Jenis Keyboard Pada Laptop, Permasalahan dan Solusinya

Oleh Imam Ali updated Senin, 15 Jul 2019 | 19:02

Image via PC World

Sangat penting untuk mengetahui fungsi dan jenis-jenis keyboard pada laptop, termasuk mengetahui solusinya ketika keyboard laptop Anda rusak.

Perangkat satu ini sangat tak asing untuk Anda. Ya, keyboard jadi pelengkap komputer atau laptop, berupa hardware yang bertugas sebagai alat input data berupa angka, huruf dan simbol. Perangkat keras ini berbentuk papan, berisikan berbagai macam tombol dengan fungsi berbeda dan mampu hasilkan proses berbeda, tergantung penekanan yang Anda lakukan.

Secara umum, keyboard laptop atau komputer memiliki peran untuk mengirimkan perintah dari setiap huruf, angka dan simbol yang Anda ketik sehingga tersampaikan pada CPU (Central Processing Unit). Lalu, perintah tersebut akan menjadi sinyal digital yang dimengerti oleh prosesor.

Seiring perkembangan teknologi, keyboard laptop dan komputer yang berisikan tombol-tombol seperti huruf alfabet (A-Z) untuk mengetikkan kalimat, angka yang terdiri dari 0 sampai 9, serta simbol-simbol khusus lainnya pada komputer atau laptop mengalami perkembangan. Nah, apa saja tipe dan jenis keyboard pada laptop dan komputer yang berhasil diciptakan sampai saat ini?

Bagian Utama Keyboard

Image via xahlee.info

Sebelum melangkah lebih jauh membahas keyboard, berikut bagian-bagian utama dari keyboard yang perlu Anda ketahui:

  • Typerwriter Key
  • Numeric Key
  • Function Key
  • Special Function Key

Mari kita bahas satu persatu secara singkat

Typerwriter Key merupakan bagian keyboard yang memiliki fungsi untuk mempermudah proses pengetikan. Typewriter Key hadir dengan sejumlah fungsi khusus seperti back, space, caps lock, delete, esc, end, enter, home, insert, page down, page up, shift dan tab

Untuk Numeric Key, berisikan tombol-tombol pada keyboard dengan fungsi numerik atau penggunaan pengetikan berhubungan dengan angka dan simbol numerik lain. Numeric key juga bisa berfungsi sebagai typerwriter key saat posisi off.

Penempatan Numeric key memiliki pola yang berbedam tergantung pada ukuran keyboard. Dalam keyboard full size, penempatan numeric key ada di sebelah kanan tombol-tombol huruf. Sedangkan untuk keyboard non full size, numeric key biasanya ditempatkan dibagian atas tombol huruf.

Function Key merupakan tombol yang berfungsi untuk mempermudah pekerjaan atau pengetikan pada keyboard. Ia terdiri dari 10 tombol untuk jenis keyboard dengan total tombol 80 buah dan 12 tombol pada keyboard dengan jumlah 101 buah. Function Key dimulai pada tombol F1 sampai F12, dimana setiap tombolnya memiliki fungsi tersendiri dan memiliki fungsi menggantikan mouse untuk mengarahkan perintah pada komputer atau laptop.

Terakhir adalah Special Function Key, yang mempunyai fungsi khusus saat digabungkan dengan tombol lainnya pada keyboard. Misalnya menekan Ctrl + Z untuk mengembalikkan pekerjaan sebelumnya yang sudah terlewat. Tombol Fn sebagai pengeras suara atau volume dengan simbol yang ada di keyboard. Sementara itu, jenis tombol Special Function Key diantaranya adalah Ctrl, Alt, Fn, Num Lock, Scrool Lock, Print Screen, dan Shift.

Jenis-Jenis Keyboard

Jenis-jenis keyboard yang ada dipasaran sejatinya didasarkan pada dua hal ini:

Jenis Keyboard Berdasarkan Bentuk

a. Keyboard Serial

Dalam penggunaannya, keyboard serial menggunakan DIN 5 Male. Ia memiliki fungsi agar bisa dipakai oleh komputer berjenis AT, dimana DIN 5 Male ini berisikan 5 buah jarum untuk menghubungkan keyboard dengan komputer.

