Diperbaharui pada Kamis, 19 April 2018 | 13:58

Motor yang Tampil di IIMS 2018, Dari Honda Sampai Royal Enfield

Salah satu pameran mobil terbesar di Indonesia, Indonesia International Motor Show (IIMS) 2018 resmi dimulai 19 April 2018 hari ini. Bertempat di JI Expo Kemayoran, pameran ini tidak hanya dikuasai oleh produsen mobil saja, tapi juga motor.

Di tahun ini, pameran produk motor IIMS 2018 bisa dibilang cukup istimewa, karena ada banyak perusahaan yang menampilkan produk terbarunya. Walau tidak diikuti oleh Yamaha, tapi produsen lain seperti Honda, Kawasaki, Royal Enfield, Kymco, dan lainnya tetap membuat semarak IIMS 2018 tidak hilang.

Mau tahu motor terbaru apa saja yang ditampilkan di IIMS 2018? Berikut ini diantaranya:

1. Honda Gold Wing dan Honda PCX Hybrid

Honda GoldWing

Honda menampilkan motor besar premium batannya yaitu Honda Gold Wing dalam ajang IIMS 2018. PT Astra Honda Motor (AHM) menyebutkan kalau Honda Gold Wing masuk ke dalam jajaran motor super mewah buatan perusahaannya.

Honda Gold Wing dilengkapi mesin berkekuatan 1.833cc 6-silinder, yang menjadikannya motor dengan varian mesin terbesar Honda saat ini. Motor ini ditawarkan dalam dua model yaitu Bagger Gold Wing dan Touring Gold Wing.

Selain Gold Wing, Honda juga menampilkan varian PCX hybrid. Honda PCX Hybrid menggunakan teknologi sistem gerak hybrid yang jelas sangat canggih, bahkan PCX Hybrid diklaim sebagai motor listrik roda dua pertama di dunia.

Walau menggunakan teknologi hybrid, tapi kekuatan mesinnya masih sama yaitu 1-Silinder SOHC 149,3 cc bertenaga 14,7 PS dan torsi 13,2 Nm. Semua produk ini kabarnya sudah mulai ditawarkan oleh beberapa dealer Honda.

2. Kymco AK550 dan Kymco Like 150i

Produsen motor asal Taiwan ini dua produk motor terbarunya yaitu Kymco AK 550 dan Kymco Like 150i. Kymco AK 550 merupakan produk skuter premium ukuran besar dan punya apasitas mesin mencapai 550 cc berkonfigurasi 2 silinder dengan pendingin liquid.

Tenaga yang dihasilkan mesin itu maksimal adalah 53,4 PS. Motor ini memakai suspensi upside down dan sudah ditambah rem jenis ABS dari Bosch sehingga membuatnya terasa lebih aman dikendarai saat berkendara jarak jauh. Nantinya, motor ini akan bersaing dengan Yamaha TMax.

Sementara Kymco Like 150i adalah produk skuter yang memiliki desain klasik mirip Vespa Primavera 150 yang agak bulat dan dilengkapi ban ukuran kecil. Suspensi depan Kymco Like 150i menggunakan fitur teleskopik dan tipe ganda di bagian belakang. Untuk fitur keselamatannya, terdapat fitur ABS (anti-lock braking system).

3. Suzuki Nex dan GSX-S150 

Setelah cukup lama tak terdengar namanya, akhirnya Suzuki kembali meluncurkan versi terbaru dari Suzuki Nex. Nantinya, Suzuki Nex akan bersaing dengan penguasa pasar motor di Indonesia saat ini yaitu Honda Beat.

Motor ini sendiri sudah mendapat banyak ubahan untuk membuatnya bisa bersaing di pasar motor Tanah Air. Sedangkan Suzuki GSX-S150 kabarnya peluncurannya akan dilakukan di IIMS 2018. Menjelang IIMS, motor ini disebutkan distop distribusinya, kemungkinan hal ini disebabkan karena Suzuki ingin meluncurkan versi barunya.

4. Royal Enfield Himalayan

Tidak hanya pabrikan yang sudah punya nama di Indonesia, produsen motor asal Inggris, Royal Enfield juga ikut meramaikan IIMS 2018. Royal Enfield sendiri selama ini dikenal rajin menghasilkan motor bergaya klasik, termasuk motor yang tampil di IIMS 2018 yaitu Royal Enfield Himalayan.

Motor ini menggunakan mesin berkapasitas 411cc satu silinder SOHC berpendingin udara, mesin ini mempunyai tenaga maksimum 24,5 dk pada 6.500 rpm dan torsi maksimum 32 Nm di 4.250 rpm. Dengan tenaga sebesar itu tentu motor ini menjanjikan pengalaman menyenangkan dalam berkendara ala Royal Enfield.

Sistem transmisinya 5-percepatan manual. Sesuai namanya yang mengusung pegunungan tertinggi di dunia, Royal Enfield dijamin menjadi motor serba guna yang dapat digunakan di segala medan. Bila Anda penasaran dengan kemampuan Himalayan, Royal Enfield menyediakan test ride bagi yang ingin mencobanya.

5. Kawasaki Z900RS Cafe

Bagi Anda penyuka motor bergaya klasik, IIMS 2018 juga menampilkan motor anyara Kawasaki Z900RS Cafe. Motor ini tampil untuk memberi daya tarik bagi Anda pecinta motor bergaya klasik.

Untuk masalah mesin, Z900RS menggunakan basis konsep dari pendahulunya, yakni Z900. Mesin ini sendiri berkapasitas 948cc DOHC 4-silinder berpendingin liquid. Walaupun masih menggunakan basis Z900, tapi tenaga dan torsi yang dihasilkan mesin ini lebih besar dari pendahulunya.

Selain Z900RS Cafe, Kawasaki juga menampilkan motor W175 yang juga mempunyai gaya retro ala motor tahun 70-80an.

6. BMW S1000R dan HP4 Race

Tak mau ketinggalan, produsen produk otomotif asal Jerman, BMW juga menampilkan dua varian motor gede (moge) terbarunya di IIMS 2018. Pertama adalah BMW S1000R, mtor ini sudah mendapat sejumlah update seperti perbaikan gas buang yang lebih ramah lingkungan dan pengembangan mesin agar menghasilkan performa yang lebih mantap.

BMW S1000 menggunakan mesin 999cc empat silinder. Mesin ini mampu menghasilkan torsi maksimal 114 Nm pada 9.250 rpm dan tenaga maksimal 165 PS pada 11.000 rpm. Mesin ini juga diklaim mampu membuat BMW S1000R berlari sampai lebih dari 200 km/jam.

Sementara BMW HP4 Race adalah motor edisi khusus dari BMW yang hanya akan diproduksi sebanyak 750 unit saja. Motor ini banyak menggunakan material serat karbon pada bodinya. Mesinnya sendiri berkekuatan sangat besar, yakni 215 hp. Baik BMW S1000R dan HP4 Race, kedua motor ini akan didatangkan langsung dari Jerman.

Mau Cari Motor Apa?

Ada banyak pabrikan yang ikut serta di IIMS 2018. Sekarang tinggal kamu yang memilih, motor apa yang ingin dibeli. Yang pasti, semua motor ini merupakan versi terbaru dan sudah menggunakan teknologi terkini. Jadi performa yang dihasilkan pun semakin mantap. 

Like us!
Rizki Abadi

Contributor

300 Posts