayLater adalah salah satu alat pembayaran untuk Shopee dan punya fitur PayLater. Cara Mendaftar Shopee PayLater adalah dengan menggunakan E-KTP dan menunggu verifikasi dari pusat yang memakan waktu sekitar 24 jam.

Kelebihan yang ditawarkan adalah bisa membeli barang di shopee dan membayarnya nanti dengan cicilan yang lumayan kecil.

Cara bayar Shopee PayLater ini sangat mudah, klik saya, shopeePayLater,pilih pembayaran ShopeePay, indomaret, atau virtual account yang akan diingatkan setiap tanggal 25.

Merchants yang bekerja sama dengan dengan Shopee PayLater adalah Gulu-gulu, Goola, dan lainnya

3. Kredivo PayLater

Kredivo merupakan salah satu aplikasi penyedia PayLater. Cara Mendaftar Kredivo adalah dengan cara mengunduh dan meminta persetujuan.

Kelebihan yang ditawarkan adalah fintech dengan aplikasi yang ditawarkan oleh merchants yang bekerja sama seperti Bukalapak, Lazada, Tokopedia, Blibli, dan banyak lainnya, sehingga lebih mudah untuk mengaksesnya.

4. Akulaku PayLater

Akulaku yang merupakan alat pembayaran masa kini juga mengeluarkan PayLater. Cara Mendaftarnya mudah seperti pendaftaran aplikasi yang lain dengan mengajukan permintaan dan menunggu disetujui.

Kelebihan yang ditawarkan adalah bisa digunakan untuk pengajuan ojek online. Merchants yang bekerja sama dengan Kredivo hannyalah toko-toko yang membuka lapaknya di Kredivo saja sehingga tidak bisa sembarangan.

5. Traveloka PayLater

Selanjutnya Traveloka yang merupakan aplikasi Travel juga mengeluarkan PayLater. Cara Mendaftar PayLater Traveloka juga hanya membutuhkan pengajuan dengan menggunakan KTP.

Kelebihan yang ditawarkan dari Traveloka yaitu limitnya yang sangat besar yaitu 50 juta dan bisa kembali lagi setelah Anda membayarkan tagihan sebelumnya.

Merchants yang bekerja sama dengan Traveloka adalah semua produk di Traveloka seperti pesawat, kereta, bus, tempat wisata, dan lain sebagainya yang bisa dibayarkan dengan pembelian aplikasi ini saja.

6. GoPay PayLater

Gojek merupakan salah satu ojek online yang memiliki fitur PayLater. Cara Mendaftar Gojek PayLater seperti pada umumnya yaitu dengan mengajukan permohonan dan disetujui, akan tetapi hanya pelanggan tertentu saja yang bisa menggunakannya.

Kelebihan yang ditawarkan adalah dengan bisa digunakannya di semua merchant GoPay yang semuanya sudah tersedia dalam satu aplikasi Gojek di HP. Dan Merchants yang bekerja sama dengan Gojek ini adalah GoFood, GoRide, GoBluebird, GoPulsa, GoTix, dan juga GoBills.

7. Home Credit

Home Credit juga merupakan lembaga pembayaran yang memiliki fitur PayLater. Cara Mendaftarnya yaitu dengan mempersiapkan KTP seperti pada pendaftaran aplikasi PayLater yang lainnya.

Kelebihan yang ditawarkan ini yaitu dengan adanya fitur pengecekan BI checking dan telah banyak digunakan oleh banyak orang.

Merchants yang bekerja sama dengan Home Credit ini banyak sekali, yang biasanya bisa dilihat pada detail pemesanan, apakah dilanjutkan dengan metode yang lain atau menggunakan Home Credit ini.

8. Indo Dana

IndoDana adalah salah satu penyedia kredit online. Cara Mendaftar IndoDana adalah dengan mengunduh aplikasi dan mendaftarkan diri dengan menyetujui berbagai syarat dan ketentuan yang berlaku.

Kelebihan yang ditawarkan adalah pengajuan kredit HP dengan potongan harga hingga 15%, gratis biaya kirim barang, produk sudah dijamin keasliannya, dan pengajuannya cukup cepat yaitu maksimal hanya 3 hari jadi langsung.

Merchant IndoDana adalah Taspay, UniPin, Duitku, Malline dan lain sebagainya.

9. Vospay

Vospay adalah salah satu penyedia jasa kredit online.  Cara membuat akun Vospay ini sangat mudah, yaitu dengan mendaftarkan diri dan mendapatkan kode OTP langsung bisa digunakan setelah mengisi email.

Kelebihan yang ditawarkan adalah memiliki cicilan multi periode, tanpa aplikasi permohonan, dan tanpa biasa Admin dan mendapatkan promo menarik.

Merchants yang bekerja sama dengan  Vospay adalah berbagai e-commerce di Indonesia secara langsung produk bisa dibandingkan di Vospay dan langsung bayar lewat Vospay jadi tidak perlu banyak aplikasi e-commerce lagi di HP Anda.

10. BRI Ceria

BRI ceria juga merupakan alat penyedia kredit online. Cara mendaftar BRI Ceria sangat mudah, yaitu dengan mengunduhnya di PlayStore, registrasi, dan ajukan pinjaman, jika lolos maka langsung dapat pinjaman.

Kelebihan yang ditawarkan adalah bunga cicilannya yang ringan yaitu hanya 1,42%. Merchants yang bekerja sama dengan BRI Ceria adalah berbagai e-commerce Indonesia, online Travel site, ride sharing dan lainnya.

Perbedaan PayLater dengan Kartu Kredit

paylater

Walaupun ini sama-sama memiliki fungsi yang sama, PayLater dengan kartu kredit ini memiliki berbagai perbedaan yang sangat mendasar, yaitu :

1. Pengajuan

Cara pengajuan PayLater menggunakan dokumen yang bersifat soft file karena pendaftarannya lewat online, sedangkan kartu kredit membutuhkan dokumen fisik karena dilakukan secara offline.

2. Suku Bunga

Suku bunga yang ditetapkan PayLater sekitar 2,9% sampai 4% per bulan, sedangkan kartu kredit sekitar 2,75 sampai 3% per bulan.

3. Limit Pinjaman

Limit yang diberikan PayLater telah ditentukan sesuai dengan aplikasi penyedia, sedangkan kartu kredit memiliki limit yang berbeda-beda yang bisa disesuaikan dengan pendapatan orang yang ingin memakainya.

4. Tenor

Tenor yang diberikan PayLater biasanya mulai dari 1,3,6,10, hingga 12 bulan, sedangkan kartu kredit sekitar 22,24,36, hingga 48 bulan.

5. Keamanan

Keamanan sama-sama diawasi oleh OJK. Bedanya keamanan PayLater menggunakan kode OTP sedangkan Kartu Kredit menggunakan Pin dan tanda tangan.

Kelebihan PayLater Dibanding Metode Pembayaran yang Lainnya

Kelebihan menggunakan PayLater dengan metode pembayaran yang lainnya adalah adanya kemudahan menyelesaikan transaksi Anda kapan saja dan di mana saja.

Kemudahan ini karena menggunakan sistem online sehingga sangat cocok untuk Anda yang sedang memiliki keperluan mendadak tetapi belum memiliki uang.

Kesimpulan

Penggunaan PayLater memang sangat mudah dan banyak. Anda bia memilih berbagai fasilitas PayLater yang disediakan oleh banyak Aplikasi saat ini.

Akan tetapi penggunaannya juga harus bijak. Sesuaikan pinjaman Anda dengan kemampuan Anda untuk membayar, jangan sampai hutang tidak bisa terbayarkan.

Like us!

Komentar