Keyboard jenis ini juga memiliki port berukuran besar sehingga mengikuti kabel yang lebih tebal. Sementara itu, 5 jarum yang ada didalamnya berperan sebagai detektor keyboard aktif, dimana jika salah satunya mengalami kerusakan, maka keyboard tidak bisa Anda gunakan. Biasanya keyboard serial ini digunakan pada komputer lama.

b. Keyboard PS/2

Sama halnya dengan keyboard serial, perbedaannya adalah keyboard PS/2 hanya bisa dipakai pada komputer berjenis ATX. Keyboard PS/2 memakai plug DIN mini berisikan 6 jarum sebagai konektor, dimana masing-masing jarum konektor memiliki tugasnya masing-masing.

c. Keyboard Wireless

Selanjutnya terdapat keyboard wireless. Dalam penggunaannya, keyboard jenis ini tidak memanfaatkan kabel untuk terhubung karena memanfaatkan teknologi nirkabel seperti Wi-Fi, Bluetooth dan Infrared. Untuk bisa terhubung dengan komputer atau laptop, diperlukan unit penerima dan pemancar. Pemancarnya sendiri merupakan keyboard sedangkan penerima biasanya dipasangkan port USB.

d. Keyboard USB

Terakhir adalah keyboard USB yang paling banyak digunakan pada laptop dan komputer. Keyboard USB memiliki keunggulan karena sangat mudah dipasangkan, menggunakan konektor USB yang juga mempercepat proses transfer data. Sayangnya, keyboard USB yang banyak dipakai pada laptop dan komputer sangat rentan rusak karena ukuran kabelnya yang tipis ketimbang versi keyboard lainnya.

Jenis Keyboard Berdasarkan Tombol

a. Keyboard QWERTY

Image via Wikipedia

Keyboard tipe ini pertama kali ditemukan pada tahun 1878. Kemudian, keyboard tipe ini menjadi standar pada mesin tik komersial di tahun 1905. Nama QWERTY sendiri diambil berdasarkan 6 huruf berurutan pada barus kedua dari tombol alfanumerik pada keyboard ini.

b. Keyboard Maltron

Image via Enabling Technology

Keyboard Maltron memiliki bentuk unik yang cekung ke dalam. Keyboard ini memiliki rancangan khusus untuk jari-jari dalam posisi saat mengetik agar tidak membentuk garis lurus dan nyaman digunakan. Nama Maltron sendiri berasal dari produsen yang membuatnya, terkenal tidak mudah rusak karena desainnya yang fit pada jari pengguna saat mengetik.

c. Keyboard Chord

keyboard chord layoutImage via openstenoproject

Berisikan empat sampai lima tombol, keyboard chord memiliki fungsi unik karena saat Anda ingin memasukkan huruf lainnya, maka Anda harus menekan tombol secara bersamaan. Pada perkembangannya, Keyboard Chord terdiri dari dua jenis, yakni Keyboard Palantype dengan tiga karakter, konsonan awal kelompok di bagian kiri, konsonan tengah untuk vokal dan konsonan terakhir di bagian kanan, serta Keyboard Stenotype yang umumnya dipakai oleh wartawan untuk mencatat hasil wawancara secara cepat.

d. Keyboard Dvorak

keyboard dvorakImage via Wikipedia

Keyboard ini pertama kali ditemukan di tahun 1932. Keyboard satu ini memiliki susunan huruf yang disusun secara khusus, dimana 70% dari penakanan terdapat pada home row, hasilnya dapat mengurangi kelelahan saat melakukan pengetikan. Namun, penggunaan keyboard ini akan membuat tangan kanan lebih banyak terbebani pekerjaan ketimbang tangan sebelah kiri.

e. Keyboard Alphabetic

Image via spoopsworld

Tombol pada keyboard alphabetic ini disusun menyerupai keyboard QWERTY dan keyboard Dvorak. Namun, susunan yang terdapat didalamnya dibuat berurutan, sama halnya dengan urutan huruf alfabet. Hal ini dirasa memperlambat proses pengetikan sehingga jarang sekali digunakan.

