Diperbaharui pada Kamis, 19 April 2018 | 10:45

Perbandingan Hasil Kamera Redmi Note 5 vs Samsung A8 vs Vivo V9

xiaomi redmi note 5
Setelah lama menunggu kehadiran Xiaomi Redmi Note 5, akhirnya jagoan baru Xiaomi tersebut rilis resmi di pasar Indonesia. Perangkat ini membawa banyak peningkatan di beberapa sektor, salah satunya adalah kamera.

Mengusung fitur dual kamera dengan konfigurasi sebesar 12MP + 5MP memiliki ukuran 1.4 micron. Kehadiran Xiaomi Redmi Note 5 akan menjadi pilihan baru yang tepat untuk gemar berfoto. 

Dalam presentasi saat peluncuran, Steven Shi, Head of Xiaomi South Pacific Region and Xiaomi Indonesia Country Manager, sempat membandingkan ukuran sensor yang digunakan Xiaomi Redmi Note 5 dengan Samsung Galaxy A8 dan Vivo V9 yang baru saja dirilis beberapa waktu lalu. Dan kedua hp tersebut dibanderol dengan harga yang lebih mahal dari Redmi Note 5.

Menurut Steven Shi, ukuran sensor kamera Xiaomi Redmi Note 5 lebih besar dibanding dua perangkat tersebut. Dimana Xiaomi Redmi Note 5 menggunakan ukuran sensor 1.4 micron, sedangkan Samsung A8 dengan sensor size 1.12micron dan Vivo V9 memiliki sensor berukuran 1.0micron.

Dengan ukuran sensor yang lebih besar, kamera Xiaomi Redmi Note 5 bisa menangkap lebih banyak cahaya dan memberikan hasil yang lebih baik dalam kondisi minim cahaya minim, seperti yang terlihat dari perbandingan hasil kamera Xiaomi Redmi Note 5 dengan Samsung A8 dan Vivo V9 di bawah ini :

Xiaomi Redmi Note 5Tulisan masih terlihat jelas dari kamera Redmi Note 5 

perbandingan kamera xiaomi redmi note 5Hasil kamera Xiaomi Redmi Note 5 lebih terang dari Samsung A8 dan Vivo V9

perbandingan kamera

Xiaomi redmi note 5

Steven Shi sendiri mengklaim hasil kamera Redmi Note 5 bisa memberi pencahayaan yang lebih baik saat memotret di ruang cahaya minim. Tidak hanya itu, Steven Shi juga membandingkan sensor Redmi Note 5 dengan dua perangkat flagship yaitu Samsung Galaxy S9 dan iPhone X.

Sensor size yang digunakan Redmi Note 5 sama dengan milik Samsung S9, yaitu 1.4micron dan lebih besar dari iPhone X yang hanya berukuran sensor 1.22micron. Itu artinya, sensor kamera yang digunakan pada Xiaomi Redmi Note 5 sudah sekelas dengan perangkat flagship. 

Kelebihan lain dari kamera di Redmi Note adalah sudah dilengkapi dengan teknologi dual pixel yang mampu memberikan kecepatan auto focus. Dengan demikian, pengguna tidak akan kehilangan momen saat ingin memotret.

Untuk kamera depannya sudah memasang sensor 13MP yang dilengkapi dengan lampu LED Selfie. Meski menggunakan kamera tunggal, namun sudah bisa menghasilkan foto selfie bokeh dengan menggunakan modus portrait.

Hasil kamera Xiaomi Redmi Note 5 juga makin maksimal karena sudah menggunakan teknologi Ai (Artificial Intelligence), sebuah fitur yang kini juga mulai banyak diterapkan sejumlah vendor pada kamera di hp mereka.

redmi note 5
Dengan keberadaan teknologi kecerdasan buatan ini, dual kamera belakang di Xiaomi Redmi Note 5 mampu menghasilkan foto portrait dengan bokeh yang natural. Untuk modus portrait, kamera Xiaomi Redmi Note 5 menggunakan proses yang disebut semantic segmentation yang didasarkan pada algoritma deep learning yang kuat.

Secara teknis, semantic segmentation mencoba memahami dan memecah gambar pada tingkat pixel, serta memisahkan setiap pixel menjadi objek yang sebenarnya. Dan di dalam modus portrait, ada dua lapisan, latar belakang dan latar depan. 

Ketika Portrait Mode digunakan, baik kamera depan dan kamera belakang hadir dengan Beautify 4.0 terbaru Xiaomi, yang memiliki efek berbeda dan telah disempurnakan oleh perhitungan AI untuk tampilan lebih natural hingga terlihat mirip dengan sesi makeup profesional.

Bahkan, tanpa sensor kedua, kamera depan dapat menghasilkan efek bokeh dalam Portrait Mode, berkat teknologi AI yang membantu untuk mengisolasi subjek dari latar belakang. Kemampuan kameranya makin lengkap berkat dukungan aperture f/1.9, EIS (Electronic Image Stabilization), HDR, Burst Mode dan Panorama. 

Kriteria Spesifikasi
OS Version 8
Ukuran Layar 5.99 inch
Screen Resolution 2160 x 1080 Pixel
Detail Prosesor Snapdragon 636
Jumlah Core Octa Core
Kecepatan CPU 2 GHz
GPU Adreno 509
RAM 4 GB
Memori Internal 64 GB
Resolusi Kamera Belakang 12 MP
Resolusi Kamera Utama Lainnya 5 MP
Resolusi Kamera Depan 13 MP
USB microUSB
Tabel dapat digeser kiri atau kanan

Like us!
Nur Abdillah

Content Writer

2444 Posts

Punya pengalaman di beberapa media yang mengulas gadget, seperti Tabloid SMS, Tabloid Roaming, Majalah Digicom hingga Majalah Techlife. Selalu berusaha berbagi informasi yang akurat dan terupdate seputar teknologi dan gadget.