Diperbaharui pada Senin, 25 Maret 2024 | 14:25

4 Cara Mengatasi Keyboard Laptop Tidak Berfungsi atau Tidak Bisa Mengetik

Memperbaiki Kerusakan Keyboard Pada Laptop

Keyboard adalah salah satu perangkat paling penting pada sebuah laptop. Saat keyboard laptop tidak berfungsi, tentu akan berdampak pada banyak hal, terutama aktivitas kerja atau belajar.

Jadi sangat penting untuk mengetahui kerusakan yang umum terjadi pada keyboard laptop, termasuk mencoba mencari solusinya ketika keyboard laptop tidak bisa digunakan.

Salah satu kerusakan yang biasa terjadi adalah keyboard laptop tidak berfungsi sebagian atau bahkan semua tombol keyboard tidak bisa mengetik huruf.

Indikasinya, keyboard laptop tersebut tetap tidak dapat menerima respon sekalipun kamu sudah menekannya dengan keras. Layar laptop akan tetap terlihat kosong karena keyboard laptop tidak bisa mengetik huruf.

Lalu apa yang harus dilakukan jika keyboard laptop tidak berfungsi? Saat keyboard laptop tidak berfungsi, jangan buru-buru mengganti sparepart keyboard.

Cari tau dulu penyebab keyboard tidak bisa mengetik huruf. Setidaknya ada beberapa faktor yang menyebabkan keyboard laptop tidak berfungsi sebagian atau bahkan semua tombol keyboard tidak bisa mengetik huruf.

Penyebab keyboard laptop tidak berfungsi :

  • Keyboard yang penuh debu dan kotor yang menumpuk di bawah tombol menjadi salah satu penyebab keyboard laptop tidak berfungsi
  • Software yang kadaluwarsa atau kena virus malware
  • Ada hardware seperti papan sirkuit keyboard, kabel atau tombol itu sendiri yang mengalami kerusakan
  • Pengaturan keyboard yang tidak sesuai standar
  • Adanya update sistem operasi yang mengakibatkan konflik dengan driver keyboard

Jika sudah mengetahui penyebabnya, ada sejumlah langkah yang perlu kamu lakukan untuk mengatasi keyboard laptop yang tidak berfungsi tersebut.

Untuk lebih lengkapnya, berikut beberapa cara untuk mengatasi keyboard laptop tidak berfungsi atau tidak bisa mengetik huruf.

Mengatasi Keyboard Laptop Tidak Berfungsi

Memperbaiki Kerusakan Keyboard Pada Laptop

1. Bersihkan Keyboard dari Debu

Jika terdapat beberapa tombol pada keyboard yang tidak berfungsi, ada kemungkinan bahwa tombol tersebut tidak dapat merespon perintah karena tertumpuk oleh debu.

Untuk mengatasinya, kamu bisa memiringkan laptop pada sudut 75 derajat dan menggoyangkan laptop untuk menyingkirkan debu. Kemudian, bersihkan bagian atas dan bawah keyboard menggunakan selotip untuk menyerap debu.

2. Restart Laptop

Permasalahan rusaknya keyboard pada laptop bisa juga disebabkan oleh software atau driver. Untuk mengatasinya, kamu bisa restart laptop dengan cara menekan tombol power selama 5 detik.

3. Instal Ulang OS

Selain cara di atas, kamu juga bisa melakukan restore ulang Windows untuk pemulihan sistem. Caranya,  silahkan klik Start menu, pilih Control Panel, klik System and Security dan pilih Back up your computer.

Pada halaman selanjutnya, silahkan klik Recover system settings or your computer dan pilih Open System Restore.

4. Perbaikan Driver Keyboard

Perbaikan lainnya adalah update driver keyboard kamu. Caranya, silahkan buka menu Control Panel, pilih System and Security dan klik Device manager.

Pada menu ini, silahkan temukan driver untuk keyboard dan update driver keyboard tersebut dengan menghubungkan laptop ke koneksi internet.

Cara Mengetik Saat Keyboard Laptop Rusak

On-Screen Keyboard
Dalam kondisi darurat dan keyboard laptop tidak berfungsi secara normal, kamu tetap bisa mengerjakan pekerjaan mempergunakan keyboard virtual.

Secara khusus, keyboard virtual bisa dipakai oleh kamu pengguna Windows 8 dan Windows 10 dengan cara :

1. Aktifkan On-Screen Keyboard menggunakan mouse dengan klik Start Menu, cari menu Windows Ease Of Access dan klik On-Screen Keyboard.

2. Jika keyboard fisik kamu masih berfungsi sebagian, kamu bisa membuka Start Menu dan mengetik OSK kemudian klik On-Screen Keyboard.

3. Keyboad virtual juga bisa kamu akses dengan klik Start Menu > Settings > Ease of Access > Keyboard lalu aktifkan opsi Turn On The On-Screen Keyboard.

Nah, itulah beberapa cara mengatasi keyboard laptop tidak berfungsi atau tidak bisa mengetik. Semoga membantu!

Like us!
Nur Abdillah

Content Writer

2444 Posts

Punya pengalaman di beberapa media yang mengulas gadget, seperti Tabloid SMS, Tabloid Roaming, Majalah Digicom hingga Majalah Techlife. Selalu berusaha berbagi informasi yang akurat dan terupdate seputar teknologi dan gadget.