f. Keyboard Klockenberg

Image via CombiMouse

Keyboard klockenberg dirancang bertujuan untuk menyempurnakan jenis keyboard yang telah ada. Ia memiliki rupa unik dengan memisahkan kedua bagian dari keyboard, yaitu bagian kiri dan bagian kanan. Bagian kiri dan kanan pada keyboard dipisahkan dengan sudut 15 derajat dan dibuat miring ke bagian bawah. Selain itu, keyboard klockenberg memiliki tombol yang dibuat lebih dekat dengan meja.

g. Keyboard Numeric

Image via DSI Keyboard

Ada pula keyboard numeric, jenis keyboard yang hanya dipakai untuk memasukkan bilangan dalam jumlah yang sangat besar. Banyak orang lebih menyukai pemakaian tombol numeric yang tata letaknya dapat dengan mudah dijangkau dengan tangan yang hasilnya lebih nyaman untuk dioperasikan.

h. Epic-Bluetooth Virtual Keyboard


Sementara yang terakhir, Epic-Bluetooth Virtual Keyboard merupakan varian paling modern karena tidak memiliki bentuk fisik, timbul dikarenakan laser yang mengeluarkan cahaya di bidang datar dan mengikuti gerakan tangan.

Tidak hanya berfungsi sebagai keyboard pada laptop atau komputer, jenis ini pun bisa dimandaatkan untuk perangkat lain seperti smartphone dan tablet. Bahkan, Epic-Bluetooth Virtual Keyboard diklaim bisa mengetik sebanyak 350 karakter per menit dalam format QWERTY.

Kerusakan Keyboard Pada Laptop

Image via YouTube

Menjadi perangkat wajib yang bisa membantu pekerjaan dan pengoperasian laptop atau komputer, keyboard juga bisa mengalami kerusakan. Untuk itu, mari kita ketahui ragam kerusakan pada keyboard, seperti:

Mari kita kupas satu persatu kerusakan yang sering terjadi pada keyboard laptop

1. Sebagian Tombol Keyboard Tidak Berfungsi

Kerusakan pertama adalah sebagian tombol yang tidak berfungsi. Indikasinya, tombol yang tidak berfungsi tersebut tetap tidak dapat menerima respon sekalipun Anda sudah menekannya dengan keras.

2. Keyboard Mengetik Sendiri

Kerusakan lainnya adalah keyboard beroperasi dan mengeluarkan respon sendiri. Kerusakan ini sangat mengganggu, terlebih kerusakannya terletak pada tombol rawan seperti delete atau enter.

3. Keyboard Tidak Berfungsi Sama Sekali

Kerusakan satu ini termasuk yang paling parah. Saat keyboard pada laptop atau komputer Anda tidak berfungsi sama sekali, secara otomatis akan mempersulit Anda mengoperasikan komputer atau laptop karena angka, huruf ataupun simbol tidak bisa ditekan dan tidak menerima respon.

4. Tombol Huruf Tertukar

Permasalah lain adalah tertukarnya tombol saat ditekan dan tidak berfungsi sebagaimana mestinya. Misalnya, Anda yang menekan tombol A, B atau C namun respon yang keluar adalah 1, 2, 3. Meskipun kerusakan ini terlihat sepele, namun akan sangat mengganggu Anda.

5. Membuat Laptop Tidak Bisa Dihidupkan

Keyboard yang mengalami kerusakan atau korslet bisa juga membuat laptop tidak bisa dinyalakan. Ketika Anda menyalakan laptop, tampilan yang dikeluarkan menjadi blank, namun saat keyboard pada laptop tidak dipasang, laptop bisa menyala dengan normal. Hal ini mengindikasikan bahwa keyboard pada laptop Anda mengalami masalah dan membuat laptop tidak bisa dihidupkan dengan baik.

Penyebab Kerusakan Keyboard Laptop

Image via BBC

1. Suhu laptop Panas

Penyebab kerusakan keyboard pada laptop yang pertama adalah suhu laptop yang terlalu panas. Suhu panas ini bisa menarik debu atau kotoran kecil masuk ke dalam keyboard sehingga menghalangi respon papan keyboard saat ditekan dan membuat keyboard pada laptop menjadi tidak berfungsi.

2. Penggunaan yang Salah

Kerusakan keyboard pada laptop juga sering disebabkan oleh penggunaan yang salah. Penggunaan keyboard yang terlalu kasar seperti menekan tuts terlalu keras bisa menyebabkan keyboard pada laptop menjadi rusak.

3. Masuk Benda Asing Pada Keyboard

Kerusakan keyboard pada laptop bisa juga disebabkan oleh masuknya benda asing seperti air, debu atau rambut. Benda-benda asing tersebut akan tertimbun di dalam keyboard yang menyebabkannya tidak bisa difungsikan.

Cara Mengetik Saat Keyboard Pada Laptop Rusak

Dalam kondisi darurat dan keyboard pada laptop Anda mengalami kerusakan, Anda tetap bisa mengerjakan pekerjaan mempergunakan keyboard virtual. Secara khusus, keyboard virtual bisa dipakai oleh Anda pengguna Windows 8 dan Windows 10 dengan cara:

Image via Delitech

Aktifkan On-Screen Keyboard menggunakan mouse dengan klik Start Menu, cari menu Windows Ease Of Access dan klik On-Screen Keyboard. Jika keyboard fisik Anda masih berfungsi sebagian, Anda bisa membuka Start Menu dan mengetik OSK kemudian klik On-Screen Keyboard.

Keyboad virtual juga bisa Anda akses dengan klik Start Menu > Settings > Ease of Access > Keyboard lalu aktifkan opsi Turn On The On-Screen Keyboard.

Mengatasi Keyboard Error Huruf dan Angka Tertukar Pada Laptop

Kerusakan satu ini membuat angka dan huruf yang Anda ketik mengeluarkan output berbeda, misalnya mengetik huruf J menjadi angka 1, huruf L menjadi angka 2, dan sebagainya. Umumnya, kerusakan ini diakibatkan penggunaan keyboard eksternal dan membuat numlock pada keyboard eksternal berpindah pada keyboard internal.

Untuk mengatasinya, silahkan Anda cari tombol “Fn” pada keyboard, dan cari tombol NumLock yang umumnya terdapat di deretan atas keyboard. Setelah itu, tekan kedua tombol tersebut secara bersamaan.

Cara lainnya, Anda bisa klik Region pada kolom search, lalu pilih Region & Language Settings. Setelah itu, ganti pilihan Region menjadi United States dengan klik tombol add a language. Jika sudah, silahkan restart laptop atau komputer Anda.

Memperbaiki Kerusakan Keyboard Pada Laptop

Saat keyboard Anda mengalami kerusakan, Anda jangan buru-buru mengganti sparepart keyboard. Ada sejumlah langkah yang perlu Anda lakukan untuk tahap awal perbaikan keyboard, seperti:

Untuk lebih lengkapnya lihat uraiannya di bawah ini:

1. Bersihkan Keyboard dari Debu

Jika terdapat beberapa tombol pada keyboard yang tidak bekerja, ada kemungkinan bahwa tombol tersebut tidak dapat merespon perintah karena tertumpuk oleh debu. Untuk mengatasinya, Anda bisa memiringkan laptop pada sudut 75 derajat dan menggoyangkan laptop untuk menyingkirkan debu. Kemudian, bersihkan bagian atas dan bawah keyboard menggunakan selotip untuk menyerap debu.

2. Restart Laptop

Permasalahan rusaknya keyboard pada laptop bisa juga disebabkan oleh software atau driver. Untuk mengatasinya, Anda bisa restart laptop dengan cara menekan tombol power selama 5 detik.

3. Instal Ulang OS

Jika cara di atas, Anda juga bisa melakukan restore ulang Windows untuk pemulihan sistem. Caranya,  silahkan klik Start menu, pilih Control Panel, klik System and Security dan pilih Back up your computer. Pada halaman selanjutnya, silahkan klik Recover system settings or your computer dan pilih Open System Restore.

4. Perbaikan Driver Keyboard

Perbaikan lainnya adalah update driver keyboard Anda. Caranya, silahkan buka menu Control Panel, pilih System and Security dan klik Device manager. Pada menu ini, silahkan temukan driver untuk keyboard dan update driver keyboard tersebut dengan menghubungkan laptop ke koneksi internet.

Kumpulan shortcut pada keyboard untuk Windows, Mac, dan Linux

Shortcut keyboard untuk Windows

Jika Anda menggunakan laptop atau komputer berbasis Windows, Anda bisa mengkombinasikan tombol-tombol pada keyboard untuk mengirim perintah pada sistem. Berikut ini terdapat kombinasi tombol (shortcut) yang bisa Anda gunakan.

Shortcut Umum

Shortcut

Deskripsi

CTRL + C

Copy

CTRL + X

Cut

CTRL + V

Paste

CTRL + Z

Undo

Del

Hapus

SHIFT+DELETE

Hapus Item Permanen

CTRL + Drag Item

Menyalin item yang dipilih

CTRL + SHIFT

Buat cara pintas ke item yang dipilih

F2

Ubah nama item

CTRL + RIGHT ARROW

Memindahkan titik penyisipan (kursor) ke awal kata berikutnya

CTRL + LEFT ARROW

Memindahkan titik penyisipan (kursor) ke awal kata sebelumnya

CTRL + DOWN ARROW

Memindahkan titik penyisipan (kursor) ke awal paragraf berikutnya

CTRL + UP ARROW

Memindahkan titik penyisipan (kursor) ke awal paragraf sebelumnya

CTRL + SHIFT + satu ARROW KEY

Sorot blok teks

SHIFT + satu ARROW KEY

Pilih lebih dari satu item dalam jendela

CTRL + A

Pilih Semua Item

F3

Mencari sebuah file atau folder

ALT + ENTER

Melihat properti untuk item yang dipilih

ALT + F4

Menutup item aktif, atau keluar dari program aktif

ALT + SPACEBAR

Buka menu shortcut untuk jendela aktif

CTRL + F4

Menutup dokumen aktif dalam program

ALT + TAB

Beralih antara item yang terbuka

ALT + ESC

Cycle melalui item dalam urutan

F6

Cycle pada elemen layar dalam jendela

F4

Menampilkan Address bar list

SHIFT + F10

Menampilkan menu shortcut

CTRL + ESC

Menampilkan menu Start

F10

Aktifkan menu bar dalam program aktif

ARROW

Buka menu berikutnya ke kanan

LEFT ARROW

Buka menu sebelah kiri,

F5

Memperbarui jendela aktif atau refresh

BACKSPACE

Melihat folder satu level ke atas di My Computer

ESC

Membatalkan tugas


Shortcut Dialog Box

Shortcut

Deskripsi

CTRL + TAB

Move forward melalui tab

CTRL + SHIFT + TAB

Bergerak mundur melalui tab

TAB

Move forward melalui pilihan

ENTER

Lakukan perintah pada opsi atau tombol aktif

SPACEBAR

Memilih atau menghapus kotak centang

Arrow tombols Panah

Memilih sebuah tombol jika pilihan aktif

F1

Tombol bantuan

F4

Tampilkan item dalam daftar aktif


Shortcut File Explorer 

Shortcut

Deskripsi

END

Menampilkan bagian bawah jendela aktif

HOME

Menampilkan bagian atas jendela aktif

NUM LOCK + Asterisk sign (*)

Menampilkan semua subfolder

NUM LOCK + Plus sign (+)

Menampilkan isi dari folder yang dipilih

NUM LOCK + Minus sign (-)

Collapse folder yang dipilih

LEFT ARROW

Pilih folder utama

RIGHT ARROW

Pilih subfolder pertama


Shortcut Fitur Aksesibilitas

Shortcut

Deskripsi

Right SHIFT selama delapan detik

Mengatur Filter Tombols

LEFT ALT + LEFT SHIFT + PRINT SCREEN

Mengatur High Contrast

LEFT ALT + LEFT SHIFT + NUM LOCK

Mengaktifkan Mouse

SHIFT lima kali

Mengaktifkan Sticky

NUM LOCK selama lima detik

Mengaktifkan toggle

Logo Windows + U

Membuka Utility Manager


Microsoft Natural Tombolboard Shortcuts

Shortcut

Deskripsi

Windows Logo

Windows Logo (Menampilkan

Logo Windows + BREAK

Menampilkan System Properties dialog box

Logo Windows + D

Menampilkan Desktop

Logo Windows + M

Meminimalkan semua jendela

Logo Windows + SHIFT + M

Memulihkan jendela yang diminimalkan

Logo Windows + E

Membuka My Computer

Logo Windows + F

Mencari file atau folder

CTRL + Windows Logo + F

Mengaktifkan Find Computers

Logo Windows + F1

Menampilkan Windows Help

Logo Windows + L

Mengunci keyboard

Logo Windows + R

Membuka kotak dialog Run

Logo Windows + U

Membuka Utility Manager

Shortcut Keyboard untuk Mac

Shortcut System Startup

Shortcut

Deskripsi

Tahan X ketika Startup

Membuka Startup Disk Preferences

Tahan Opt + CMD + Shift + Delete ketika Startup

Bypass Startup Disc Primary

 

Tahan C ketika Startup

Startup dari CD

Tahan N ketika Startup

Startup dari Jaringan

Tahan T ketika Startup

Startup dari Fireware

Tahan Shift ketika Startup

Startup ke Safe Boot Mode

Tahan CMD + V ketika Startup

Startup ke Verbose Mode

Tahan CMD + S ketika Startup

Startup ke Single User Mode


Shortcut Finder Windows

Shortcut

Deskripsi

CMD + W

Tutup Jendela Finder

Opt + CMD + W

Tutup Semua Jendela Finder

CMD + Arah Kanan

Expand Folder (Jika menggunakan List View)

Opt + CMD + Arah Kanan

Expand Semua Folder (Jika menggunakan List View)

CMD + Arah Kiri

Collapse Folder (Jika menggunakan List View)

Opt + CMD + Arah Kiri

Collapse Semua Folder (Jika menggunakan List View)

CMD + 1

Lihat sebagai Icons

CMD + 2

Lihat sebagai List

CMD + 3

Lihat sebagai Columns

CMD + W

Tutup Jendela Finder


Shortcut Menu Commands

Shortcut

Deskripsi

Shift + CMD + Q

Log Out

Opt + Shift + CMD + Delete

Kosongkan Trash

CMD + H

Sembunyikan Jendela / Minimize

Opt + CMD + H

Sembunyikan Jendela Lainnya

CMD + Shift + N

Membuat Folder Baru

CMD + I

Menampilkan Informasi (Get Info)

CMD + L

Membuat Alias / Shortcut

CMD + Delete

Pindahkan ke Trash

CMD + E

Eject Disk

CMD + [

Kembali

CMD + ]

Selanjutnya

CMD + Shift + C

Menuju ke Computer

CMD + Shift + H

Menuju ke Home

CMD + Shift + A

Menuju ke Applications

CMD + M

Minimize Windows 


Shortcut Universal Access

Shortcut

Deskripsi

Opt + CMD + =

Zoom In

Opt + CMD + –

Zoom Out


Shortcut Screen Capture

Shortcut

Deskripsi

CMD + Shift + 3

Ambil Screenshot Layar

CMD + Shift + 4

Ambil Screenshot Dengan Seleksi


Command Lainnya

Shortcut

Deskripsi

CMD + Tab

Ganti Aplikasi

Shift + CMD + C

Menampilkan Palet Warna

CMD + T

Menampilkan Palet Font

Opt + CMD + Esc

Force Quit

Control + CMD + Eject

Tutup Semua Aplikasi Dan Restart

Function + Delete

Forward Delete

Opt + CMD + Eject

Sleep Mode

Shortcut Keyboard untuk Linux

Shortcut

Deskripsi

F1

Aktifkan fungsi help

F10

Membuka file menu pada program yang sedang aktif

PrintScreen

Mengambil screenshot di seluruh jendela

Alt + F1**

Membuka main menu pertama pada panel

Alt + F2

Memanggil fungsi 'Run Application'

Alt + F4

Keluar dari alpikasi

Alt + F5

Mengembalikan jendela setelah di maksimalkan

Alt + F7

Mengerakan jendela(tekan enter apabila sudah)

Alt + F8

Mengubah ukuran jendela (tekan enter apabila sudah)

Alt + F9

Meminimalkan jendela

Alt + F10

Memaksimalkan jendela

Alt + Tab

Berpindah antar aplikasi pada desktop yang aktif

Alt + Space

Mengambil screenshot seluruh jendela

Alt + PrintScreen

screenshot jendela yang aktif

Alt + Shift + Up cursor

Berpindah antar aplikasi (seperti pada Mac OS)

Ctrl + Alt + F1

Membuka command-line user 1

Ctrl + Alt + F2

Membuka command-line user 2

Ctrl + Alt + F3

Membuka command-line user 3

Ctrl + Alt + F4

Membuka command-line user 4

Ctrl + Alt + F5

Membuka command-line user 5

Ctrl + Alt + F6

Membuka command-line user 6

Ctrl + Alt + F7

Membuka command-line user 7

Ctrl + Alt + Right cursor

Berpindah virtual desktop ke samping kanan

Ctrl + Alt + Left cursor

Berpindah virtual desktop ke samping kiri

Ctrl + Alt + Up cursor

Berpindah virtual desktop ke samping atas

Ctrl + Alt + Down cursor

Berpindah virtual desktop ke samping bawah

Ctrl + Alt + Right + Up cursor

Berpindah virtual desktop ke samping kanan atas

Ctrl + Alt + Right + Down cursor

Berpindah virtual desktop ke samping kanan bawah

Ctrl + Alt + Left+ Up cursor

Berpindah virtual desktop ke samping kiri atas

Ctrl + Alt + Left+ Down cursor

Berpindah virtual desktop ke samping kiri bawah

Ctrl + Alt + T

Membuka Terminal

Ctrl + Alt + L

Mengunci jendela yang aktif

Ctrl + Alt + Tab

Berpindah antar aplikasi pada seluruh virtual desktop

Ctrl + Alt + Del

Log out pengguna yang aktif

Ctrl + Alt + Shift +Right cursor

Memindahkan jendela yang ke samping kanan virtual desktop

Ctrl + Alt + Shift +Left cursor

Memindahkan jendela yang ke samping kiri virtual desktop

Ctrl + Alt + Shift +Up cursor

Memindahkan jendela yang ke samping atas virtual desktop

Ctrl + Alt + Shift +Down cursor

Memindahkan jendela yang ke samping bawah virtual desktop

Ctrl + Alt + Shift +Right + Up cursor

Memindahkan jendela yang ke samping kanan atas virtual desktop

Ctrl + Alt + Shift +Right + Down cursor

Memindahkan jendela yang ke samping kanan  bawah virtual desktop

Ctrl + Alt + Shift +Left+ Up cursor

Memindahkan jendela yang ke samping kiri atas desktop

Ctrl + Alt + Shift +Left+ Down cursor

Memindahkan jendela yang ke samping kiri bawah virtual desktop

Ctrl + Alt + Numpad 0

Memaksimalkan jendela yang aktif

Ctrl + Alt + Numpad 1

Menempatkan jendela pada bagian kiri bawah layar

Ctrl + Alt + Numpad 2

Menempatkan jendela pada bagian bawah layar

Ctrl + Alt + Numpad 3

Menempatkan jendela pada bagian kanan bawah layar

Ctrl + Alt + Numpad 4

Menempatkan jendela pada bagian kiri layar

Ctrl + Alt + Numpad 5

Menempatkan jendela pada bagian tenfgah layar / maksimal

Ctrl + Alt + Numpad 6

Menempatkan jendela pada bagian kanan layar

Ctrl + Alt + Numpad 7

Menempatkan jendela pada bagian kiri atas layar

Ctrl + Alt + Numpad 8

Menempatkan jendela pada bagian atas layar

Ctrl + Alt + Numpad 9

Menempatkan jendela pada bagian kanan atas layar

Super*

Menampilkan Unity-launcer

Super + A*

Membuka Application search

Super + F*

Membuka file dan folder

Super + D

Meminalkan window atau mengembalikan jendela

Super + T*

Membuka trash

Super + W

Menampilkan semua jendela yang aktif

Super+ S

Berpindah antara virtual desktop (klik 2X untuk memilih)

Super + [number]*

Membuka aplikasi yang aktif

Artikel Terkait

Komentar